Kajian Etnopedagogi: Ubrug Banten Sebagai Sumber Belajar Siswa Sekolah Dasar

Ethnopedagogical Study: Ubrug Banten as a Learning Resource for Elementary School Students

Authors

  • Gigih Pambudi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Encep Andriana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ratna Sari Dewi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v8i2.3526

Keywords:

Etnopedagogi, Ubrug Banten, Kearifan Lokal, Sumber Belajar

Abstract

Ubrug Banten sebagai salah satu kearifan lokal di Indonesia diyakini memapu dikembangakan menjadi salah satu bentuk etnopedagogi dalam hal ini sebagai sumber belajar melalui nilai-nilai pedagogi di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek etnopedagogi pada Ubrug Banten, mengetahui nilai-nilai pedagogi apa sajakah yang ada pada Ubrug Banten, serta bagaimana ubrug dapat diintegrasikan sebagai sumber belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Hasil kajian ini menunjukan Ubrug Banten dapat dikembangkan menjadi salah satu bentuk etopedagogi karena didalmnaya terdapat tujuh aspek etnopedagogi yakini (1) Teruji selama berabad-abad, (2) Padu pada keseharian masyarakat, (3) Dapat diadaptasi dengan kultur kini (4) Lazim digunakan dimasyarakat (5) Terkait sistem kepercayaan (6) Bersifat dinamis, (7) Berdasarkan pengalaman, selain itu juga terdapat nilai-nilai pedagogi seperti nilai ketuhanan, sosial, dan moral di dalmanya. Dalam mengintegrasikannya perlu ada pengembangan lebih lanjut, meski begitu Ubrug Banten telah memenuhi standar kompetensi inti, serta dapat mengintegrasikan berbagai mata pelajaran dalam satu pementasan, adapun bentuk sumber belajar yang dapat dikembangkan bisa berupa pengembagan skenario, video, maupun pengembangan perangakat lunak virtual reality.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Gigih Pambudi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Encep Andriana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Ratna Sari Dewi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

References

Andriana, E, et al. 2017. Natural Science Big Book With Baduy Local Vesdom Base Media Development For Elementary School. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia FMIPA UNNES, 6(1),76-80.

Andriana, E, et al. 2017. Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar. JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) UNTIRTA, 3(2), 186-200.

Aziz, Anwar. 2012. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Negeri 5 Menara Karya A Fuadi. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Chaedar, Alwasilah. 2009. ETNOPEDAGOGI: Landasan Prektek Guru Dan Pendidikan Guru. Bandung. Pustaka jaya.

Fuja. Siti, et al. (2017). Implementasi Model Pembelajran Seni Terpadu Untuk Meningkatkan Apresiasi dan Kreativitas Seni Budaya Tradisional Daerah Banten “Teater Rakyat Ubrug”, Jurnal Pendidikan Seni, 2(1), 51-62.

Majid, Abdul. (2015). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putra, Pirnandi. 2017. Pendekatan Etnopedagogi dalam Pembeajaran IPA SD/MI. Sambas, Primary Education Journal, 1(1), 17-23.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kulaitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Pambudi, G., Andriana, E. ., & Dewi, R. S. (2023). Kajian Etnopedagogi: Ubrug Banten Sebagai Sumber Belajar Siswa Sekolah Dasar: Ethnopedagogical Study: Ubrug Banten as a Learning Resource for Elementary School Students. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 1–8. https://doi.org/10.33084/tunas.v8i2.3526