Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Terhadap Manajemen Waktu Belajar Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gubug

The Influence Of Group Guidance Services With Problem Solving Technique On Learning Time Management In Grade XI Students Of SMA Negeri 1 Gubug

Authors

  • Yeni Putri Dwi Astuti Universitas PGRI Semarang
  • Supardi Supardi Universitas PGRI Semarang
  • Gregorius Rohastono Ajie Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v5i1.1309

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Teknik problem solving, Manajemen Waktu Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya manajemen waktu belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gubug yang disebabkan kurangnya kemampuan siswa dalam mengatur belajarnya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat manajemen waktu belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gubug sesudah diberi treatment layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan metode penelitian true eksperimental design dengan bentuk pretest-posttest control group design. Sampel yang diambil sebanyak 20 dengan menggunakan multistage sampling yang merupakan kombinasi dua sampling yaitu cluster random sampling dan simple random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-test, treatment, post-test. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 5,105 dengan ttabel yaitu 2,101. Hal tersebut menunjukan bahwa thitung = 5,105 >ttabel= 2,101, maka dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving terhadap manajemen waktu belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gubug.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yeni Putri Dwi Astuti, Universitas PGRI Semarang

Supardi Supardi, Universitas PGRI Semarang

Gregorius Rohastono Ajie, Universitas PGRI Semarang

References

Abdul, Majid. 2013. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Afrom, I. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Pada Pendidikan Seni Drama di PRODI PGSD Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 13(2):12-17.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Jailani, Muhammad, dkk. 2017. Pengaruh kewirausahaan, motivasi belajar, sosial ekonomi orang tua dan self efficacy terhadap minat berwirausaha siswa. Journal of Economic Education, 6(1):52-59.
Karyanti & Naily Arifah. 2017. Panduan Konseling Kelompok dengan Teknik Psikodrama untuk Mengurangi Perilaku Agresif. UWAIS Inspirasi Indonesia. (1):179
Nurhidayati, Diana Dwi. 2016. Peningkatan Pemahaman Manajanemen Waktu Melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving. Jurnal Psikopedagogia. Vol. 5, no. 1
Prayitno, dkk. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Bogor: Ghalia Indonesia.
Prayitno. 2013. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Riadin, Agung & Cici Liani Fitriani. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Berbantuan Media Alat Peraga Konkret Pada Peserta Didik Kelas V SDN-4 Kasongan Baru Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 13(2):1-5
Setiawan, MA. 2017. Belajar dan Pembelajaran. UWAIS Inspirasi Indonesia.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Wahab, Rohmalina. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2020-03-18

How to Cite

Putri Dwi Astuti, Y., Supardi, S., & Rohastono Ajie, G. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Terhadap Manajemen Waktu Belajar Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gubug: The Influence Of Group Guidance Services With Problem Solving Technique On Learning Time Management In Grade XI Students Of SMA Negeri 1 Gubug. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 20–26. https://doi.org/10.33084/suluh.v5i1.1309