Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Talking Chips Mengurangi Perilaku Menyontek Siswa SMP Negeri 2 Ungaran
The Effect Of Group Counseling Services With Talking Chips Techniques To Reduce Behavior Of Smp Negeri 2 Ungaran Students
DOI:
https://doi.org/10.33084/suluh.v6i1.1710Keywords:
Perilaku Menyontek, bimbingan kelompok dengan teknik talking chipsAbstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah perilakumenyontek yangmerupakan salah satu fenomena pendidikan yang sering dan bahkan selalu muncul menyertai aktifitas proses belajar mengajar sehari-hari, tetapi jarang mendapat pembahasan.Salah satu alternatif yang dapat mengurangi perilaku menyontek adalah layanan bimbingan kelompok. Masalah pokok yang dikaji ialah,apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik talking chips berpengaruh untuk mengurangi perilaku menyontek pada siswa SMP Negeri 2 Ungaran?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik talking chips untuk mengurangi perilaku menyontek pada siswa SMP Negeri 2 Ungaran.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen melalui metode penelitian true experimental design dengan model pre-test post-test control group design.Sampel dalam penelitian yaitu 30siswa kelas VII-A dan VII-I SMP N 2Ungaran yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling.Berdasarkanhasil pengujian dengan uji-t diketahui bahwa hasil thitung sebesar 2,129 dan ttabel sebesar 2,048. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung (2,129) > ttabel (2,048), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa, hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “layanan bimbingan kelompok dengan teknik talking chips dapat mengurangi perilaku menyontek siswa SMP Negeri 2 Ungaran, diterima kebenarannya. Dengan demikian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik talking chipsdapat mengurangi perilaku menyontek siswa.
Downloads
References
Fitri Maulida., Dkk. 2017.Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Menyontek Pada Siswa SMA Negeri Dalam Wilayah Kota Takengon. Universitas Syiah Kuala: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling.Vol. 2, No. 1.
Ginanjar M., P. 2015. Hubungan Antara Self Eficacy Dengan Perilaku Menyontek Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Pleret Bantul Yogyakarta.Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Hartanto, Dody. 2012. Bimbingan & Konseling Menyontek: Mengungkap Akar Masalah dan Solusinya. Jakarta: Indeks.
Hartosujono dan Nurul K. 2015. Perilaku Menyontek Pada Remaja. Yogyakarta: Jurnal Psikologi. Vol. 11(12-19).
Hendri & Yanti. 2015. Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik di SDN-1 Langkai Palangkaraya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1):30-35.
Karyanti, Muhammad Andi Setiawan. 2018. Model Konseling Kelompok Teknik Expresif Writing Berlandaskan Falsafah Dandang Tingang Untuk Meningkatkan Perilaku Respect. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 2(2):129-136.
Lie Anita. 2014. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana.
Mayasari Dian., dan Istirahayu Iip. 2018. Model Bimbingan Kelompok Dengan
Teknik Self Control Untuk Mereduksi Perilaku Menyontek Siswa SMP Negeri Di Kota Singkawang. STKIP Singkawang: Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia. Vol. 3, No. 2.
Nurdjana Alamri. 2015. Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilkau Terlambat Masuk Sekolah (Studi Pada Siswa Kelas X SMA 1 Gebog Tahun 2014/2015). Universitas Muria Kudus: Jurnal KonselingGUSJIGANG .Vol.1 No. 1.ISSN 2460-1187.
Rusydan. 2014. Menyontek…? Yukk!! Hmm… Nggak Ah!!. Jakarta: Transmedia Pustaka. Tohirin. 2015. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajawali Pers.
Safithry, Esty Aryani & Niky Anita. 2019. Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Menurunkan Prasangka Sosial Peserta Didik. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2):33-41.
Setiawan, M Andi. 2015. Model konseling kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan self-efficacy akademik siswa. Jurnal Bimbingan Konseling 4(1).
Yuliana. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Di SMA Saraswati Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018. Universitas Pendidikan Ganesha: E-journal Jurusan Pendidikan Ekonomi. Vol. 10, No. 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.