MODEL LKPD BERORIENTASI STEM : LAYAK UNTUK MENUMBUHKAN KREATIVITAS SISWA SD
STEM-ORIENTED LKPD MODEL: WORTH TO GROW CREATIVITY OF SD STUDENTS
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3591Keywords:
LKPD, STEM, Siswa KreatifAbstract
Perkembangan Ilmu Pengetahuan saat ini perlu ditingkatkan mengingat siswa sekolah dasar cenderung bosan dan tidak menyukai matematika. Penelitian ini bertujuan untuk 1.) Mengekesplorasi pembelajaran matematika yang dilakukan guru SDN 4 Lanjas, 2.) Menguraikan proses penggunaan LKPD matematika, 3.) Membuat desain model pembelajaran STEM untuk menumbuhkan kreatifitas abad 21 di SDN Lanjas, 4.) Mengevaluasi kelayakan model STEM SDN 4 Lanjas, 5.) Mengevaluasi peningkatan pertumbuhan kreativitas peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Hasil yang telah dipaparkan dalam penelitian ini dapat dikatakan bahwa SDN 4 Lanjas merupakan SD yang memiliki pembelajaran yang hanya berpatokan pada LKS sehingga LKPD yang mereka berikan tidak luas dan belum mencerminkan orientasi STEM. Berdasarkan penelitian ini merancang LKPD STEM yang memberikan pertumbuhan kreativitas siswa kelas 4 pada mata pelajaran matematika bangun datar. LKPD ini memuat beberapa poin dalam membangun kreatifitas siswa dari pengenalan bangun datar hingga diskripsi pada setiap bangun datar. Desani Model pembelajaran STEM pada SDN 4 Lanjas ini memuat pendahuluan, tujuan, langkah kerja dan evaluasi dimana dalam setiap poin terdapat pengembangan praktik yang membuat siswa lebih kreatif. Berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan yaitu uji pakar, uji lapangan, dan analisis tes dapat dikatakan bahwa LKPD yang dibuat valid dan tidak perlu adanya revisi. Berdasarkan hasil penelitian yang mengarah pada pertumbuhan kreatifitas siswa maka terdapat peningkatan kreativitas dan pemahaman siswa mengenai bangun datar yang ditunjukkan pada hasil tes siswa.
Downloads
References
Amalia, A. D., & Lestyanto, L. M. (2021). LKS Berbasis Saintifik Berbantuan Live Worksheets untuk Memahamkan Konsep Matematis pada Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 2911–2933.
Anam, R. S. (2017). Instrumen Penelitian yang Valid dan Reliabel. Jurnal Edukasi Sebelas April, 1(1), 1–8.
Anugrah Putra, C. (2017). Aktivasi Potensi Kecerdasan Logik-Matematik. Media Akademi.
Carlisle, D. L., & Weaver, G. C. (2018). STEM education centers: catalyzing the improvement of undergraduate STEM education. International Journal of STEM Education, 5(1), 55.
Dwi Astuti, A. (2021). Penerapan Model Somatis Auditori Visual Intelektual (Savi) Pada Materi Bangun Ruang Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 80-85. https://doi.org/10.33084/tunas.v6i2.2526
El Nagdi, M., Leammukda, F., & Roehrig, G. (2018). Developing identities of STEM teachers at emerging STEM schools. International Journal of STEM Education, 5(1), 23.
Fitria. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). In Journal of Chemical Information and Modeling.
Kesemen, O., Tiryaki, B. K., Tezel, Ö., Özkul, E., & Naz, E. (2021). Random sampling with fuzzy replacement. Expert Systems with Applications, 185(April).
Ma’sumah, A., & Mitarlis, M. (2021). Pengembangan LKPD Berorientasi STEM dengan Model PjBL Materi Larutan Elektrolit Nonelektrolit dengan Memanfaatkan Bahan Sekitar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 3(1), 22.
Mariana, E., Wardany, K., & Novita, N. (2021). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Pembelajaran Daring Bagi Siswa SD di Tempuran Trimurjo. Madaniya, 2(2), 168–176.
Maulida. (2020). TEKNIK PENGUMPULAN DATA DALAM METODOLOGI PENELITIAN. Darussalam, 21, 71–78.
Muhammad Daud, K. (2019). Cabaran guru prasekolah dalam menerapkan Pendidikan Stem. Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematik Malaysia, 9(2), 25–34.
Neumann, R., & Barequet, D. (2019). The gap between the need for novel retinal drug delivery methods, technologies in R&D phase, and approved ocular drug delivery technologies. Drug Discovery Today, 24(8), 1433–1435.
Pimthong, P., & Williams, J. (2020). Preservice teachers’ understanding of STEM education. Kasetsart Journal of Social Sciences, 41(2), 289–295.
Puspitasari, Q. D. dan A. W. (2021). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Kelas IV di SD Negeri Plebengan Bambanglipuro. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 1(1), 1–7.
Puspitasari, W. F., Martaningsih, S. T., & Sukardi, S. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Pembelajaran Daring Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Turi 3 Melalui Media Powerpoint. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Keguruan DAan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan, 1344–1352.
Retno Issroviatiningrum, S. S. (2018). Pengaruh practice based simulation model terhadap skill performance mahasiswa keperawatan. NURSCOPE Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Ilmiah Keperawatan Pengaruh, 5(2), 1–7.
Rigianti, H. A. (2020). KENDALA PEMBELAJARAN DARING GURU SEKOLAH DASAR DI BANJARNEGARA. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 14.
Rohamna, S. H. (2020). Hubungan Antara Spiritual Intelligence dengan Self Regulated Learning pada Mahasiswa Pendidikan Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Repository.Uinjkt.Ac.Id, 2(1), 13–22.
Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(2), 369–377.
Santoso, R. M., & Setyaningsih, N. (2020). Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Bentuk Aljabar berdasarkan Kemampuan Matematika. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020, 2(3), 124–567.
Sari, C. W. P., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Komparasi Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw dan Two Stay Two Stray (TSTS) Ditinjau dari Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Siswa SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(4), 101.
Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163–177.
Setiawaty, S., Imanda, R., Fitriani, H., & Ratih, P. S. (2020). Pengembangan LKS sains berbasis STEM untuk siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan, 15.
Sohilait, E. (2021). Pembelajaran Matematika Realistik. OSF Preprints, 1(10), 22–45.
To Khuyen, N. T., Van Bien, N., Lin, P. L., Lin, J., & Chang, C. Y. (2020). Measuring teachers’ perceptions to sustain STEM education development. Sustainability (Switzerland), 12(4).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License