Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Metode Diskusi Bervariasi Pada Kelas III SDN 1 Lunuk Ramba Tahun Pelajaran 2016/2017

  • Tia Normiasih Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Karyanti Karyanti Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Keywords: Hasil Belajar, MetodeDiskusiBervariasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui peningkatan aktivitas belajar IPA  peserta didik kelas III SDN 1 Lunuk Ramba dengan menggunakan metode Diskusi Bervariasi, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar IPA peserta didik kelas III SDN 1 Lunuk Ramba dengan menggunakan metode Diskusi Bervariasi.

Penelitian ini di lakukan pada minggu ke-2 bulan April yang berlokasi di SDN 1 Lunuk Ramba, Desa Lunuk Ramba Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas III SDN 1 Lunuk Ramba yang berjumlah 18 peserta didik. Teknik yang dii gunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) aktivitas belajar IPA dengan Menggunakan Metode Diskusi Bervariasi pada peserta didik kelas III SDN 1 Lunuk ramba tahun pelajaran 2016/2017 menjadi lebih baik. (2) ada peningkataan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode Diskusi Bervariasi pada peserta didik kelas III SDN 1 Lunuk Ramba tahun pelajaaran 2016/2017, ini terbukti dari hasil pra tindakan dengan ketuntasan klasikalm25% dandengannilai rata-rata , pada Siklus I dengan ketuntasanklasikal 56% dandengannilai rata-rata 61 dan Siklus II dengan ketuntasanklasikal 94% dandengannilai rata-rata 88.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Tia Normiasih, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Karyanti Karyanti, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Karti Soeharto.(2011). Inovasi Jurnal Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Pusat Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan, Surabaya. UPT P4 Universitas Negeri Surabaya.
Muliawan, J.U. (2016).Model Pembelajaran Spektakuler, Lampung : Ar-Ruzz Media.
Sugiyono.(2013).MetodePenelitianKuantitatif Kualitatif dan R & D: Alfabeta, CV. Bandung
Published
2019-07-08
How to Cite
Normiasih, T., & Karyanti, K. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Metode Diskusi Bervariasi Pada Kelas III SDN 1 Lunuk Ramba Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 12(2), 34-39. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v12i2.855