EVALUASI INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS E-GOVERNMENT PADA APLIKASI SIKANCIL TANJUNGPINANG
The Evaluation of E-Government-Based Public Service Innovation Through The Sikancil Application in Tanjungpinang
DOI:
https://doi.org/10.33084/restorica.v10i2.6378Keywords:
Pelayanan Publik, E-Government, AplikasiAbstract
Abstrak
Seiring dengan perkembangan teknologi semakin pesat, membuat pemerintah berpikir bagaimana cara untuk dapat memanfaatkan penggunaan teknologi yang senakin canggih ini. Perubahan dinamika dalam pemberian layanan publik melalui pengenalan e-government, akan melahirkan suatu strategi sumber daya terdistribusi yang dilakukan secara bertahap oleh digitalisasi. Media digital menggemakan sebuah gagasan baru dalam ide yang membuat semua orang ingin berinovasi didalamnya yang melahirkan media sosial yang kita kenal dengan sebutan aplikasi. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan suatu fenomena sosial melalui observasi dan analisis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi secara langsung aktifitas yang ada di lokasi penelitian. Selanjutnya penulis melakukan metode wawancara/interview kepada informan dengan mengacu kepada pertanyaan yang terkait dengan aplikasi Sikancil. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa aplikasi Sikancil masih belum bisa bekerja secara maksimal, sehingga Disdukcapil mengubahnya menjadi Sigurindam.
Downloads
References
Anggraeni, Novi dan Hanny Purnamasari. 2022. Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-government Studi Kasus Pada Aplikasi Sapa Cetar. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(6), 2009-2014
Muliawaty, L., & Hendryawan, S. (2020). Peranan Egovernment dalam Pelayanan Publik (Studi
Kasus ; Mal Pelayanan Publik Kabupaten
Sumedang). Jurnal Ilmu Administrasi, 11, 101-112.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 102 Tahun 2019 tentang Pemberian Hak Akses Dan
Pemanfaatan Data Kependudukan.
Peraturan Pemerintah No. 96 tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang No. 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
Riani, N. K. (2021). Strategi Peningkatan Pelayanan
Publik. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(April), 6.
Saputra, Muhammad Reza dkk. 2022. Efektivitas Aplikasi Sikancil (Sistem Informasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Di Disdukcapil Kota Tanjungpinang. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, Elektro dan Komputer, 2(3), 226-237
Septiandika, Verto dan Andini Kurdianingtya. 2022. Evaluasi Pelaksanaan Program Jelita (Jam Ekstra Layanan Administrasi) Di Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Komunikasi, 8(1), 21-26.
Subiantoro, & Sardiantoro. (2018). Perancangan Sistem Absensi Pegawai Berbasis Web Studi Kasus:
Kantor Kecamatan Purwodadi. Jurnal SWABUMI, Vol. 6(No. 2). Retrieved from
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/swabumi/article/download/4868/2837
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Rahman Nurrizqy, Muhammad Octavian Andrianno Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.