Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Trowing dan Metode Demonstrasi dengan Berbantuan Media Konkret Kelas IIIB DI SDN 8 Langkai Palangka Raya Tahun Pelajaran 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v4i2.909Keywords:
Hasil Belajar Matematika, Model Snowball Trowing, Metode Demonstrasi, Media KonkretAbstract
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui aktivitas peserta didik pada saat pembelajaran Matematika dengan menggunakan model Snowball Trowing dan metode Demonstrasi dengan berbantuan media Konkret, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika dengan menggunakan model Snowball Trowing dan metode Demonstrasi dengan berbantuan media Konkret.
Penelitian ini di lakukan pada minggu ke-2 bulan Maret 2018 yang berlokasi di SDN 8 Langkai Palangka Raya, Jl.Patih Rumbih Palangka Raya-Kalimantan Tengah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas III-b SDN 8 Langkai Palangka Raya yang berjumlah 20 peserta didik. Peserta didik laki-laki berjumlah 11 orang dan peserta didik perempuan berjumlah 9 orang. Tehnik penggumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) penggunaan model Snowball Trowing dan metode Demonstrasi dengan berbantuan media Konkret aktivitas peserta didik meningkat yang ditunjukan dengan perolehan skor hasil pengamatan di atas 3, (2) penggunaan model Snowball Trowing dan metode Demonstrasi dengan berbantuan media Konkret dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ditunjukan dengan perolehan rata-rata nilai 67,3 pada siklus I dan meningkat menjadi 8,28 pada siklus II. Ketuntasan belajar secara klasikal juga mengalami peningkatkan dengan nilai 75% pada siklus I meningkat menjadi 96% pada siklus II.
Downloads
References
Daryanto.2011.Media Pembelajaran.Bandung: PT.Tutorial Narana Sejahtera
Imas,Kurniasih.2016.Ragam Pengembangan Model Pembelajaran: Kata Pena
Miftahul, Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offside
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License