Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA) Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatiftipe THINK PAIRS SHARE Pada Peserta Didik SDN 2 Langkai Palangkaraya Tahunpelajaran 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v4i2.908Keywords:
Hasil Belajar, IPA, Kooperatif tipe Think Pairs ShareAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model Kooperatif Tipe Think Tpairs Share (2) mengetahui peningkatan hasil belajar IPA peserta didik dengan menggunakan model Kooperatif tipeThink Pairs Share .
Bentuk penelitian kelas yaitu PTK. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SDN-2 Langkai Palangkaraya berjumlah 15 orang peserta didik yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 7 orang perempuan, analisis menggunakan kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas belajar IPA kelas V SDN-2 langkai Palangkaraya dengan menggunakan model Kooperatif TipeThink Pairs Share berkategori baik atau aktif, (2) terdapat peningkatan hasil belajar IPA menggunakan model Kooperatif tipe think pairs share pada peserta didik kelas V SDN-2 Langkai Palangkaraya Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dari data awal rata-rata (56,66), mengalami peningkatan siklus I (67,33) dan siklus II (80,33).
Downloads
References
Nurul, Ramadhaniy & Nurul Hikmah Kartini. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tematika Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pairs Share Kurniasih dan TPS) Pada Peserta Didik Kelas III SDN-6 Selat Hilir Kuala Kapuas Tahun Pelajaran 2014/2015: TUNAS Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. II, 1 (Http://jurnal . umpalangkaraya.ac.id/ejurnal/tunal, Hari Miggu 20 Mei 2018 pukul 13.00)
Ngalimun. 2016. Starategi dan Model pembelajaran. Yogyakarta:Aswaja Pressindo
Shomin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:AR- RUZZ Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License