Perbedaan Persepsi Mahasiswa tentang Perkuliahan Daring

Differences in Student Perceptions about Online Lectures

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v20i1.1610

Keywords:

Student Perceptions, Online Lectures

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan persepsi mahasiswa tentang pembelajaran daring di tinjau dari (1) asal Program Studi mahasiswa,  (2)  mata kuliah yang ditempuh, dan  (3)  jenis kelamin.

Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FKIP UM Palangkaraya semester Genap tahun akademik 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah Metodologi Penelitian, Teknik Penulisan Karya Ilmiah, Problematika Pembelajaran,  dan mata kuliah Belajar Pembelajaran. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan angket daring  sebanyak 17 butir pertanyaan yang sudah divalidasi. Teknik analisis data menggunakan analisis varian satu jalur dengan bantuan program SPSS.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pada populasi mahasiswa FKIP UM Palangkaraya: (1), Tidak ada perbedaan persepsi tentang perkuliahan sistem daring jika ditinjau dari program studi mahasiswa, dengan nilai F hitung = 2,421 dan Sig 0.122 > 0.05, (2) Tidak ada perbedaan persepsi tentang perkuliahan sistem daring jika ditinjau dari jenis mata kuliah yang ditempuh mahasiswa, dengan nilai F hitung = 1,042  dan Sig 0.376 > 0.05,  (3)  Ada perbedaan persepsi tentang perkuliahan sistem daring jika ditinjau dari jenis kelamin mahasiswa, dengan nilai F hitung = 15,162 dan Sig 0.000 < 0.05. Dari analisis deskriptif diketahui bahwa mahasiswa laki-laki cenderung memiliki persepsi lebih positif tentang perkuliahan daring dibanding mahasiswa perempuan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rita Rahmaniati, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Bulkani Bulkani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Adijaya,N, Pudji Santoso,L. 2018. Persepsi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online. Wanastra Jurnal, 10(2), 550.
Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta. Erlangga.
Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hamidi, M, Maulana, H.A. 2020. Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. Equilbrium_Jurnal Pendidikan. (10), 224-231.
Hasanah,U. 2017. Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Kegiatan Praktikum IPS Terpadu. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.
KALTENG POS edisi Sabtu 11 Juli 2020. Palangkaraya. KALTENG POS press.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara
S. Siahaan. 2003. E- Learning (Pembelajaran elektronik) Sebagai salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(42), 303-321.
Tantri, N.R. 2018. Kehadiran Sosial dalam Pembelajaran Daring Berdasarkan Sudut Pandang Pembelajar Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 19(1), 19-30.
Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: MediaGroup.

Downloads

Published

2020-12-03

How to Cite

Rahmaniati, R., & Bulkani, B. (2020). Perbedaan Persepsi Mahasiswa tentang Perkuliahan Daring: Differences in Student Perceptions about Online Lectures. Anterior Jurnal, 20(1), 28–33. https://doi.org/10.33084/anterior.v20i1.1610