Aktivitas Belajar Siswa Tema “Makanan Sehat” Melalui Pendekatan Saintifik Di Kelas V Sdn -5 Menteng Kota Palangka Raya
Students Learning Activities In The “Healthy Food” Theme Through A Scientific Approach In Class V Of Sdn 5 Menteng Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v6i2.2525Keywords:
Aktifitas Siswa, Pendekatan Saintifik, Tema Makanan SehatAbstract
Peningkatan mutu pendidikan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan berusaha memahami siswa belajar dan bagaimana informasi yang diperoleh dapat diproses dan dapat bertahan lama dalam pikiran siswa, untuk itu perlu diupayakan penerapan iklim belajar yang tepat. Dalam proses pembelajaran guru adalah salah satu faktor yang menentukan keberhasilan pendidikan terutama dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Hal ini disebabkan karena guru dari segi banyaknya maupun kualitasnya merupakan unsur yang secara langsung terlibat dalam kegiatan pendidikan. Guru dituntut untuk mampu mengembangkan diri dengan berbagai cara agar tujuan pembelajaran tercapai. Selama proses belajar mengajar berlangsung keaktifan siswa sangat kurang sekali dan terbatas. Hal ini menggambarkan belajar secara tradisional, dimana siswa hanya mendengar penjelasan dari guru sebagai satu-satunya sumber. Pembelajaran dengan pendekatan saintifik meliputi: mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan Tema “Makanan Sehat” Melalui Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas V C SDN -5 Menteng Kota Palangka Raya dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Hasil penelitian aktivitas siswa dalam pembelajaran pada siklus I mendapat skor 2, 61 dengan kategori cukup baik sedangkan pada siklus II aktivitas siswa selama pembelajarn mengalami peningkatan menjadi 3,49 dengan kategori baik, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik sangat sesuai dan baik untuk digunakan dalam setiap kegiatan pembelajaran.
Downloads
References
Aqib, Z (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Koestiyah (2008). Strategi Belajar Mengajar Salah Satu Unsur Pelaksanaan Belajar Mengajar, Teknik Penyajian. Jakarta: Renika Cipta.
Mappa, Syamsu, (1994. Teori Orang Dewasa. Jakarta: Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan. Dikti.
Mira dan Agung Riadin. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Padapeserta Didik Kelas V Sds Muhammadiyah Plus Kabupaten Kapuas Tahun Pelajaran 2014/2015. Tunas Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2:1(6-10).
Musfiqon & Nurdyansyah (2015) Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nirzamia Learning Center.
Sani. R A. (2017). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 13. Jakarta; Bumi Aksara.
Setiawan, M Andi dan Diplan Setiawan. 2018. Penelitian Tindakan Kelas Teori Serta Panduan Bagi Guru Kelas Dan Guru Bimbingan Konseling. Deepublish. 1:(67).
Sudarwan, Damin (2013) Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Gramedi.
Sudjana, Nana, (2006). Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT Remaja Rosda Karya.
Suharsimi Arikunto (2008) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Rineka Cipta.
Syah, Muhibbin, (2014). Psikologi Belajar. Jakarta: Lo13). Pengembangan Profesi Guru. Jakarta. Gramedia.
Usman Uzeir. (2010). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Winkel, (2005). Psikologi Pengajaran. Jakarta. Gramedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License