Pengaruh Parenting Terhadap Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Dasar
The Effect Of Parenting On Character Education Of Children In Elementary Schools
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v8i1.4492Keywords:
Parenting, Pendidikan Karakter, PengaruhAbstract
Pengembangan karakter wajib jadi tujuan utama pembelajaran resmi serta informal di Indonesia. Parenting bisa mempunyai akibat yang signifikan pada kepribadian anak. Pola asuh orang tua ataupun diucap parenting sangat mempengaruhi terhadap pertumbuhan karakter anak. Anak sangat menyadari metode orang berusia berperan, baik yang baik ataupun yang kurang baik. Kepribadian mengacu pada prinsip- prinsip sikap manusia yang diekspresikan dalam gagasan, perilaku, perasaan, perkataan, serta aksi bersumber pada standar agama, hukum, etiket, budaya, serta kesepakatan. Tujuan dari riset ini merupakan buat memandang gimana ikatan orang tua- anak pengaruhi pertumbuhan karakter anak. Tipe riset ini memakai riset literatur serta riset kualitatif. Parenting mempunyai pengaruh yang menguntungkan serta substansial pada pembuatan kepribadian kanak- kanak, bagi penemuan tersebut. Riset ada ikatan antara pola asuh serta pembelajaran anak di SDN 4 Lanjas ataupun Ha diterima sebab r- hitung( 0, 787) lebih besar dari r- tabel( 0, 361), yang menyiratkan kalau parenting berhubungan dengan kepribadian anak. secara statistik mungkin pola asuh mempunyai ikatan positif dengan pembuatan kepribadian anak umur dini, yang ditunjukkan dengan nilai r- hitung lebih besar dari r tabel( 0, 787≥ 0, 361). Hasil uji signifikansi menampilkan kalau ada ikatan yang positif serta signifikan antara pembelajaran orang tua dengan pembelajaran kepribadian anak di SDN 4 Lanjas.
Downloads
References
Asbari, M., Nurhayati, W., & Purwanto, A. (2019). Pengaruh Parenting style dan Personality Genetic Terhadap
Asbari, M., Nurhayati, W., Purwanto, A.,& Putra, F. (2020). Pengaruh Genetic
Edy, E., Myrnawati, C. H., Sumantri, M. S., & Yetti, E. (2018). Pengaruh Keterlibatan Orangtua Dan Pola Asuh Terhadap Disiplin Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 221-230.
Fatmawati, N. I. (2019, Agustus). "Literasi Digital, Mendidik Anak Di Era Digital Bagi OrangTua Milenial." Madani Jurnal Sosial Dan Politik Kemasyarakatan, Vol. 11 No. 2, 1-20.
Harahap, F. F. I. N. (2018). Pengaruh hasil program parenting dan pola asuh orang tua terhadap peningkatan motivasi belajar anak usia dini. Al-Muaddib J. Ilmu-Ilmu Sos. Keislam, 3(1).
Hasnidar, H., & Elihami, E. (2019). The management Model of National Character Education for Early Childhood Education through based on Democracy. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(1), 15-19.
Kamar, K., Asbari, M., Purwanto, A., Nurhayati, W., Agistiawati, E., & Sudiyono, R. N. (2020). Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar melalui Praktek Pola Asuh Orang Tua Berdasarkan Genetic Personality. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(1), 75-86.
Mahendra, Putu Ronny Angga. 2019. “Sophie Leadership” Menjawab Tantangan Baru Pendidikan Kewarganegaraan Pada Level Publik. Denpasar : Jurnal Pendidikan Dasar Adi Widya IHDN.
Muttaqin, M. F., Raharjo, T. J., & Masturi, M. (2018). The Implementation Main Values of Character Education Reinforcement in Elementary School. Journal of Primary Education, 7(1), 103-112.
Pengembangan Karakter Anak di Paud Islamic School. JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD, 4(2), 148-163.
Personality dan Authoritative Parenting Style terhadap Pendidikan Karakter di Aya Sophia Islamic School. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 142-155.
Purwanto, A., Wijayanti, L.M., Hyun, C.C., Asbari, M. (2020). The Effects of Transformational, Transactional, authentic, Authoritarian Leadership style Toward Lecture Performance of Private University in Tangerang. Dinasti International Journal of Digital Business Management (DIJDBM), 1(1), 29-42.
Rindawan, I. K., Purana, I. M., & Siham, F. K. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Pada Anak Dalam Lingkungan Keluarga. Jurnal Pacta Sunt Servanda, 1(2), 53-63.
Sewang, M. K. (2021). "Hubungan Digital Parenting Dengan Perkembangan Anak Digital Parenting Relationship With Child Development". Ibnu Sina: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan-Fakultas Kedokteran Universitas, Vol. 20 No. 2.
Simanjuntak, M. 2017. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap pembentukan karakter anak. Semnastafis unimed volume (1): 286-291.
Sugiyanto. P.W. 2015. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Prososial Siswa Kelas V SD Se Gugus II Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 15.
Tabroni, I., Husniyah, H., Sapitri, L., & Azzahra, Y. (2022). Impact of Technological Advancements on The Establishment of Characteristics of Children. East Asian Journal of Multidisciplinary Research, 1(1), 27-32.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Alfauziah Rahmadani, Murfiah Dewi Wulandari, Darsinah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License