Pembelajaran Tematik Berorientasi STEM Untuk Menumbuhkan Kemandirian Siswa Sekolah Dasar

Stem Oriented Thematic Learning For Growing Independence Elementary School Students

Authors

  • Ipung Purwati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Markhamah Markhamah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sutama Sutama Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3686

Keywords:

Pendekatan STEM, Kemandirian, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Kurikulum yang diterapkan di Indonesia saat ini yaitu Kurikulum 2013 (K-13). K-13 di sekolah dasar menggunakan prinsip pembelajaran tematik terpadu. Dalam proses pembelajaran, guru kelas V SD Swasta 4 Paripurna Swakarsa menerapkan pendekatan STEM. Tujuan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan STEM yakni agar peserta didik memiliki literasi sains dan teknologi serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari terkait bidang ilmu STEM.  Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil yang didapatkan yaitu guru kelas V menggunakan sebelum melakukan perencanaan pembelajaran dengan merancang dan membuat RPP yang menggunakan pendekatan STEM. Guru mempercayai bahwa STEM dapat menumbuhkan kemandirian siswa sekolah dasar dalam menghadapi tantangan abad 21.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ipung Purwati, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Markhamah Markhamah, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Sutama Sutama, Universitas Muhammadiyah Surakarta

References

Afandi, M., & Badarudin. (2011). Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar.
Amalia, D., Sutarto, J., Kurniawati, Y., & Pranoto, S. (2022). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Bermuatan STEAM Terhadap Karakter Kreatif dan Kemandirian. Jurnal Obsesi:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1233–1246. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1765
Anshory, I., Saputra, S. Y., & Amelia, D. J. (2017). Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Sesuai Kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah 03 Wajak. Elementary School Education Journal, 1(1), 67–76.
Argianti, A., & Andayani, S. (2021). Keefektifan pendekatan STEM berbantuan wolfram alpha pada pembelajaran matematika ditinjau dari motivasi dan kemandirian belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 217–230.
Artobatama, I., Hamdu, G., & Giyartini, R. (2020). Indonesian Journal of Primary Education Analisis Desain Pembelajaran STEM berdasarkan Kemampuan 4C di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 76–86.
Aulia, L. N., Susilo, S., & Subali, B. (2019). Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa dengan Model Problem- Based Learning Berbantuan Media Edmodo. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 69–78.
Demonika, S. D., Mustadi, A., & Rezkillah, I. I. (2020). Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6), 817–821. http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/Jurnal-Manajemen-Pendidikan-volume-24-no.-5.pdf#page=64
Devi, S. K., Ismanto, B., & Kristin, F. (2019). Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Peningkatan kemandirian dan hasil belajar tematik melalui project based learning. Jartika: Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 55–65.
Fadilah, Rabi’ah, Alim, W. S., Zumrudiana, A., Lestari, I. W., Baidawi, A., & Elisanti, A. D. (2021). Pendidikan Karakter (Issue January). Bojonegoro: CV. Agrapana Media.
Fajarwatiningtyas, A., Akbar, S., & Ishaq, M. (2021). Metode Pembiasaan dalam Mengembangkan Karakter Kemandirian Anak. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(4), 494–502.
Hadiana, D. (2015). Penilaian Hasil Belajar untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 21(1), 15–26.
Hidayat, A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis pada Model Project Based Learning disertai STEM Siswa SMA pada Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(7), 874–879.
Irma, E., Davidi, N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan STEM ( Science , Technology , Enggeenering and Mathematic ) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 24–31.
Izzati, N., Rosmery, L., Susanti, & Siregar, N. A. R. (2019). Pengenalan Pendekatan STEM sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Anugrerah, 1(2), 83–89.
Juliantine, T. (2012). Penilaian dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Olahraga.
Karli, H. (2010). Penerapan Pembelajaran Tematik SD di Indonesia. EduHumniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 1–11.
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan. (2017). Pedoman Umum: Penggalian dan Perwujudan Nilai Akhlak Mulia Bagian Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).
Khairiyah, N. (2019). Pendekatan Science, Technology, Engineering And Mathematics. Medan: Guepedia.
Mariana, I. M. A. (2018). Perencanaan Pembelajaran Di Sekolah Dasar: Vol. Kedua.
Miles, M. B., Michael Huberman, A., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods Sourcebook (3rd Edition). In SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.1177/239700221402800402
Moleong. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhammad Sholeh, Sutama, & Sumardi. (2016). Pengelolaan Evaluasi Pembelajaran Kurikulum 2013 di SD Negeri 01 Karanganyar.
Muklis, M. (2012). Pembelajaran Tematik. Fenomena, IV(20), 63–76.
Mulyani, T. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk menghadapi Revolusi Industry 4.0. Seminar Nasional Pascasarjana 2019.
Nurhasanah, A., & Zelela. (2021). Penerapan Pembelajaran Inovatif STEAM di Sekolah Dasar. Jikap PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 204–211.
Rifky. (2020). STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 85–92.
Sari, N. A., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582.
Setiawan, N. C. E., Sutrisno, Munzil, & Danar. (2020). Pengenalan STEM ( Science , Technology , Engineering , and Mathematics ) dan Pengembangan Rancangan Pembelajarannya untuk Merintis Pembelajaran Kimia dengan Sistem SKS di Kota Madiun. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 56–64.
Subadi, T., Murtiyasa, B., Sutama, Sutopo, A., & Muhroji. (2016). Model Pelatihan Guru IPS, IPA Tematik Terpadu Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kartasura. Warta, 19(1), 29–38.
Sulasih,. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Tematik Tema Persatuan Dalam Perbedaan Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas VI. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 82-89. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i1.3058
Turdjai. (2016). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran terhadao Hasil Belajar Mahasiswa. TRIADIK, 15(2), 17–29.
Wahyudi, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2016). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 1 SD. Edcomtech, 1(2), 129–136.
Zahri, M., Romli, M., Studi, P., Pendidikan, M., Pascasarjana, P., & Gresik, U. (2019). MUTU PEMBELAJARAN. Jemal: Jurnal Bidang Manajemen Pendidikan Dan Pembelajaran, 2004, 1–8.
Zendrato, J. (2016). Tingkat Penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam Melaksanakan Pembelajaran di Kelas: Suatu Studi Kasus di SMA Dian Harapan Jakarta. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 58–73.

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Purwati, I., Markhamah, M., & Sutama, S. (2022). Pembelajaran Tematik Berorientasi STEM Untuk Menumbuhkan Kemandirian Siswa Sekolah Dasar: Stem Oriented Thematic Learning For Growing Independence Elementary School Students. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 84–91. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3686