Analisis Manajemen Pembelajaran Matematika Secara Daring Pada Kelas Vb SDN 4 Menteng

Analysis Of Online Mathematics Learning Management In Class VB SDN 4 Menteng

Authors

  • Misyanto Misyanto Universitas Muhammadiyah Palangkaraya https://orcid.org/0000-0003-2350-3383
  • *Rita Rahmaniati Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Mutia Pebriani Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v7i1.2991

Keywords:

Manajemen, Pembelajaran, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan guru dalam manajemen pembelajaran matematika secara daring pada kelas VB SDN-4 Menteng.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas VB, kepala sekolah dan peserta didik kelas VB di SDN 4 Menteng. Objek yang diteliti adalah manajemen pembelajaran matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. analisis data digunakan tiga alur meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan keseriusan pengamatan dan triangulasi pengumpulan data.

Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa manajemen pembelajaran matematika secara daring pada peserta didik kelas VB SDN 4 Menteng pada proses perencanaan guru merencanakan pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 yang telah disederhanakan. Pada proses pelaksanaan pembelajaran guru melaksanakan pembelajaran dengan tatap muka secara virtual menggunakan Google Meeting serta penggunaan media pembelajaran berupa Power Point (PPT) dan papan tulis di Google Classroom sebagai penunjang kegiatan pembelajaran. Walaupun ada beberapa kegiatan yang tidak selalu dilaksanakan tetapi hal tersebut tidak menghambat berlangsungnya kegiatan pembelajaran. Hasil evaluasi pembelajaran berjalan dengan baik hal ini dibuktikan dengan guru yang menyiapkan evaluasi pembelajaran berupa soal serta pemberian instruksi pengerjaan soal.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Misyanto Misyanto, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

*Rita Rahmaniati, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Mutia Pebriani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

A. Maolani, Rukaesih & Cahyana, Ucu. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Abdul Majid. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Amirono & Daryanto. (2016). Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Ara Hidayat & Imam Machali. (2012). Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Kaukaba.
Budiwibowo, Satrijo dan Sudarmiani. (2018). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Andi.
Darmadi, Hamid. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Diplan & Andi Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Purwodadi: CV. Sarnu
Dirman, & Juarsih, C. (2014). Pengembangan Kurikulum; Dalam Rangka Implementasi Standar Proses Pendidikan Peserta Didik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hadis, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan eknologi Informasi dalam menciptakan model inovasi pembelajaran (e-Learning). Jurnal Al-Ta’dib, 8(1), 130-131.
Herdiansyah, Haris. (2013). Wawancara, Observasi dan Fokus Groups Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press.
Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan
Kristiawan, M., Safitri, D., & Lestari, R. (2017). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Mahdalena. (2015). Manajemen Pembelajaran Matematika. Jurnal Itqan, 6,02.
Meda Yuliani dkk. (2020). Pembelajaran Daring Untuk pendidikan: Teori dan Penerapan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Moelong, Lexy. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru.
Pendidikan, Vol 15 Nomor 02, 240-250.
Rachamawati, Tutik dan Daryanto. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran Yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media.
Rukajat, Ajat. (2018). Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Budi Utama.
Saprin. (2012). Optimalisasi Fungsi Manajemen Dalam Pembelajaran. Jurnal Lentera
Setiawan Muhammad Andi dan Izha Suci Maghfirah. 2021. Efektivitas Aplikasi Zoom Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. 6:1(33-37).
Siswanto, H. B. (2017). Pengantar Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sofyana & Abdul. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syifurahman & Tri Ujiyati. (2013). Manajemen Dalam Pembelajaran. Jakarta: Indeks.
Tarjo. (2019). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.
Teknik Informatika. Volume 8 Nomor 1.
Triwiyanto, Teguh. (2015). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara Untung.

Downloads

Published

2021-12-20

How to Cite

Misyanto, M., Rahmaniati, *Rita, & Pebriani, M. (2021). Analisis Manajemen Pembelajaran Matematika Secara Daring Pada Kelas Vb SDN 4 Menteng: Analysis Of Online Mathematics Learning Management In Class VB SDN 4 Menteng. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 38–42. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i1.2991