KONTEN EDUTAINMENT DI MEDIA SOSIAL TIKTOK @PILIHJURUSAN.ID

EDUTAINMENT CONTENT ON TIKTOK SOCIAL MEDIA @PILIHJURUSAN.ID

Authors

  • Farikha Rachmawati Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Dinda Rizki Anita Universitas Negeri Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33084/restorica.v9i2.5394

Keywords:

konten edutainment tiktok, tiktok, social media

Abstract

Abstrak

TikTok adalah platform media sosial berbagi video singkat asal Tiongkok yang memiliki pengguna hingga 109,9 juta di Indonesia. Masifnya penggunaan TikTok turut mempengaruhi berbagai aspek di kehidupan manusia, salah satunya adalah pendidikan. Pilih Jurusan adalah layanan online coaching dan konsultasi karir yang juga memanfaatkan TikTok sebagai sarana dalam menyebarkan informasi dan edukasi melalui konten edutainment. Konten edutainment “Tebak Jurusan Kuliah” yang diunggah melalui akun TikTok Pilih Jurusan pada bulan Mei dan Juni 2023 berhasil menarik perhatian dan keterlibatan audiens. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten edutainment “Tebak Jurusan Kuliah” pada media sosial TikTok Pilih Jurusan memenuhi elemen kunci pada teori penyebaran informasi, yaitu inovasi, komunikator, saluran komunikasi, dan penerima, serta peningkatan reach dan engagement menjadi indikator keberhasilan konten edutainment sebagai media penyebaran informasi, edukasi, dan hiburan dari TikTok PIlih Jurusan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitriani, Y. (2021). Pemanfaatan media sosial sebagai media penyajian konten edukasi atau pembelajaran digital. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 5(4), 1006-1013.

Hasiholan, T. P., Pratami, R., & Wahid, U. (2020). Pemanfaatan media sosial tik tok sebagai media kampanye gerakan cuci tangan di indonesia untuk mencegah covid-19. Communiverse: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 70-80.

Hakim, L. N. (2013). Ulasan Metodologi Kualitatif: Wawancara Terhadap Elit. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 4(2), 165-172.

Hanyfah, S., Fernandes, G. R., & Budiarso, I. (2022, January). Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash. In Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi) (Vol. 6, No. 1).

Hutamy, E. T., Swartika, F., Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Persepsi Peserta Didik Terhadap Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran.

Miller, R. L. (2015). Rogers' innovation diffusion theory (1962, 1995). In Information seeking behavior and technology adoption: Theories and trends (pp. 261-274). IGI Global

Media Indonesia. (2021). Dukung Pendidikan TikTok Hadirkan Kampanye #SamaSamaBelajar. Diakses pada 19 Maret 2021, dari https://mediaindonesia.com/humaniora/406247/dukung-pendidikan-tiktok-hadirkan-kampanye-samasamabelajarhttps://mediaindonesia.com/humaniora/406247/dukung-pendidikan-tiktok-hadirkan-kampanye-samasamabelajar

Putri, R., & Sulistyanto, A. (2022). Analisis Isi Konten Edukasi Funfact pada Akun TikTok @buiramira. Verba Vitae Unwira, 3(1), 48-64.

Putri, S. D., & Azeharie, S. (2021). Strategi Pengelolaan Komunikasi dalam Membentuk Personal Branding di Media Sosial Tiktok. Koneksi, 5(2), 280-288.

Sazali, H., & Sukriah, A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial (Instagram) oleh Humas SMAU CT Foundation sebagai Media Informasi dan Publikasi Dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan. Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS), 10(2), 147-160.

Shodiqin, R. (2016). Pembelajaran berbasis edutainment. Jurnal Al-Maqayis, 4(1).

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 16(2).

Sorrels. (2015). Globalizing Intercultural Communication. California: Sage Publications, Inc

Widya, L. A. D., Herna, L., & Sandrayani, D. (2019). Pengembangan Multimedia Edutainment Interaktif Dengan Konten Lokal Untuk Anak Usia Dini. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 12(1), 12-23.

Yang, S., Zhao, Y., & Ma, Y. (2019). Analysis of the Reasons and Development of Short Video Application——Taking Tik Tok as an Example. 9th International Conference on Information and Social Science. https://doi.org/10.25236/iciss.2019.062

Sumber Lainnya:

Databoks. (27 Februari 2023). Indonesia Sabet Posisi Kedua Sebagai Negara Pengguna TikTok Terbanyak di Dunia pada Awal 2023. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/27/indonesia-sabet-posisi-kedua-sebagai-negara-pengguna-tiktok-terbanyak-di-dunia-pada-awal-2023

Data Indonesia. (n.d.). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. Retrieved from https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022

GoodStats. (19 Februari 2023). Whatsapp Teratas, Ini 7 Media Sosial Paling Banyak Digunakan Warganet Indonesia Sepanjang 2022. Retrieved from https://goodstats.id/article/whatsapp-teratas-ini-7-media-sosial-paling-banyak-digunakan-warganet-indonesia-sepanjang-2022-iJklw

Pratama, K. R. (2022). TikTok Diprediksi Jadi Medsos Terbesar Ketiga pada 2022. Diakses pada 19 Maret 2022, dari https://tekno.kompas.com/read/2022/01/03/08070077/tiktok-diprediksi-jadi-medsos-terbesar-ketiga-pada-2022?page=all.

Rachmawati, F., Wibowo, A. A., & Arianto, I. D. (2022, November). Sentiment Analysis# samasamabelajar Public Relations Campaign Based on Big Data on TikTok. In Proceeding of The International Conference on Economics and Business (Vol. 1, No. 2, pp. 377-388).

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Rachmawati, F., & Anita, D. R. (2023). KONTEN EDUTAINMENT DI MEDIA SOSIAL TIKTOK @PILIHJURUSAN.ID: EDUTAINMENT CONTENT ON TIKTOK SOCIAL MEDIA @PILIHJURUSAN.ID. Restorica: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Dan Ilmu Komunikasi, 9(2), 40–46. https://doi.org/10.33084/restorica.v9i2.5394