Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question Pada Peserta Didik Kelas IV SDS Muhammadiyah Selat Kuala Kapuas Tahun Ajaran 2016/2017

Authors

  • Wahyu Wiranata Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Misyanto Misyanto Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v2i1.561

Keywords:

Hasil Belajar, Learning Start With A Question, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui aktivitas peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan strategi Learning Start With A Question, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas IVa SDS Muhammadiyah Selat Kuala Kapuas setelah menggunakan strategi Learning Start With A Question. Jenis penelitian yang digunakan penelitian adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) yang berusaha memecahkan permasalahan yang dihadapi pada situasi sekarang. Subjekdalam penelitian ini berjumlah 27 orang peserta didik, 16 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Teknik analisis data didasarkan pada hasil siklus dari tiap proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Aktivitas peserta didik menggunakan strategi Learning Start With A Questionlebih baik dan mengalami peningkatan disetiap siklus. Pada siklus I peserta didik memperoleh nilai dengan rata – rata 3,08 dengan kategori baik, dan siklus II peserta didik memperoleh nilai dengan rata – rata 3,75 dengan kategori baik (2) ada peningkatan hasil belajar IPA melalui penggunaan strategi Learning Start With A Question yang menunjukan dari hasil belajar pada pra tindakan diperoleh rata – rata 37,59 , pada siklus I diperoleh rata – rata 58,33 dan pada siklus II diperoleh rata – rata 81,11 dengan ketuntasan klasikal yaitu 100 %.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wahyu Wiranata, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Misyanto Misyanto, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Depdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia No.23, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Biro Hukum dan Organisai Sekjend Depdiknas.
Jalil, Jasman (2014), Panduan Mudah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Jakarta Prestasi Pusat Karya (Group Relasi Inti Media)
Sugiyono.(2013).Metode Penelitian Manajemen, Bandung : Alfabeta, CV
Widyaningsih, Fitria (2013). Peningkatan Kualitaspembelajaran PKn Melalui Model Start Learning By Exchange Greetings And Questions (LEGQ) Berbasis Media Flash card pada Siswa Kelas V SDN Gunungpati 02 Semarang

Downloads

Published

2019-02-11

How to Cite

Wiranata, W., & Misyanto, M. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question Pada Peserta Didik Kelas IV SDS Muhammadiyah Selat Kuala Kapuas Tahun Ajaran 2016/2017. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 31–35. https://doi.org/10.33084/tunas.v2i1.561