Efektivitas Penggunaan Kartu Kata Terhadap Kemampuan Menulis Kalimat Siswa Kelas III SDN 1 Menteng Kota Palangka Raya

Main Article Content

Ichyatul Afrom
Widya Permata Dilla
Emy Artuti
Oktaviana Ainun Ratnawati
Adhe Putri Agustina
Al Aida

Abstract

Mata pelajaran Bahasa Indonesia menuntut penguasaan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, di mana kemampuan menulis kalimat menjadi dasar penting untuk mengembangkan paragraf. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas penggunaan media kartu kata terhadap kemampuan menulis kalimat siswa kelas III SDN 1 Menteng Kota Palangka Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest and posttest control group design, melibatkan kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes unjuk kerja dan dianalisis menggunakan uji deskriptif serta uji inferensial (uji normalitas, homogenitas, dan T-Welch). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata skor kemampuan menulis kalimat siswa pada kelas eksperimen meningkat dari 65,80 pada pretest menjadi 77,40 pada posttest, sedangkan pada kelas kontrol meningkat dari 64,75 pada pretest menjadi 72,10 pada posttest. Hasil uji hipotesis dengan T-Welch menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,078 (> 0,05), sehingga hipotesis alternatif ditolak dan hipotesis nol diterima. Dengan demikian, penggunaan media kartu kata tidak memberikan efektivitas yang signifikan terhadap kemampuan menulis kalimat siswa, meskipun secara deskriptif terdapat peningkatan hasil belajar pada kedua kelas. Oleh karena itu, disarankan agar guru mengombinasikan kartu kata dengan media atau strategi pembelajaran lain yang lebih interaktif untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat siswa secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Afrom, I., Dilla, W. P., Artuti, E. ., Ratnawati, O. A., Agustina , A. P., & Aida, A. (2025). Efektivitas Penggunaan Kartu Kata Terhadap Kemampuan Menulis Kalimat Siswa Kelas III SDN 1 Menteng Kota Palangka Raya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 20(2), 108–118. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v20i2.10856
Section
Articles
Author Biographies

Ichyatul Afrom, Universitas Palangka Raya

Universitas Palangka Raya

Widya Permata Dilla, Universitas Palangka Raya

Universitas Palangka Raya

Emy Artuti, Universitas Palangka Raya

Universitas Palangka Raya

Oktaviana Ainun Ratnawati, Universitas Palangka Raya

Universitas Palangka Raya

Adhe Putri Agustina , Universitas Palangka Raya

Universitas Palangka Raya

Al Aida, Universitas Palangka Raya

Universitas Palangka Raya

References

Arsyad, A. (2017). Media pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Bachri, S. (2024). Penggunaan Kartu Kata. 7, 4411–4418. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(2), 351–361. https://doi.org/10.55606/lencana.v3i2.5067

Dale, E. (2018). Audio-visual methods in teaching. Dryden Press.

Djamarah, S. B. (2014). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitria Wilda, Chandra Chandra, & Inggria Kharisma. (2025). Analisis Kesulitan Menulis Paragraf Argumentasi Peserta Didik Fase B di Sekolah Dasar. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(2), 351–361. https://doi.org/10.55606/lencana.v3i2.5067

Harmer, J. (2018). How to teach writing. London: Pearson Education.

Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2019). Instructional media and technologies for learning. Boston: Pearson Education.

Kemendikbud. (2022). Pedoman umum pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Keraf, G. (2019). Tatabahasa Indonesia. Nusa Indah.

Mayer, R. E. (2020). Multimedia learning. Cambridge University Press.

Pulungan, N. A. and Harahap, D. G. S. (2021) ‘The Problems Of Integrated Science Learning (Use Of Learning Media Reviewed From The Teacher Aspect)’, … Educational Research & Social Sciences, pp. 850–859. Available at: https://ijersc.org/index.php/go/article/download/119/128.

Rohman, M., & Suyono. (2020). Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Universitas Negeri Malang Press.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2019). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Raja Grafindo Persada.

Slavin, R. E. (2018). Educational psychology: Theory and practice. Pearson Education.

Tarigan, H. G. (2021). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Angkasa.Bachri, S. (2024). Penggunaan Kartu Kata. 7, 4411–4418.

Fitria Wilda, Chandra Chandra, & Inggria Kharisma. (2025). Analisis Kesulitan Menulis Paragraf Argumentasi Peserta Didik Fase B di Sekolah Dasar. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(2), 351–361. https://doi.org/10.55606/lencana.v3i2.5067

Pulungan, N. A., & Harahap, D. G. S. (2021). The Problems Of Integrated Science Learning (Use Of Learning Media Reviewed From The Teacher Aspect). … Educational Research & Social Sciences, 850–859. https://ijersc.org/index.php/go/article/download/119/128

Subaeti, D. A., Sutarto, J., & Arbarini, M. (2024). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 13712–13725. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6354

Utami, S. elvira, Tiwana, E., Alfauzi, E., & Maharani, I. (2023). Analisis Kemampuan Menulis Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Smk Alwashliyah Pasar Senen Medan. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v9i1.537

Wahyu Diyah Saraswati1, H. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Sintaksis dalam Tajuk Surat Kabar Republika Wahyu. Journal of Language Education, Linguistics, and Culture, 1(1), 37–42.