Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Shareuntuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada SDN 6 Panarung Palangka Raya Kelas IVB Tahun Pelajaran 2014/2015

Main Article Content

Rina Rina
Hendri Hendri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran ilmu pengetahuan sosial menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think pair Share, (2) mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think pair Share. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berusaha memecahkan atau menjawab permasalahan yang dihadapi oleh situasi sekarang ini. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IVB pada SDN 6 Panarung Palangkaraya yang berjumlah 20 orang peserta didik yang terdiri atas 7 peserta didik laki-laki dan 13 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi.Analisis data menggunakan rumus persentase, nilai rata-rata,persentase ketuntasan secara klasikal dan rumus N-Gain. Hasil penelitian setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think pair Sharedapat disimpulkan bahwa: (1) aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 2.45 dengan persentase 72,5% sedanngkan pada siklus II aktivitas peserta didik meningkatkan dengan nilai rata-rata 3,31 dengan persentase 91,25%, (2) hasil belajar ilmu pengetahuan sosial peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata yaitu 68,7 ketuntasan klasikal 80% dengan kategori cukup tercapai adapun nilai N-Gain pada siklus I adalah 0,3 dengan kategori sedang. Pada siklus II peserta didik memperoleh nilai rata-rata yaitu 91 dengan ketuntasan klasikal yaitu 100% dengan kategori sangat tercapai, adapun nilai N-Gain pada siklus II yaitu 0,8 dengan kriteria sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rina, R., & Hendri, H. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Shareuntuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada SDN 6 Panarung Palangka Raya Kelas IVB Tahun Pelajaran 2014/2015. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 21–25. https://doi.org/10.33084/tunas.v2i1.558
Section
Articles
Author Biographies

Rina Rina, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Hendri Hendri, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grasindo Persada
Kurniasih. I. & Sani. B. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit: Kata Pena
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kunstruktivistik.
Jakarta: Prestasi Pustaka