Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Think Pair Share di Kelas X-2 Pada SMA Muhammadiyah Palangka Raya

Authors

  • Ayu Ayu Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Sonedi Sonedi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v12i2.851

Keywords:

Hasil belajar Ekonomi, Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui aktivitas belajar peserta didik saat proses pembelajaran Ekonomi dengan menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), (2) mengetahui peningkatan hasil belajar Ekonomi peserta didik kelas X-2 dengan menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya.

Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X-2 SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya yang berjumlah 22 orang peserta didik. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) lebih baik dan meningkat, (2) Ada peningkatan hasil belajar Ekonomi pada peserta didik dengan menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS). Pada siklus I hasil Pre-Test ada 2 orang peserta didik yang tuntas 9,99% dan hasil Post-Test 11 orang peserta didik yang tuntas 55% dan pada siklus II hasil Post-Test ada 18 orang peserta didik yang tuntas 90%. Ini berarti dengan menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X-2 SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ayu Ayu, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Sonedi Sonedi, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Fathurahman dan Sutikno. 2007. Strategi Belajar dan Mengaja. Jakarta: Rineka Cipta.
Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Sebaga Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mursalin, Kasman. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Muka Bumi dan Kegiatan Ekonomi. Gorontalo. UNG.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2017-10-09

How to Cite

Ayu, A., & Sonedi, S. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Think Pair Share di Kelas X-2 Pada SMA Muhammadiyah Palangka Raya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 12(2), 1–6. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v12i2.851