Pengembangan Layanan Pendukung Non Tes BK Melalui Manual Book Inventory Karakter Kejujuran Pada Siswa SMA di Kota Palangka Raya

Development of Non-BK Test Support Services Through Manual Book Inventory Character of Honesty for High School Students in Palangka Raya City

Authors

  • Mimi Suriatie Universitas Palangka Raya
  • Susi Sukarningsi Universitas Palangka Raya
  • Nonsihai Nonsihai Universitas Palangka Raya
  • Esty Pan Pangestie Universitas Palangka Raya
  • Oktamia Karuniaty Sangalang Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v8i2.4907

Keywords:

Inventori Kejujuran, Layanan Pendukung Non Tes

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan Manual Book Non Tes BK untuk Aplikasi Inventori Kejujuran yang layak dan sesuai dengan kebutuhan siswa tentang informasi perilaku dan sikap kejujuran serta mengetahui efektifitas Manual Book Non Tes BK untuk Aplikasi Inventori Kejujuran yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan. Proses pengembangan biasa berhenti sampai pada tahap dihasilkan suatu produk melalui uji coba terbatas, hanya saja produk semacam itu tidak dapat digunakan secara luas, maka produk tersebut perlu divalidasi. Hasil penelitian dan pengembangan produk Manual Book Non Tes BK untuk Aplikasi Inventori Kejujuran telah memperoleh kategori kelayakan “Sangat Layak” dengan masing masing hasil penilaian sebagai berikut: 1) Hasil validasi ahli media memperoleh skor 88,75% dengan kategori “Sangat Layak”, 2) Hasil validasi ahli materi memperoleh skor 96% dengan kategori “Sangat Layak”, 3) Hasil validasi ahli bahasa memperoleh skor 91,6% dengan kategori “Sangat Layak, 4) Hasil validasi ahi praktisi memperoleh skor 95,33% dengan kategori “Sangat Layak”, dan 5) Hasil validasi penilaian produk (respon) siswa memperoleh skor 82,54% dengan kategori “Sangat Layak”. Penilaian produk Manual Book Non Tes BK untuk Aplikasi Inventori Kejujuran yang telah dikembangkan telah mampu memberikan pengaruh terhadap pemahaman perilaku dan siskap kejujuran siswa dengan efektif dilihat dari perubahan tingkat pemahaman perilaku dan sikap kejujuran siswa yang semulanya 93,3% berada pada kategori “Rendah” berkurang menjadi 50%. Sehingga dengan hasil yang diperoleh, Manual Book Non Tes BK untuk Aplikasi Inventori Kejujuran yang dikembangkan sudah layak untuk digunakan sebagai media Bimbingan dan Konseling untuk layanan pendukung non tes BK.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Mimi Suriatie, Universitas Palangka Raya

Susi Sukarningsi, Universitas Palangka Raya

Nonsihai Nonsihai, Universitas Palangka Raya

Esty Pan Pangestie, Universitas Palangka Raya

Oktamia Karuniaty Sangalang, Universitas Palangka Raya

References

Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia. (2006). Naskah Akademik Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Bandung: ABKIN.

Alfairuuzy.( 2013). Penanaman Nilai-Nilai Kejujuran Dalam Pendidikan Menjadi Solusi Atas Krisis Moral Dalam Sistem Pemerintahan Masa Depan. (Online).

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariyanto, R. D., Mappiare-AT, A., & Irtadji, M. (2017). Identifikasi Karakter Ideal Konseli Menurut Teks Kepribadian Founding Fathers Indonesia : Kajian Dalam Perspektif Fromm. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(2), 174. https://doi.org/10.26740/jp.v1n2.p174-182

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Edisi Revisi. Cetakan Ke 19. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada

Bangun, N., & Saragih, A. H. (2015). Pengembangan Media Web Bimbingan Konseling. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 99-110.

Basri, S, H. (2010). Peran Media Dalam Layanan Bimbingan Konseling Islam Di Sekolah. Jurnal Dakwah. Vol XI No.1.

Beacon Learning Center. (2004). Seven Character Traits in Education. From www.beaconlearningcenter.com

Berkowitz, M.W. (2002). The science of character education. In W. Damon (Ed.), Bringing in a new era in character education (pp. 43-63). Standford CA. Hoover Institution Press.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational Research: An Introduction Fifth Edition. New York: Longman.

Daharnis. (2013). Pendidikan Karakter dalam Pelayanan Konseling. Padang: Sukabina Press.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Peraturan Mentri Pendidikan Nasional. Jakarta.

Nursalim, Mochamad. (2017). Pengembangan Profesi Bimbingan & Konseling. Jakarta: Erlangga.

Pratiwi, K., Ramadhani, E., & Nurlela, N. (2022). Analisis Pelaksanaan Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Era Pandemi Covid-19 Di Smp Negeri 35 Palembang: Analysis Of The Implementation Of Guidance And Counseling Services In The Era Of The Covid-19 Pandemic At SMP Negeri 35 Palembang. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 11–15. https://doi.org/10.33084/suluh.v8i1.3757

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Suriatie, M., Sukarningsi, S., Nonsihai, N., Pangestie, E. P., & Sangalang, O. K. (2023). Pengembangan Layanan Pendukung Non Tes BK Melalui Manual Book Inventory Karakter Kejujuran Pada Siswa SMA di Kota Palangka Raya: Development of Non-BK Test Support Services Through Manual Book Inventory Character of Honesty for High School Students in Palangka Raya City. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 103–109. https://doi.org/10.33084/suluh.v8i2.4907