EVALUASI INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS E-GOVERNMENT PADA APLIKASI SIKANCIL TANJUNGPINANG

The Evaluation of E-Government-Based Public Service Innovation Through The Sikancil Application in Tanjungpinang

Authors

  • Muhammad Rahman Nurrizqy Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Muhammad Octavian Andrianno Putra Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.33084/restorica.v10i2.6378

Keywords:

Pelayanan Publik, E-Government, Aplikasi

Abstract

Abstrak

Seiring dengan perkembangan teknologi semakin pesat, membuat pemerintah berpikir bagaimana cara untuk dapat memanfaatkan penggunaan teknologi yang senakin canggih ini. Perubahan dinamika dalam pemberian layanan publik melalui pengenalan e-government, akan melahirkan suatu strategi sumber daya terdistribusi yang dilakukan secara bertahap oleh digitalisasi. Media digital menggemakan sebuah gagasan baru dalam ide yang membuat semua orang ingin berinovasi didalamnya yang melahirkan media sosial yang kita kenal dengan sebutan aplikasi. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan suatu fenomena sosial melalui observasi dan analisis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi secara langsung aktifitas yang ada di lokasi penelitian. Selanjutnya penulis melakukan metode wawancara/interview kepada informan dengan mengacu kepada pertanyaan yang terkait dengan aplikasi Sikancil. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa aplikasi Sikancil masih belum bisa bekerja secara maksimal, sehingga Disdukcapil mengubahnya menjadi Sigurindam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, Novi dan Hanny Purnamasari. 2022. Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-government Studi Kasus Pada Aplikasi Sapa Cetar. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(6), 2009-2014

Muliawaty, L., & Hendryawan, S. (2020). Peranan Egovernment dalam Pelayanan Publik (Studi

Kasus ; Mal Pelayanan Publik Kabupaten

Sumedang). Jurnal Ilmu Administrasi, 11, 101-112.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 102 Tahun 2019 tentang Pemberian Hak Akses Dan

Pemanfaatan Data Kependudukan.

Peraturan Pemerintah No. 96 tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang No. 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Riani, N. K. (2021). Strategi Peningkatan Pelayanan

Publik. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(April), 6.

Saputra, Muhammad Reza dkk. 2022. Efektivitas Aplikasi Sikancil (Sistem Informasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Di Disdukcapil Kota Tanjungpinang. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, Elektro dan Komputer, 2(3), 226-237

Septiandika, Verto dan Andini Kurdianingtya. 2022. Evaluasi Pelaksanaan Program Jelita (Jam Ekstra Layanan Administrasi) Di Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Komunikasi, 8(1), 21-26.

Subiantoro, & Sardiantoro. (2018). Perancangan Sistem Absensi Pegawai Berbasis Web Studi Kasus:

Kantor Kecamatan Purwodadi. Jurnal SWABUMI, Vol. 6(No. 2). Retrieved from

https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/swabumi/article/download/4868/2837

Published

2025-03-25

How to Cite

Muhammad Rahman Nurrizqy, & Muhammad Octavian Andrianno Putra. (2025). EVALUASI INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS E-GOVERNMENT PADA APLIKASI SIKANCIL TANJUNGPINANG: The Evaluation of E-Government-Based Public Service Innovation Through The Sikancil Application in Tanjungpinang. Restorica: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Dan Ilmu Komunikasi, 10(2). https://doi.org/10.33084/restorica.v10i2.6378