Meningkatkan Kemampuan Perkalian Dengan Teknik Bermain Jari Tangan Siswa

Improving Multipurpose Ability With Finger Playing Techniques Class V Students

  • Suryadie Suryadie SDN 1 TUMBANG LABEHU
Keywords: Kemampuan Perkalian, Teknik Bermain Jari Tangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan teknik bermain jari tangan dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas V SDN-1 Tumbang Labehu dalam perkalian, dan juga mengetahui letak kesulitan siswa kelas V SDN-1 Tumbang Labehu dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal perkalian, sehingga dapat menemukan cara pemecahannya. Model penelitian tindakan yang digunakan adalah model siklus. Langkah-langkah penelitian terdiri dari: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus.

Hasil analisis data sebelum menggunakan teknik bermain jari tangan, secara umum, (1) kesungguhan siswa menyimak penjelasan guru termasuk dalam kategori cukup, (2) siswa yang aktif saat pembelajaran berlangsung termasuk dalam kategori cukup, (3) siswa yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan guru termasuk dalam kategori cukup. Sesudah menggunakan teknik bermain menggunakan jari tangan dalam perkalian, secara umum, (1) kesungguhan siswa menyimak penjelasan guru termasuk dalam kategori Sangat baik, (2) siswa yang aktif saat pembelajaran berlangsung termasuk dalam kategori Sangat baik, (3) siswa yang dapat menjawab dengan benar pertanyaan yang diberikan guru termasuk dalam kategori Sangat baik, (4) kemampuan siswa dalam mendemonstrasikan/memperagakan teknik bermain menggunakan jari tangan yang diajarkan termasuk dalam kategori baik, (6) hasil test kognitlf termasuk dalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berupaya meningkatkan pemahaman konsep dan juga prestasi akademik siswa, dengan cara memberikan pembelajaran kepada siswa menggunakan teknik bermain Jari Tangan dalam pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas V SDN-1 Tumbang Labehu khususnya, dan seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar pada umumnya.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Suryadie Suryadie, SDN 1 TUMBANG LABEHU

References

Arikunto,S. 2005. Dasar-dasar Evaluasi Materii Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Aqib, Z. 2006. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Maret: Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Garis-garis Besar Program Pengajaran (GBPP) Bidang Studi Matematika SD. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.
Hadi, S. 2005. Metodologi Riset. Yogyakarta: Yasbit Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.
Hamalik, O. 2003. Perencanaan Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bmni Aksara.
Hayati, N. 2006. Penggunaan Pendekatan Discoveri Terpimpin Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Konsep Difusi-Osmosis Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri-2 Pahandut Tahun Ajaran 2006/2007. Skripsi. Palangka Raya: FKIP UNPAR. (Tidak diterbitkan).
Kartini. 2016. Meningkatkan Kemampuan Perkalian dengan Teknik Bermain Jari Tangan Siswa Kelas V Pada SDN-7 Pahandut Palangka Raya. Palangka Raya : FKIP UNPAR
Kasihani, K. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Nasution, S. Dan Thomas, M. 2006. Buku Penuntun Membuat Tesis, Skripsi, Disertasi, Makalah. Bandung: PT. Bumi Aksara.
Poerwadi, P. 2006. Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI. Untuk Kalangan Sendiri. Palangka Raya: FKIP UNPAR.
Ruseffendi, E. 1980. Pengajaran Matematika Modern. Bandung: Tarsito.
Setiawan, M. Andi dan Diplan. 2018. Penelitian Tindakan Kelas Teori Serta Panduan Bagi Guru Kelas dan Guru Bimbingan Konseling. Deepublish. 1:67.
Soetopo, M. 2006. Matematika Progresif Untuk SD Kelas III. Pustaka Widya Utama: Jakarta.
Suparmin dkk. 2017. Matematika Untuk SD/Mi kelas V Buku Pegangan Guru Seri HOTS. Surakarta : CV. Mediatama.
Suparmin dkk. 2017. Matematika Untuk SD/Mi kelas V Buku Siswa Seri HOTS. Surakarta : CV. Mediatama.
Published
2022-03-23
How to Cite
Suryadie, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Perkalian Dengan Teknik Bermain Jari Tangan Siswa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 17(1), 56-63. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i1.3352