Development Of Inventory Applications Via Web Media To Improve The Character Of Responsibility In Vocational School Students In The City Of Palangka Raya

Authors

  • Romiaty Romiaty Universitas Palangka Raya
  • Mimi Suriatie Universitas Palangka Raya
  • Nonsihai Nonsihai Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v9i1.5637

Keywords:

Inventory of Web Media, Characters of Responsibility

Abstract

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan Aplikasi Inventori melalui media web karakter tanggung jawab yang layak dan sesuai, serta mengetahui efektifitas media web untuk Aplikasi Inventori karakter tanggung jawab yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D). Menurut Sugiyono (2018), penelitian R&D digunakan untuk menghasilkan produk atau inovasi tertentu serta menguji keberhasilan produk tersebut dalam mengentaskan permasalahan yang terjadi. Prosedur Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) terdiri dari dua tujuan  utama, yaitu : (1) mengembangkan produk, dan (2) menguji keefektifan produk dalam mencapai tujuan. Proses pengembangan biasa berhenti sampai pada tahap dihasilkan suatu produk melalui uji coba terbatas, hanya saja produk semacam itu tidak dapat digunakan secara luas, maka produk tersebut perlu divalidasi. Hasil penelitian dan pengembangan produk Aplikasi Inventori melalui media web karakter tanggung jawab telah memperoleh kategori kelayakan “Sangat Layak” dengan masing masing hasil penilaian sebagai berikut: 1) Hasil validasi ahli media memperoleh skor 86,50% dengan kategori “Sangat Layak”, 2) Hasil validasi ahli materi memperoleh skor 93% dengan kategori “Sangat Layak”, 3) Hasil validasi ahli bahasa memperoleh skor 92,8% dengan kategori “Sangat Layak, 4) Hasil validasi ahi praktisi memperoleh skor 94% dengan kategori “Sangat Layak”, dan 5) Hasil validasi penilaian produk (respon) siswa memperoleh skor 90,80% dengan kategori “Sangat Layak”. Penilaian produk Aplikasi Inventori melalui media web karakter tanggung jawab yang telah dikembangkan telah mampu memberikan pengaruh terhadap pemahaman karakter tanggung jawab siswa dengan efektif dilihat dari perubahan tingkat pemahaman karakter tanggung jawab siswa yang semulanya 90% berada pada kategori “Rendah” berkurang menjadi 36,67%. Sehingga dengan hasil yang diperoleh, Aplikasi Inventori melalui media web karakter tanggung jawab yang dikembangkan sudah layak untuk digunakan sebagai media Bimbingan dan Konseling. Luaran utama dari penelitian pada tahun 2023 ini adalah satu artikel ilmiah yang telah submitting di Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Koseling, ISSN: 2685-8045 (Online), ISSN: 2460-7274 (Cetak), serta satu panduan aplikasi inventori media web karakter tanggung jawab yang akan diproses untuk kepengurusan HAKI.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Romiaty Romiaty, Universitas Palangka Raya

Mimi Suriatie, Universitas Palangka Raya

Nonsihai Nonsihai, Universitas Palangka Raya

References

ABKIN. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam jalur Pendidikan Formal.

Adisusilo, S.J.R. (2012). Pembelajaran Nilai-Karakter. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Aslamiah, S., Bulkani, B., & Rahmaniati, R. (2023). Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Creative Problem Solving Dengan Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual: Differences in Learning Outcomes of Students Using Creative Problem Solving Models with Problem Based Learning Assisted by Audio Visual Media. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 8(1), 39–46. https://doi.org/10.33084/bitnet.v8i1.4987

Branston Gill, dan Roy Stafford. The Media Student's Book, Ed.III; London: Routledge, 2003.

Fatchurahman, M., Setiawan, M. A., & Karyanti, K. (2023). Intervention group logotherapy and performance measures for reducing phubbing in Generation Z. Estudos de Psicologia (Campinas), 40, e200244.

Jannah, M. (2016). Remaja dan Tugas-Tugas Perkembangan nya dalam Islam. Jurnal Psikoislamedia,

Kemendikbud. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional. https://www.kemendikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional

Marlina, E., & Ahmad, M.A. (2015). Pengembangan Inventori Peminatan Karir (IPK) Sebagai Alat Ukur Arah Pilih Karir Siswa.

Mustari, Mohamad. (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Nursalim. (2010). Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling. Indeks

Prihatiningtyas, O.D. (2017). Deskripsi Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII.

Sidik, Betha dan Husni Iskandar Pohan. 2014. Pemrograman WEB dengaan HTML. Bandung:Informatika

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In ke-26.

Sukiman. 2016. Mengembangkan Tanggung Jawab Pada Anak. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wahyuningsih, Dian dan Rakhmad Makmur. 2017. E-learning. Bandung: Informatika

Downloads

Published

2023-09-26

How to Cite

Romiaty, R., Suriatie, M., & Nonsihai, N. (2023). Development Of Inventory Applications Via Web Media To Improve The Character Of Responsibility In Vocational School Students In The City Of Palangka Raya. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 31–38. https://doi.org/10.33084/suluh.v9i1.5637