Evaluasi Pelaksanaan Program Jelita (Jam Ekatra Layanan Administrasi) Di Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo
DOI:
https://doi.org/10.33084/restorica.v8i1.3085Keywords:
Evaluasi, pelayanan, Program JelitaAbstract
Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, tuntutan masyarakat akan perbaikan pelayanan menjadi hal mutlak yang harus dipenuhi oleh sebuah instansi publik. Gerakan One Agency, One Innovation dimana mengharuskan setiap instansi memiliki satu inovasi pelayanan benar-benar dimanfaatkan oleh Kecamatan Dringu. Salah satu bentuk inovasi yang digagas adalah Jelita (Jam Ekstra Layanan Administrasi). Program Jelita mempunyai manfaat yaitu memudahkan masyarakat dalam pelayanan yang diadakan pada hari rabu dimulai pada jam 07.30 – 20.00. Tulisan ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksaana program Jelita (Jam Ekstra Layanan Administrasi) di Kecamatan Dringu Kabupaten Pobolinggo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus di Kecamatan Dringu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pelaksanaan program Jelita (Jam Ekstra Layanan Administrasi) di Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo dilaksanakan melalui 6 kriteria evaluasi kebijakan meliputi Efektivitas, Efisiensi, Kecukupan ,Perataan, Responsivitas, Ketepatan. Evaluasi pelaksanaan program sudah berjalan dengan baik dari 6 kriteria evauasi kebijakan. Faktor penghambat dari Program Jelita yaitu Jaringan. Faktor pendukung dari infrastruktur yaitu: computer, scan, jaringan internet, operator dan ruang pelayanan.
Downloads
References
Yanto, Dody Setyawan, 2019, Evaluasi Program Inovasi Pelayanan Malam (Studi Pada Kantor Kelurahan Temas Kota Batu). JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Diakses melalui https://publikasi.unitri.ac.id/ index.php/fisip/articleiew/1780
Mustikaningtiyas, Anindit. 2015. Evaluasi Program Satu kecamatan Satu Milyar di Kecamatan Jombang Kota Cilegon. FISIP: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa . Diakses melalui https://repository.untirta.ac.id /TA/KS/KS04
/KS0401/2015/KS040100235/evaluasi-program- satu-kecamatan-satu-milyar-di-kecamatan- jombang-kota -cilegon.html
Muhiddin,Amir. 2017. Evaluasi Kebijakan Publik (Studi Kesiapan Desa Menerima Dana Desa Di Kabupaten Gowa). Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. Diakses melalui . http://eprints.unm .ac.id/4365/1/AMIR%20%20M UHIDDIN.pdf\
Peyusinta, Theresia Marta dan Dody Setyawan. 2018.
Inovasi Piket Malam Dalam Meningkatkan Kinerja Pelayanan Publik. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial
Undang-undang No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah
Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya. Jakarta: Mandar Maju Rasyid, M. Ryaas. 2000. Makna Pemerintahan, Tinjauan
Dari Segi Etika dan Kepemimpinan. Jakarta: Mutiara Sumber Widya.
Amri Marzali. 2012. Antropologi dan Kebijakan Publik.
Jakarta: Kencana Prenada Media Abdul Wahab, Solichin. 2004. Analisis
Kebijaksanaan, Dari Formulasi Ke Implementasi Kebijakan Negara.J akarta:Bumi Aksara.
Agustino, L. 2017. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung : Alfabeta
Budi Winarno. 2007. Kebijakan Publik, Teori, dan Proses. Yogyakarta: Medpress
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.