Penggunaan Metode Role Playing Dalam Mata Kuliah Pengembangan Bahasa Daerah Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v10i1.598Keywords:
Metode RolePlayingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunakan metode role playing dalam mata kuliah pengembangan Bahasa Daerah pada mahasiswa semester III PGSD Universitas Muhammadiyah Palangkaraya tahun 2014/2015. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester III PGSD Universitas Muhammadiyah Palangkaraya tahun 2014/2015 yang berjumlah 35 orang. Sampel penelitian ini terdiri dari 35 orang mahasiswa, dari dua kelas dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik penelitian populasi, dengan teknik pengumpulan data pre test dan pos test. Sedangkan teknik analisa data menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : hasil belajar Mata Kuliah Pengembangan Bahasa Daerah yang diajar menggunakan metode role playing lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar Mata Kuliah Pengembangan Bahasa Daerah yang diajar menggunakan metode konfensional, mahasiswa terlihat lebih bersemangat dalam proses perkuliahan, karena mereka terlibat langsung dalam proses perkuliahan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan bahwa t hitung = 3,093 dan t tabel = 1,697 karena t hitung (3,093) > t tabel (1,697), maka hipotesis nol (H0) ditolak. Dengan demikian Ha “ada perbedaan yang signifikan hasil belajar Mata kuliah Pengembangan Bahasa Daerah ditinjau dari penggunaan metode role playing dengan metode diskusi.
Downloads
References
Halim, (Depdiknas 2009). Pembelajaran Berbicara. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya
Ihat Hatimah, dkk (2007), Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan, Jakarta : Universitas Terbuka
Moh. Nazir, (2005), Metodologi Penelitian, Bogor : Ghlia Indonesia
Oemar Hamalik, (2005), Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Bandung : PT. Bumi Aksara
Sardiman, A. M., (2001), Interaksi dan motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : PT. Raja Grafindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License