EVALUASI INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS E-GOVERNMENT PADA APLIKASI SIKANCIL TANJUNGPINANG The Evaluation of E-Government-Based Public Service Innovation Through The Sikancil Application in Tanjungpinang
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Seiring dengan perkembangan teknologi semakin pesat, membuat pemerintah berpikir bagaimana cara untuk dapat memanfaatkan penggunaan teknologi yang senakin canggih ini. Perubahan dinamika dalam pemberian layanan publik melalui pengenalan e-government, akan melahirkan suatu strategi sumber daya terdistribusi yang dilakukan secara bertahap oleh digitalisasi. Media digital menggemakan sebuah gagasan baru dalam ide yang membuat semua orang ingin berinovasi didalamnya yang melahirkan media sosial yang kita kenal dengan sebutan aplikasi. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan suatu fenomena sosial melalui observasi dan analisis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi secara langsung aktifitas yang ada di lokasi penelitian. Selanjutnya penulis melakukan metode wawancara/interview kepada informan dengan mengacu kepada pertanyaan yang terkait dengan aplikasi Sikancil. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa aplikasi Sikancil masih belum bisa bekerja secara maksimal, sehingga Disdukcapil mengubahnya menjadi Sigurindam.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Amelia, R. R., & Yuwono, D. T. (2024). Supporting learning information system through knowledge management optimization using long short-term memory method. KnE Social Sciences, 2024, 361–371.
Anggraeni, N., & Purnamasari, H. (2022). Inovasi pelayanan publik berbasis e-government studi kasus pada aplikasi Sapa Cetar. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(6), 2009–2014.
Hariyanti, A., & Rahayu, T. P. (2024). Implementation of good governance in improving public service performance at BNNP Central Borneo. Journal of Public Administration Science: Policy Dynamics Public Services and Bureaucracy Transformation, 1(1), 1-6.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
Muliawaty, L., & Hendryawan, S. (2020). Peranan e-government dalam pelayanan publik (Studi kasus: Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sumedang). Jurnal Ilmu Administrasi, 11, 101–112.
Pratama, M. A., & Mustikaningsih, W. (2022). Politik Kesejahteraan; Analisa Kesejahteraan Masyarakat Dalam Kondisi Triple Disruption (Kajian Para Pedangang Kuliner Lokal Desa Wisata; Antara Pelabuhan Rambang Dan Dermaga Kereng Bengkirai). Jurnal Darma Agung, 30(3), 430-441.
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 102 Tahun 2019 tentang Pemberian Hak Akses dan Pemanfaatan Data Kependudukan.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014.
Peraturan Pemerintah No. 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Riani, N. K. (2021). Strategi peningkatan pelayanan publik. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(April), 6.
Saputra, M. R., dkk. (2022). Efektivitas aplikasi Sikancil (Sistem Informasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil) di Disdukcapil Kota Tanjungpinang. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, Elektro dan Komputer, 2(3), 226–237.
Septiandika, V., & Kurdianingtya, A. (2022). Evaluasi pelaksanaan program Jelita (Jam Ekstra Layanan Administrasi) di Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Komunikasi, 8(1), 21–26.
Subiantoro, & Sardiantoro. (2018). Perancangan sistem absensi pegawai berbasis web studi kasus: Kantor Kecamatan Purwodadi. Jurnal SWABUMI, 6(2). Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/swabumi/article/download/4868/2837
Surya, R. A., Ridho, F., & Yuwono, D. T. (2024). Analisis bibliometrik menggunakan VOSviewer terhadap trend digital forensik pada saat pemilu Indonesia: The bibliometric analysis using VOSviewer on digital forensics trends during the Indonesian election. Pencerah Publik, 11(1), 33–41.
Yusuf, M., Bernardianto, R. B., Satia, H. M. R., Nurhasanah, N., Irwani, I., Setyoko, P. I., & Saputra, A. S. (2023). Investigating the role transformational leadership, innovative work behavior, and team member exchange on public service organization performance. Journal of Law and Sustainable Development, 11(6), e868-e868.
Yusuf, M., Satia, M. R., Bernardianto, R. B., Nurhasanah, N., Irwani, I., Kurniasih, D., & Setyoko, P. I. (2023). Exploring the role of digital leadership and digital transformation on the performance of the public sector organizations. International journal of data and network science, 7(4), 1983-1990.
Yuwono, D. T., & Hariyanti, A. (2024). Applying clustering and recommendation system for effective supervision in Central Kalimantan Inspectorate. Jurnal Informatika Teknologi dan Sains (JINTEKS), 6(2), 367–374.