Impresi Guru Sekolah Dasar Negeri Gugus 1 Kota Palangka Raya Terhadap Metode Pembelajaran Inovatif Berbasis Daring

Impressions of Cluster 1 State Elementary School Teachers in Palangka Raya Against Innovative Online-Based Learning Methods

Authors

  • Sri Endang Mugi Rahayu Universitas Palangka Raya
  • Widya Permata Dilla Universitas Palangka Raya
  • Edison Edison Universitas Palangka Raya
  • Netto W.S Rahan Universitas Palangka Raya
  • Ernia Imelda Assan Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3670

Keywords:

Impresi Guru, Pembelajaran Inovatif, Daring

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh berbasis daring telah berlangsung selama satu tahun lebih. Banyak hambatan yang dialami oleh guru dan siswa dalam proses pelaksanaannya. Untuk mengatasi hal tersebut, guru diharapkan dapat menciptakan proses pembelajaran dengan menggunakan inovasi terbaru sehingga dapat mengurangi hambatan-hambatan tersebut. Menerapkan pembelajaran inovatif berbasis daring bisa menjadi salah satu solusi dari permasalahan pembelajaran yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui impresi atau kesan guru di Sekolah Dasar Negeri Gugus I Kota Palangka Raya terhadap Metode Pembelajaran Inovatif Berbasis Daring. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar Negeri Gugus I Kota Palangka Raya dengan sampel penelitian berjumlah sebanyak 42 orang guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Data yang terkumpul kemudian dianalisis sehingga menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis. Hasil analisis angket digunakan untuk mendeskripsikan jawaban yang diberikan oleh sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan Impresi Guru Sekolah Dasar Negeri Gugus 1 Kota Palangka Raya terhadap Metode Pembelajaran Inovatif Berbasis Daring merupakan impresi positif, baik dari aspek self directed learning, e-learning, maupun pelaksanaan proses pembelajaran. Masing-masing aspek tersebut dikembangkan menjadi beberapa indikator penilaian pembelajaran Student Centered Learning (SCL).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sri Endang Mugi Rahayu, Universitas Palangka Raya

Widya Permata Dilla, Universitas Palangka Raya

Edison Edison, Universitas Palangka Raya

Netto W.S Rahan, Universitas Palangka Raya

Ernia Imelda Assan, Universitas Palangka Raya

References

Anggianita, S., Yusnira, Y., & Rizal, M. S. (2020). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research, 1(2), 177–182.
Afrom, I., E Nadjan, M., Bagus, D., & Oktaviany, D. (2021). Proses Pembelajaran Di Sd 8 Langkai Selama Pandemi Covid 19. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 57-69. https://doi.org/10.33084/tunas.v6i2.2524
Endang Mugi Rahayu, S., Sugiyanto, R., Rianti, R., & Lamiyang, L. (2021). Aktivitas Belajar Siswa Tema “Makanan Sehat” Melalui Pendekatan Saintifik Di Kelas V Sdn -5 Menteng Kota Palangka Raya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 70-79. https://doi.org/10.33084/tunas.v6i2.2525
Hua, et al. Pembelajaran Inovatif. Records Management Journal, 1(2), 1–15
Huzaimah, P. Z., & Risma, A. (2021). Hambatan yang Dialami Siswa Dalam Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19. 05(01), 533–541.
Laili, D. N. (2017). Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual . Prenada Media.
Poerwandari, Kristi. 2005. Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Manusia, Edisi Ketiga. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Fakultas Psikologi Indonesia.
Purwadhi. (2019). Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa. Mimbar Pendidikan, 4(1), 21–34.
Santyasa, I. W. (2007). Model-model pembelajaran inovatif. Universitas Pendidikan Ganesha
Santyasa, I. wayan. (2018). Student centered learning : Alternatif pembelajaran inovatif abad 21 untuk menyiapkan guru profesional. Prosiding Seminar Nasional Quantum, 25, xix–xxxii.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Wirartha, I Made. 2006. Metodologi Penetilian Sosial Ekonomi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Endang Mugi Rahayu, S., Permata Dilla, W., Edison, E., W.S Rahan, N., & Imelda Assan, E. (2022). Impresi Guru Sekolah Dasar Negeri Gugus 1 Kota Palangka Raya Terhadap Metode Pembelajaran Inovatif Berbasis Daring: Impressions of Cluster 1 State Elementary School Teachers in Palangka Raya Against Innovative Online-Based Learning Methods. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 1–6. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3670