Konseling Kelompok Gestalt Dengan Reversal Technique Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Self-Management Dalam Belajar Peserta Didik Kelas VIII di SMP
DOI:
https://doi.org/10.33084/suluh.v2i2.537Keywords:
Self-management, Konseling Kelompok Gestalt, Reversal TechniqueAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pemahaman tentang self-management dalam belajar pada peserta didik dapat ditingkatkan melalui konseling kelompok Gestalt dengan Reversal Technique. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen. Desain yang digunakan adalah Equivalent Time Series Design dan pola eksperimen yang digunakan adalah pre-test and post-test. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 8 peserta didik terdiri dari 3 peserta didik berkategori rendah dan 5 peserta didik berkategori sedang.. Pada hasil pre-test diperoleh pengelolaan diri peserta didik berada pada kategori rendah dan sedang dengan skor 50-79, dan setelah pemberian treatment berupa layanan konseling kelompok diperoleh hasil post-test pengelolaan diri berada pada kategori tinggi dengan skor 95-108. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan Pengelolaan diri peserta didik. Hasil uji hipotesis Asymp.Sig. (2- tailed) adalah 0,012. Karena nilai Asymp. Sig. ˂ taraf nyata (α/2 = 0,05) sehingga Ho ditolak
Downloads
References
Gie, The Liang. 2000. Cara Belajar yang Baik bagi Mahasiswa edisi kedua. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Lubis NL. 2011. Memahami Dasar-Dasar Konseling dalam Teori Dan Praktek. penerbit Kencana Prenadamedia grup.
Makhfud. 2011. Hubungan Antara Manajemen Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Aktivis Bem Iain Sunan Ampel. Surabaya. Psikologi Pendidikan dan Bimbingan volume 10.
Mugiarso, Heru, dkk. 2004. Bimbingan dan Konseling. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press, Jurnal diakses pada tanggal 14 juli 2016.
Sukardi DK. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah, Jakarta: PT Rineka cipta.
Sugiyono 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung; Alfabeta.
Supriyati A. (20013). Upaya Meningkatkan Self-management Dalam Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.