PAWAI SAYANG WARGA SEBAGAI BENTUK PELAYANAN PRIMA DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KELURAHAN KEDUNG BARUK KECAMATAN RUNGKUT KOTA SURABAYA
Main Article Content
Abstract
Penertiban dokumen administrasi kependudukan bertujuan untuk menciptakan data dan informasi yang mutakhir. Kondisi lapangan menunjukan bahwa adanya indikasi ketidaktertiban masyarakat mengenai administrasi kependudukan, khususnya di Kelurahan Kedung Baruk, Kecamatan Rungkut Kota Surabaya. Sebagai langkah meningkatkan pelayanan prima, pemerintah kota surabaya meluncurkan inovasi pelayanan baru yang bernama Pawai Sayang Warga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pelayanan prima dari inovasi pelayanan yang dikelurakan Pemerintah Kota Surabaya yaitu Pawai Sayang Warga di Kelurahan Kedung Baruk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berasal dari wawancara kepada Kepala Seksi Pemerintahan dan Pelayanan Publik Kelurahan Kedung Baruk, Petugas Pelayanan Pawai Sayang Warga Kelurahan Kedung Baruk, dan warga sekitar Kelurahan kedung baruk, obeservasi, dan kajian literatur dengan menggunakan teori Pelayanan Prima. Hasil penelitian menunjukan bahwa pawai sayang warga merupakan pelayanan publik yang prima. Namun penyedia layanan yang berwenang masih harus berupaya untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat agar menumbuhkan kesadaran tertib administrasi kependudukan.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Maulidiah, S. (2014). Memahami Pelayanan Publik. CV. Indra Prahasta.
Mukarom, Z., & Laksana, M. W. (2015). Manajemen Pelayanan Publik. CV Pustaka Setia.
Nurudin, I. (2019). KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (Perilaku Aparatur dan Komunikasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik. Media Sahabat Cendekia.
Prabowo, H., Suwanda, D., & Syafri, W. (2022). Inovasi Pelayanan Pada Organisasi Publik. PT Remaja Rosdakarya. www.rosda.co.id
Putra, I. G. M. D. (2010). Sikap Tertib Administrasi Kependudukan Masyarakat Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng Berdasarkan UU No. 23 Tahun 2006. Ejournal Universitas Pendidikan Ganesha.
Putra, R. M. D. (2018). INOVASI PELAYANAN PUBLIK DI ERA DISRUPSI (STUDI TENTANG KEBERLANJUTAN INOVASI E-HEALTH DI KOTA SURABAYA). Repository Universitas Airlangga. https://repository.unair.ac.id/74654/3/JURNAL_Fis.AN.69%2018%20Put%20i.pdf
Suhartono, Azizah, E. P. N., Hami, L., & Hartanti. (2019). Hubungan Pelayanan Prima Dengan Kepuasan Pelanggan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Pada Stasiun Pasar Senen Jakarta. Kolaborasi: Jurnal Administrasi Publik, 5(3).
Wahyudi, zikri. (2017). Analisis Pengaruh Pelayanan Jasa Penginapan Hotel Syari’ah Terhadap Kepuasan Konsumen Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Harion Hostel Syariah Bandar Lampung ).
Zulfikar, Rozaili, & Hansyar, R. M. (2022). Kebijakan dan Implementasi Administrasi Kependudukan di Indonesia. Eureka Media Aksara.