Pengaruh Parenting Terhadap Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Dasar

The Effect Of Parenting On Character Education Of Children In Elementary Schools

Authors

  • Alfauziah Rahmadani Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Murfiah Dewi Wulandari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Darsinah Darsinah Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v8i1.4492

Keywords:

Parenting, Pendidikan Karakter, Pengaruh

Abstract

Pengembangan karakter wajib jadi tujuan utama pembelajaran resmi serta informal di Indonesia. Parenting bisa mempunyai akibat yang signifikan pada kepribadian anak. Pola asuh orang tua ataupun diucap parenting sangat mempengaruhi terhadap pertumbuhan karakter anak. Anak sangat menyadari metode orang berusia berperan, baik yang baik ataupun yang kurang baik. Kepribadian mengacu pada prinsip- prinsip sikap manusia yang diekspresikan dalam gagasan, perilaku, perasaan, perkataan, serta aksi bersumber pada standar agama, hukum, etiket, budaya, serta kesepakatan. Tujuan dari riset ini merupakan buat memandang gimana ikatan orang tua- anak pengaruhi pertumbuhan karakter anak. Tipe riset ini memakai riset literatur serta riset kualitatif. Parenting mempunyai pengaruh yang menguntungkan serta substansial pada pembuatan kepribadian kanak- kanak, bagi penemuan tersebut. Riset ada ikatan antara pola asuh serta pembelajaran anak di SDN 4 Lanjas ataupun Ha diterima sebab r- hitung( 0, 787) lebih besar dari r- tabel( 0, 361), yang menyiratkan kalau parenting berhubungan dengan kepribadian anak. secara statistik mungkin pola asuh mempunyai ikatan positif dengan pembuatan kepribadian anak umur dini, yang ditunjukkan dengan nilai r- hitung lebih besar dari r tabel( 0, 787≥ 0, 361). Hasil uji signifikansi menampilkan kalau ada ikatan yang positif serta signifikan antara pembelajaran orang tua dengan pembelajaran kepribadian anak di SDN 4 Lanjas.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Alfauziah Rahmadani, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Murfiah Dewi Wulandari, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Darsinah Darsinah, Universitas Muhammadiyah Surakarta

References

Asbari, M., Nurhayati, W., & Purwanto, A. (2019). Pengaruh Parenting style dan Personality Genetic Terhadap

Asbari, M., Nurhayati, W., Purwanto, A.,& Putra, F. (2020). Pengaruh Genetic

Edy, E., Myrnawati, C. H., Sumantri, M. S., & Yetti, E. (2018). Pengaruh Keterlibatan Orangtua Dan Pola Asuh Terhadap Disiplin Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 221-230.

Fatmawati, N. I. (2019, Agustus). "Literasi Digital, Mendidik Anak Di Era Digital Bagi OrangTua Milenial." Madani Jurnal Sosial Dan Politik Kemasyarakatan, Vol. 11 No. 2, 1-20.

Harahap, F. F. I. N. (2018). Pengaruh hasil program parenting dan pola asuh orang tua terhadap peningkatan motivasi belajar anak usia dini. Al-Muaddib J. Ilmu-Ilmu Sos. Keislam, 3(1).

Hasnidar, H., & Elihami, E. (2019). The management Model of National Character Education for Early Childhood Education through based on Democracy. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(1), 15-19.

Kamar, K., Asbari, M., Purwanto, A., Nurhayati, W., Agistiawati, E., & Sudiyono, R. N. (2020). Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar melalui Praktek Pola Asuh Orang Tua Berdasarkan Genetic Personality. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(1), 75-86.

Mahendra, Putu Ronny Angga. 2019. “Sophie Leadership” Menjawab Tantangan Baru Pendidikan Kewarganegaraan Pada Level Publik. Denpasar : Jurnal Pendidikan Dasar Adi Widya IHDN.

Muttaqin, M. F., Raharjo, T. J., & Masturi, M. (2018). The Implementation Main Values of Character Education Reinforcement in Elementary School. Journal of Primary Education, 7(1), 103-112.

Pengembangan Karakter Anak di Paud Islamic School. JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD, 4(2), 148-163.

Personality dan Authoritative Parenting Style terhadap Pendidikan Karakter di Aya Sophia Islamic School. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 142-155.

Purwanto, A., Wijayanti, L.M., Hyun, C.C., Asbari, M. (2020). The Effects of Transformational, Transactional, authentic, Authoritarian Leadership style Toward Lecture Performance of Private University in Tangerang. Dinasti International Journal of Digital Business Management (DIJDBM), 1(1), 29-42.

Rindawan, I. K., Purana, I. M., & Siham, F. K. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Pada Anak Dalam Lingkungan Keluarga. Jurnal Pacta Sunt Servanda, 1(2), 53-63.

Sewang, M. K. (2021). "Hubungan Digital Parenting Dengan Perkembangan Anak Digital Parenting Relationship With Child Development". Ibnu Sina: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan-Fakultas Kedokteran Universitas, Vol. 20 No. 2.

Simanjuntak, M. 2017. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap pembentukan karakter anak. Semnastafis unimed volume (1): 286-291.

Sugiyanto. P.W. 2015. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Prososial Siswa Kelas V SD Se Gugus II Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 15.

Tabroni, I., Husniyah, H., Sapitri, L., & Azzahra, Y. (2022). Impact of Technological Advancements on The Establishment of Characteristics of Children. East Asian Journal of Multidisciplinary Research, 1(1), 27-32.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Rahmadani, A., Wulandari, M. D., & Darsinah, D. (2022). Pengaruh Parenting Terhadap Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Dasar: The Effect Of Parenting On Character Education Of Children In Elementary Schools. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 88–98. https://doi.org/10.33084/tunas.v8i1.4492