Impresi Guru Sekolah Dasar Negeri Gugus 1 Kota Palangka Raya Terhadap Metode Pembelajaran Inovatif Berbasis Daring
Impressions of Cluster 1 State Elementary School Teachers in Palangka Raya Against Innovative Online-Based Learning Methods
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3670Keywords:
Impresi Guru, Pembelajaran Inovatif, DaringAbstract
Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh berbasis daring telah berlangsung selama satu tahun lebih. Banyak hambatan yang dialami oleh guru dan siswa dalam proses pelaksanaannya. Untuk mengatasi hal tersebut, guru diharapkan dapat menciptakan proses pembelajaran dengan menggunakan inovasi terbaru sehingga dapat mengurangi hambatan-hambatan tersebut. Menerapkan pembelajaran inovatif berbasis daring bisa menjadi salah satu solusi dari permasalahan pembelajaran yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui impresi atau kesan guru di Sekolah Dasar Negeri Gugus I Kota Palangka Raya terhadap Metode Pembelajaran Inovatif Berbasis Daring. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar Negeri Gugus I Kota Palangka Raya dengan sampel penelitian berjumlah sebanyak 42 orang guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Data yang terkumpul kemudian dianalisis sehingga menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis. Hasil analisis angket digunakan untuk mendeskripsikan jawaban yang diberikan oleh sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan Impresi Guru Sekolah Dasar Negeri Gugus 1 Kota Palangka Raya terhadap Metode Pembelajaran Inovatif Berbasis Daring merupakan impresi positif, baik dari aspek self directed learning, e-learning, maupun pelaksanaan proses pembelajaran. Masing-masing aspek tersebut dikembangkan menjadi beberapa indikator penilaian pembelajaran Student Centered Learning (SCL).
Downloads
References
Afrom, I., E Nadjan, M., Bagus, D., & Oktaviany, D. (2021). Proses Pembelajaran Di Sd 8 Langkai Selama Pandemi Covid 19. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 57-69. https://doi.org/10.33084/tunas.v6i2.2524
Endang Mugi Rahayu, S., Sugiyanto, R., Rianti, R., & Lamiyang, L. (2021). Aktivitas Belajar Siswa Tema “Makanan Sehat” Melalui Pendekatan Saintifik Di Kelas V Sdn -5 Menteng Kota Palangka Raya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 70-79. https://doi.org/10.33084/tunas.v6i2.2525
Hua, et al. Pembelajaran Inovatif. Records Management Journal, 1(2), 1–15
Huzaimah, P. Z., & Risma, A. (2021). Hambatan yang Dialami Siswa Dalam Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19. 05(01), 533–541.
Laili, D. N. (2017). Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual . Prenada Media.
Poerwandari, Kristi. 2005. Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Manusia, Edisi Ketiga. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Fakultas Psikologi Indonesia.
Purwadhi. (2019). Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa. Mimbar Pendidikan, 4(1), 21–34.
Santyasa, I. W. (2007). Model-model pembelajaran inovatif. Universitas Pendidikan Ganesha
Santyasa, I. wayan. (2018). Student centered learning : Alternatif pembelajaran inovatif abad 21 untuk menyiapkan guru profesional. Prosiding Seminar Nasional Quantum, 25, xix–xxxii.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Wirartha, I Made. 2006. Metodologi Penetilian Sosial Ekonomi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License