Evaluasi Pelaksanaan Program Jelita (Jam Ekatra Layanan Administrasi) Di Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo

Authors

  • Verto Septiandika

DOI:

https://doi.org/10.33084/restorica.v8i1.3085

Keywords:

Evaluasi, pelayanan, Program Jelita

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, tuntutan masyarakat akan perbaikan pelayanan menjadi hal mutlak yang harus dipenuhi oleh sebuah instansi publik. Gerakan One Agency, One Innovation dimana mengharuskan setiap instansi memiliki satu inovasi pelayanan benar-benar dimanfaatkan oleh Kecamatan Dringu. Salah satu bentuk inovasi yang digagas adalah Jelita (Jam Ekstra Layanan Administrasi). Program Jelita mempunyai manfaat yaitu memudahkan masyarakat dalam pelayanan yang diadakan pada hari rabu dimulai pada jam 07.30 – 20.00. Tulisan ini bertujuan untuk  mengevaluasi pelaksaana program Jelita (Jam Ekstra Layanan Administrasi) di Kecamatan Dringu Kabupaten Pobolinggo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus di Kecamatan Dringu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pelaksanaan program Jelita (Jam Ekstra Layanan Administrasi) di Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo dilaksanakan melalui 6 kriteria evaluasi kebijakan meliputi Efektivitas, Efisiensi, Kecukupan ,Perataan, Responsivitas, Ketepatan. Evaluasi pelaksanaan program sudah berjalan dengan baik dari 6 kriteria evauasi kebijakan. Faktor penghambat dari Program Jelita yaitu Jaringan. Faktor pendukung dari infrastruktur yaitu: computer, scan, jaringan internet, operator dan ruang pelayanan.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Destia Elvira, 2018, Evaluasi Program Anak Jalanan di LSM Komunitas Peduli Anak di Kampung Aur Medan. Departemen Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara Medan. Diakses melalui https://repositor i.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/3207/140902104.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Yanto, Dody Setyawan, 2019, Evaluasi Program Inovasi Pelayanan Malam (Studi Pada Kantor Kelurahan Temas Kota Batu). JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Diakses melalui https://publikasi.unitri.ac.id/ index.php/fisip/articleiew/1780
Mustikaningtiyas, Anindit. 2015. Evaluasi Program Satu kecamatan Satu Milyar di Kecamatan Jombang Kota Cilegon. FISIP: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa . Diakses melalui https://repository.untirta.ac.id /TA/KS/KS04
/KS0401/2015/KS040100235/evaluasi-program- satu-kecamatan-satu-milyar-di-kecamatan- jombang-kota -cilegon.html
Muhiddin,Amir. 2017. Evaluasi Kebijakan Publik (Studi Kesiapan Desa Menerima Dana Desa Di Kabupaten Gowa). Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. Diakses melalui . http://eprints.unm .ac.id/4365/1/AMIR%20%20M UHIDDIN.pdf\
Peyusinta, Theresia Marta dan Dody Setyawan. 2018.
Inovasi Piket Malam Dalam Meningkatkan Kinerja Pelayanan Publik. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial
Undang-undang No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah
Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya. Jakarta: Mandar Maju Rasyid, M. Ryaas. 2000. Makna Pemerintahan, Tinjauan
Dari Segi Etika dan Kepemimpinan. Jakarta: Mutiara Sumber Widya.
Amri Marzali. 2012. Antropologi dan Kebijakan Publik.
Jakarta: Kencana Prenada Media Abdul Wahab, Solichin. 2004. Analisis
Kebijaksanaan, Dari Formulasi Ke Implementasi Kebijakan Negara.J akarta:Bumi Aksara.
Agustino, L. 2017. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung : Alfabeta
Budi Winarno. 2007. Kebijakan Publik, Teori, dan Proses. Yogyakarta: Medpress

Downloads

Published

2022-04-12

How to Cite

Septiandika, V. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Program Jelita (Jam Ekatra Layanan Administrasi) Di Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo. Restorica: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Dan Ilmu Komunikasi, 8(1), 21–27. https://doi.org/10.33084/restorica.v8i1.3085