Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Brebes
The Influence Of Group Guidance Services With Discussion Techniques To Improve Students Motivation Learning Motivation In Grade XI IPS High School
DOI:
https://doi.org/10.33084/suluh.v5i1.1307Keywords:
Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Brebes, maka diperlukan upaya untuk meningkatakan motivasi belajar menggunakan metode bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Brebes sesudah diberi treatment layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain yang dipakai yaitu true eksperimental design dengan bentuk pretest-posttest control group design. Penelitian ini teknik pengambilan sampelnya menggunakan cluster random sampling dengan jumlah sebanyak 20. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-test, treatment, post-test. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 12,715 dengan ttabel yaitu 2,101. Hal tersebut menunjukan bahwa thitung = 12,715 >ttabel= 2,101, maka dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Brebes.
Downloads
References
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka cipta.
Fitriani & Esty Aryani Safithry. 2015. Peran Bimbingan Dan Konseling Belajar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas VII-8 SMPN 3 Palangkaraya Tahun Pelajaran 2014/2015. Anterior Jurnal, 14(2):171-179.
Fitriani & Esty Aryani Safithry. 2018. Efektivitas Layanan Konseling Individual Pendekatan Rebt Untuk Mengunrangi Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Peserta Didik di SMA Negeri 2 Palangkaraya. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2):22-25.
Jumanta, Hamdayama. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Indonesia Ghalia.
Karyanti & Naily Arifah. 2017. Panduan Konseling Kelompok dengan Teknik Psikodrama untuk Mengurangi Perilaku Agresif. UWAIS Inspirasi Indonesia. (1):179.
Martinis, Yamin. 2007. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta : Gaung. Persada Press.
Muhibbin Syah. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada (Rajawali Pers).
Nana Sudjana 2011. Penilaian Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.
Prayitno, dan Erman Amti. 2009. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Prayitno. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Riadin, Agung, dkk. 2017. Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Negeri (Inklusi) Di Kota Palangka Raya. Anterior Jurnal, 17(1):22-27.
Setiawan, M Andi. 2018. Pendekatan-Pendekatan Konseling (Teori Dan Aplikasi). Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Sugiyono,2017. Metode penelitian bisnis (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.2015. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Tohirin. 2015. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT Radjagrafindo.
Uno, Hamzah B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.