Analisis Kesulitan Menulis Rangkuman Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 2 Pahandut Palangka Raya
An Analysis Of Students Difficulties In Writing Summary Of Indonesian Subjects In Fourth Grade Students Of SDN 2 Pahanadut Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v5i1.1186Keywords:
Kesulitan Menulis RangkumanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan menulis rangkuman mata pelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas IV SDN 2 Pahandut Palangka Raya Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas IV SDN 2 Pahandut Palangka Raya tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif. Kehadiran peneliti sebagai instrumen utama dalam penelitian ini dan sekaligus sebagai pengumpul data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari analisis reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan secara sistematis pada saat pelajaran menulis rangkuman di Kelas IV SDN 2 Pahandut Palangka Raya dilaksanakan dengan mengacu pada kemampuan peserta didik dalam menulis rangkuman yang mengalami kesulitan dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Hasil penelitian yang dilaksanakan di Kelas IV SDN 2 Pahandut Palangka Raya dapat disimpulkan bahwa peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menulis rangkuman dipengaruhi faktor internal dan faktor eksternal.
Downloads
References
Akhadiah, Sabarti. (1998). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga
Anas, Sudijono. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Asih, Retno. (2008). Peningkatan Menulis Rangkuman dengan Pendekatan Konstekstual Komponen Inkuiri Melalui Media Surat Kabar Pada Siswa Kelas VIII C SMP Islam Ungaran Tahun 2008/2009. Universitas Negeri Semarang.
Basrowi, dan Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rineka Cipta
Diplan, dan Andi. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Tengah. CV. Sarnu Untung
Djuharie, dan Suherli. Panduan Membuat Karya Tulis. Bandung : Yrama Widya
Gie, The Liang. (2002). Terampil Mengarang. Yogyakarta : Balai Pustaka
Harimurti, Kridalaksana. (2001). Kamus Linguistik. Jakarta : Gramedia
Haryanto. (2000). Metode Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah. Jakarta : EGC
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License