Efektivitas Penggunaan Kartu Kata Terhadap Kemampuan Menulis Kalimat Siswa Kelas III SDN 1 Menteng Kota Palangka Raya
Main Article Content
Abstract
Mata pelajaran Bahasa Indonesia menuntut penguasaan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, di mana kemampuan menulis kalimat menjadi dasar penting untuk mengembangkan paragraf. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas penggunaan media kartu kata terhadap kemampuan menulis kalimat siswa kelas III SDN 1 Menteng Kota Palangka Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest and posttest control group design, melibatkan kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes unjuk kerja dan dianalisis menggunakan uji deskriptif serta uji inferensial (uji normalitas, homogenitas, dan T-Welch). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata skor kemampuan menulis kalimat siswa pada kelas eksperimen meningkat dari 65,80 pada pretest menjadi 77,40 pada posttest, sedangkan pada kelas kontrol meningkat dari 64,75 pada pretest menjadi 72,10 pada posttest. Hasil uji hipotesis dengan T-Welch menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,078 (> 0,05), sehingga hipotesis alternatif ditolak dan hipotesis nol diterima. Dengan demikian, penggunaan media kartu kata tidak memberikan efektivitas yang signifikan terhadap kemampuan menulis kalimat siswa, meskipun secara deskriptif terdapat peningkatan hasil belajar pada kedua kelas. Oleh karena itu, disarankan agar guru mengombinasikan kartu kata dengan media atau strategi pembelajaran lain yang lebih interaktif untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat siswa secara optimal.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Arsyad, A. (2017). Media pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Bachri, S. (2024). Penggunaan Kartu Kata. 7, 4411–4418. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(2), 351–361. https://doi.org/10.55606/lencana.v3i2.5067
Dale, E. (2018). Audio-visual methods in teaching. Dryden Press.
Djamarah, S. B. (2014). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Fitria Wilda, Chandra Chandra, & Inggria Kharisma. (2025). Analisis Kesulitan Menulis Paragraf Argumentasi Peserta Didik Fase B di Sekolah Dasar. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(2), 351–361. https://doi.org/10.55606/lencana.v3i2.5067
Harmer, J. (2018). How to teach writing. London: Pearson Education.
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2019). Instructional media and technologies for learning. Boston: Pearson Education.
Kemendikbud. (2022). Pedoman umum pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Keraf, G. (2019). Tatabahasa Indonesia. Nusa Indah.
Mayer, R. E. (2020). Multimedia learning. Cambridge University Press.
Pulungan, N. A. and Harahap, D. G. S. (2021) ‘The Problems Of Integrated Science Learning (Use Of Learning Media Reviewed From The Teacher Aspect)’, … Educational Research & Social Sciences, pp. 850–859. Available at: https://ijersc.org/index.php/go/article/download/119/128.
Rohman, M., & Suyono. (2020). Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Universitas Negeri Malang Press.
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2019). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Raja Grafindo Persada.
Slavin, R. E. (2018). Educational psychology: Theory and practice. Pearson Education.
Tarigan, H. G. (2021). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Angkasa.Bachri, S. (2024). Penggunaan Kartu Kata. 7, 4411–4418.
Fitria Wilda, Chandra Chandra, & Inggria Kharisma. (2025). Analisis Kesulitan Menulis Paragraf Argumentasi Peserta Didik Fase B di Sekolah Dasar. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(2), 351–361. https://doi.org/10.55606/lencana.v3i2.5067
Pulungan, N. A., & Harahap, D. G. S. (2021). The Problems Of Integrated Science Learning (Use Of Learning Media Reviewed From The Teacher Aspect). … Educational Research & Social Sciences, 850–859. https://ijersc.org/index.php/go/article/download/119/128
Subaeti, D. A., Sutarto, J., & Arbarini, M. (2024). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 13712–13725. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6354
Utami, S. elvira, Tiwana, E., Alfauzi, E., & Maharani, I. (2023). Analisis Kemampuan Menulis Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Smk Alwashliyah Pasar Senen Medan. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v9i1.537
Wahyu Diyah Saraswati1, H. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Sintaksis dalam Tajuk Surat Kabar Republika Wahyu. Journal of Language Education, Linguistics, and Culture, 1(1), 37–42.