Pengaruh Konseling Kelompok Behavior Terhadap Konsep Diri Siswa SMP Mardi Rahayu Ungaran
The Effect Of Behavior Group Concelling On Self-Concept Of In SMP Mardi Rahayu Students In Ungaran
DOI:
https://doi.org/10.33084/suluh.v5i1.1312Keywords:
Konseling Kelompok, Pendekatan Behavioral, Konsep DiriAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya konsep diri siswa di sekolah. Bentuk dari rendahnya konsep diri yaitu memiliki rasa percaya diri yang rendah, merasa tidak diperhatikan oleh keluarga, tidak disukai oleh guru dan teman, mudah putus asa dan bersikap pesimis terhadap kompetisi dalam bersaing dengan orang lain dalam hal prestasi. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok behavioral terhadap konsep diri ssiwa SMP Mardi Rahayu Ungaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian true experimental design ini menggunakan pretest-postest design. Hasil analisis dengan menggunakan Uji-t. Uji validitas instrument penelitian menggunakan rumus Product Moment dan dilanjutkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Hasil uji validitas instrumen diperoleh butir instrumen yang valid 31 butir dan 9 butir tidak valid digugurkan dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,906. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan konseling kelompok behavior, menunjukkan adanya peningkatan konsep diri siswa . Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test diperoleh thitung > ttabel (2,392 > 2,110) dengan taraf signifikansi 5% (0,05) yang berarti bahwa ada pengaruh konseling kelompok behavioral terhadap konsep diri siswa SMP Mardi Rahayu Ungaran.
Downloads
References
Feist.Jess.Gregory. 2010. Teori Kepribadian. Jakarta. Salemba Humanika.
Gladding.T.Samuel. 2012. Konseling Profesi Yang menyeluruh. Jakarta Barat. PT Indeks.Kembangan.
Hadi, Sutrisno.2015. Metodologi Riset. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Hapsari,Iriani Indri, 2016: Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta. Indeks.
Karyanti & Naily Arifah. 2017. Panduan Konseling Kelompok dengan Teknik Psikodrama untuk Mengurangi Perilaku Agresif. UWAIS Inspirasi Indonesia. (1):179.
Komalasari.Gantina. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta. Indeks.
Latipun. 2015. Psikologi Konseling. Malang. UMM Press.
Rakhmat. Jalaluddin. 2013. Psikologi Komunikasi. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Ramli, Muhamad & Sumitro Widodo. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1):1-8.
Riadin, Agung, dkk. 2017. Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Negeri (Inklusi) Di Kota Palangka Raya. Anterior Jurnal, 17(1):22-27.
Setiawan, MA. 2017. Belajar dan pembelajaran. UWAIS Inspirasi Indonesia.
Setiawan, MA. 2018. Pendekatan-Pendekatan Konseling (Teori Dan Aplikasi). Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitan Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alafabeta.
Suwardani Ni Pipi, Darsana dan Suranata. 2014. “Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Kelas VIII B3 SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Undiksa Bimbingan Konseling. Vol 2 No 1. Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.