PAWAI SAYANG WARGA SEBAGAI BENTUK PELAYANAN PRIMA DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KELURAHAN KEDUNG BARUK KECAMATAN RUNGKUT KOTA SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.33084/restorica.v9i2.5381Keywords:
Administrasi Kependudukan, Pelayanan Publik, Pelayanan PrimaAbstract
Penertiban dokumen administrasi kependudukan bertujuan untuk menciptakan data dan informasi yang mutakhir. Kondisi lapangan menunjukan bahwa adanya indikasi ketidaktertiban masyarakat mengenai administrasi kependudukan, khususnya di Kelurahan Kedung Baruk, Kecamatan Rungkut Kota Surabaya. Sebagai langkah meningkatkan pelayanan prima, pemerintah kota surabaya meluncurkan inovasi pelayanan baru yang bernama Pawai Sayang Warga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pelayanan prima dari inovasi pelayanan yang dikelurakan Pemerintah Kota Surabaya yaitu Pawai Sayang Warga di Kelurahan Kedung Baruk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berasal dari wawancara kepada Kepala Seksi Pemerintahan dan Pelayanan Publik Kelurahan Kedung Baruk, Petugas Pelayanan Pawai Sayang Warga Kelurahan Kedung Baruk, dan warga sekitar Kelurahan kedung baruk, obeservasi, dan kajian literatur dengan menggunakan teori Pelayanan Prima. Hasil penelitian menunjukan bahwa pawai sayang warga merupakan pelayanan publik yang prima. Namun penyedia layanan yang berwenang masih harus berupaya untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat agar menumbuhkan kesadaran tertib administrasi kependudukan.
Downloads
References
Maulidiah, S. (2014). Memahami Pelayanan Publik. CV. Indra Prahasta.
Mukarom, Z., & Laksana, M. W. (2015). Manajemen Pelayanan Publik. CV Pustaka Setia.
Nurudin, I. (2019). KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (Perilaku Aparatur dan Komunikasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik. Media Sahabat Cendekia.
Prabowo, H., Suwanda, D., & Syafri, W. (2022). Inovasi Pelayanan Pada Organisasi Publik. PT Remaja Rosdakarya. www.rosda.co.id
Putra, I. G. M. D. (2010). Sikap Tertib Administrasi Kependudukan Masyarakat Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng Berdasarkan UU No. 23 Tahun 2006. Ejournal Universitas Pendidikan Ganesha.
Putra, R. M. D. (2018). INOVASI PELAYANAN PUBLIK DI ERA DISRUPSI (STUDI TENTANG KEBERLANJUTAN INOVASI E-HEALTH DI KOTA SURABAYA). Repository Universitas Airlangga. https://repository.unair.ac.id/74654/3/JURNAL_Fis.AN.69%2018%20Put%20i.pdf
Suhartono, Azizah, E. P. N., Hami, L., & Hartanti. (2019). Hubungan Pelayanan Prima Dengan Kepuasan Pelanggan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Pada Stasiun Pasar Senen Jakarta. Kolaborasi: Jurnal Administrasi Publik, 5(3).
Wahyudi, zikri. (2017). Analisis Pengaruh Pelayanan Jasa Penginapan Hotel Syari’ah Terhadap Kepuasan Konsumen Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Harion Hostel Syariah Bandar Lampung ).
Zulfikar, Rozaili, & Hansyar, R. M. (2022). Kebijakan dan Implementasi Administrasi Kependudukan di Indonesia. Eureka Media Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nardin Kamilah, Edo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.