Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Brebes

The Influence Of Group Guidance Services With Discussion Techniques To Improve Students Motivation Learning Motivation In Grade XI IPS High School

Authors

  • Ajeng Ayuningtyas Universitas PGRI Semarang
  • Supardi Supardi Universitas PGRI Semarang
  • Tri Hartini Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v5i1.1307

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Brebes, maka diperlukan upaya untuk meningkatakan motivasi belajar menggunakan metode bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Brebes sesudah diberi treatment layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain yang dipakai yaitu true eksperimental design dengan bentuk pretest-posttest control group design. Penelitian ini teknik pengambilan sampelnya menggunakan cluster random sampling dengan jumlah sebanyak 20. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-test, treatment, post-test. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 12,715 dengan ttabel yaitu 2,101. Hal tersebut menunjukan bahwa thitung = 12,715 >ttabel= 2,101, maka dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Brebes.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ajeng Ayuningtyas, Universitas PGRI Semarang

Supardi Supardi, Universitas PGRI Semarang

Tri Hartini, Universitas PGRI Semarang

References

A.M, Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo. Persada: Jakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka cipta.
Fitriani & Esty Aryani Safithry. 2015. Peran Bimbingan Dan Konseling Belajar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas VII-8 SMPN 3 Palangkaraya Tahun Pelajaran 2014/2015. Anterior Jurnal, 14(2):171-179.
Fitriani & Esty Aryani Safithry. 2018. Efektivitas Layanan Konseling Individual Pendekatan Rebt Untuk Mengunrangi Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Peserta Didik di SMA Negeri 2 Palangkaraya. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2):22-25.
Jumanta, Hamdayama. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Indonesia Ghalia.
Karyanti & Naily Arifah. 2017. Panduan Konseling Kelompok dengan Teknik Psikodrama untuk Mengurangi Perilaku Agresif. UWAIS Inspirasi Indonesia. (1):179.
Martinis, Yamin. 2007. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta : Gaung. Persada Press.
Muhibbin Syah. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada (Rajawali Pers).
Nana Sudjana 2011. Penilaian Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.
Prayitno, dan Erman Amti. 2009. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Prayitno. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Riadin, Agung, dkk. 2017. Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Negeri (Inklusi) Di Kota Palangka Raya. Anterior Jurnal, 17(1):22-27.
Setiawan, M Andi. 2018. Pendekatan-Pendekatan Konseling (Teori Dan Aplikasi). Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Sugiyono,2017. Metode penelitian bisnis (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.2015. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Tohirin. 2015. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT Radjagrafindo.
Uno, Hamzah B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2020-03-18

How to Cite

Ayuningtyas, A., Supardi, S., & Hartini, T. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Brebes: The Influence Of Group Guidance Services With Discussion Techniques To Improve Students Motivation Learning Motivation In Grade XI IPS High School. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.33084/suluh.v5i1.1307