EVALUASI EFEKTIVITAS DEPOK SINGLE WINDOW (DSW) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KOTA DEPOK
The Evaluation of The Effectiveness of Depok Single Window (DSW) in Improving The Quality Of Public Services In Depok City
DOI:
https://doi.org/10.33084/restorica.v10i2.6616Keywords:
Pelayanan Publik, E-Government, Efektivitas Program, Depok Single WindowsAbstract
Pelayanan publik menjadi krusial dalam kehidupan masyarakat modern, mencerminkan hubungan langsung antara negara dan warganya. Di tengah kompleksitas tuntutan masyarakat, penyelenggaraan pelayanan publik menghadapi tantangan yang terus berkembang. Pemerintah Kota Depok merespons dengan mengimplementasikan Depok Single Windows (DSW) untuk mengarahkan dan meningkatkan efisiensi proses layanan publik. Meskipun DSW berhasil menangani jutaan permohonan layanan publik secara online, muncul beberapa kendala, termasuk kurangnya sosialisasi, masalah kualitas, dan ketidaklengkapan fitur. Penelitian ini menjadi penting karena belum ada penelitian sebelumnya yang secara khusus mengkaji efektivitas Program Depok Single Windows. Metode studi literatur yang digunakan, dan indikator ketepatan sasaran, sosialisasi program, tujuan program, dan pemantauan program digunakan untuk efektivitas DSW. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DSW telah meningkatkan kepuasan masyarakat, namun masih memerlukan perbaikan dalam layanan integrasi, peningkatan sosialisasi, dan pemantauan yang lebih canggih. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan landasan bagi pemerintah Kota Depok untuk terus meningkatkan pelayanan publik dan menyempurnakan aplikasi yang sudah berjalan.
Downloads
References
Amelia, R. R., & Yuwono, D. T. (2024). Supporting learning information system through knowledge management optimization using long short-term memory method. KnE Social Sciences, 2024, 361–371.
Hariyanti, A., & Rahayu, T. P. (2024). Implementation of good governance in improving public service performance at BNNP Central Borneo. Journal of Public Administration Science: Policy Dynamics Public Services and Bureaucracy Transformation, 1(1), 1–6.
Pratama, M. A., & Mustikaningsih, W. (2022). Politik kesejahteraan; Analisa kesejahteraan masyarakat dalam kondisi triple disruption (Kajian para pedangang kuliner lokal desa wisata; Antara Pelabuhan Rambang dan Dermaga Kereng Bengkirai). Jurnal Darma Agung, 30(3), 430–441.
Pratista, A. A. (2023). Pengaruh pelaksanaan program Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) terhadap kesejahteraan masyarakat (Studi kasus Desa Waemputtang Kec. Poleang Selatan Kab. Bombana) [Tesis, IAIN Kendari].
Riani, N. K. (2021). Strategi peningkatan publik pelayanan. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(1), 2443–2452.
Rochmah, F., Sakir, S., & Abhipraya, F. A. (2021). Efektivitas Jogja Smart Service dalam pelayanan kependudukan di tengah pandemi Covid-19. GOVERNMENT: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 66–77. https://doi.org/10.31947/jgov.v14i2.13899
Salmaa. (2023). Studi literatur: Pengertian, ciri, teknik pengumpulan datanya. Penerbit Deepublish.
Saputra, P. C. (2021). User satisfaction analysis of mobile eProperty management application using end-user computing satisfaction method (Case study: Apartments in Jakarta). In 2021 International Conference on Electrical and Information Technology (IEIT) (pp. 281–285). IEEE.
Smart Healthy City. (2022). Standar pelayanan pembiayaan jaminan kesehatan bagi masyarakat Kota Depok. Dinas Kesehatan Kota Depok.
smartcity.depok.go.id. (2024). Smartcity Kota Depok. Smartcity Indonesia | PT Ciptadrasoftindo. https://smartcity.depok.go.id/
Supriyatin, D. (2023). Eksplorasi kebijakan Depok Smart City: Jembatan menuju implementasi konsep 8-layer kota cerdas. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 414–419.
Surya, R. A., Ridho, F., & Yuwono, D. T. (2024). Analisis bibliometrik menggunakan VOSviewer terhadap trend digital forensik pada saat pemilu Indonesia: The bibliometric analysis using VOSviewer on digital forensics trends during the Indonesian election. Pencerah Publik, 11(1), 33–41.
Teguh, I. S. (2020). Depok Single Window, satu aplikasi untuk semua urusan warga Depok. Itworks.
UN E-Government Knowledgebase. (2022). EGOVKB. United Nations.
Viandari, O. (2021). Analisis kualitas layanan aplikasi e-Government Depok Single Window (DSW) menggunakan metode e-Govqual dan Importance Performance Analysis (IPA) [Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta].
Wahyuningsih, D., & Purnomo, E. P. (2020). Studi komparasi: Penerapan e-government di Korea Selatan dan Indonesia. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2), 37. https://doi.org/10.33506/jn.v5i2.822
Wijaya, A., & Prihandoko. (2023). Analisis sentimen review pengguna aplikasi Depok Single Window di Google Play menggunakan algoritma Support Vector Machine. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, 28(1), 77–87. https://doi.org/10.35760/ik.2023.v28i1.7902
Yusuf, M., Bernardianto, R. B., Satia, H. M. R., Nurhasanah, N., Irwani, I., Setyoko, P. I., & Saputra, A. S. (2023). Investigating the role transformational leadership, innovative work behavior, and team member exchange on public service organization performance. Journal of Law and Sustainable Development, 11(6), e868.
Yusuf, M., Satia, M. R., Bernardianto, R. B., Nurhasanah, N., Irwani, I., Kurniasih, D., & Setyoko, P. I. (2023). Exploring the role of digital leadership and digital transformation on the performance of the public sector organizations. International Journal of Data and Network Science, 7(4), 1983–1990.
Yuwono, D. T., & Hariyanti, A. (2024). Applying clustering and recommendation system for effective supervision in Central Kalimantan Inspectorate. Jurnal Informatika Teknologi dan Sains (JINTEKS), 6(2), 367–374.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Soviana Novitasari, Muhammad Farsya Razaq, Zahra Kamilah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.