PENGARUH PROFESIONALITAS DOSEN DAN KUALITAS METODE PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FKIP UMPR TAHUN AKADEMIK 2023/2024

The Influence of Lecturer Professionality and the Quality of Learning Methods on the Learning Achievement of FKIP Umpr Students in the Academic Year 2023/2024

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v23i2.6742

Keywords:

Profesionalitas Dosen , Metode Pembelajaran, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui 1) Pengaruh  Profesionalitas dosen terhadap prestasi belajar mahasiswa 2) Pengaruh kualitas metode pembelajaran terhadap prestasi belajar mahasiswa.  Penelitian dilaksanakan pada  bulan Desember 2023 sampai bulan Februari 2024. Pendekatan yang digunakan pendekatan Kuantitatif metode korelasional. Populasi penelitian sebanyak 200 orang yakni mahasiswa UMPR yang menempuh kuliah semester 3, 5 dan 7 tahun tahun akademik   2023/2024, sedangkan sampel sebanyak 102 Orang yang diambil menggunakan teknik proposional non random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner berupa angket tertutup dengan jumlah item pernyataan 37 butir dengan koefisien reliabilitas X1 sebesar 0.870 (reliabel) , X2 sebesar 0.930 (reliabel) dan Y sebesar 0.879 (reliabel) dengan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi  linier berganda.

Dari hasil penelitian disimpulkan (1). Profesionalitas dosen berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar, dilihat melalui uji hasil uji t Parsial dan model persamaan regresi  nilai t variabel X1 = 3.656 dengan sig. 0.000 di mana < 0,05 maka X1 mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap variabel dependen, yaitu Y (2) Penggunaan Metode Pembelajaran berpengaruh signifikan  terhadap prestasi belajar mahasiswa UMPR dilihat dari  nilai t variabel X2 = 5.875 dengan sig. 0.000 di mana < 0,05 maka X2 mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap variabel dependen (Y).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rita Rahmaniati, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Bulkani Bulkani, Universitas Muhammadiyah Palangka Raya

References

Ali, M., & Asrori, M. (2014). Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bulkani. (2021). Evaluasi Pembelajaran. Palangka Raya: Akademia Pustaka.

Darmawan, D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Diniyah Takmiliyah di Kota Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. 9(1), 71- 86. DOI : 10.30868/ei.v9i01.639

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 19 edisi 5. Semarang: Universitas Diponegoro.

Gultom, F. & Hernawaty. (2022). Peran Dosen dalam Implementasi Kampus Merdeka. All Fields of Science J-LAS. 2(4), 210-225

Hatip, Mochamad ., Khoiriyah K, Abadi Sanosra, Nurul . (2018). Kompetensi Dosen, Profesionalisme Dosen, dan Kecerdasan Spritual Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Sains Managemen dan Bisnis Indonesia.. 8(2), 112-130. DOI: https://doi.org/10.32528/smbi.v8i1.1770.

Hareda, D. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar IPA Siswa pada Model Pembelajaran Learning Cycle dengan Materi Energi dan Perubahannya. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar. 2(1), 25-36

Hidayar, A., dkk. (2020). Metode Pembelajaran Aktif dan Kreatif pada Madrasah

Hikmah, M. (2022). Dosen sebagai Fasilitator dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan da n Pemikiran.17 (2), 741_750 http://www.jurnalstainurulfalahairmolek.ac.id/index.ph p/ojs/article/view/69

Imamah, Y. H. (2021). Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. 7(1), 175-184

Juliangkary, E. & Pujilestari. (2022). Kajian Litteratur Metode Tanya Jawab pada Pembelajar an Matematika. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME). 8 (3), 2571- 2575. DOI:10.36312/jime.v8i3.3839/http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME.

Ma’viyah, A. (2021). Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini (Experimental Methods In Science Learning For Early Childhood). Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 3, 97–101.Retrieved from https://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/715

Nur, Mohamad. (2011). Strategi-Strategi Belajar. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Priyatno, Duwi.(2013). Analisis Korelasi, Regresi dan Multivariate dengan SPSS. Yogyakarta: Gaya Media.

Suharsaputra, Uhar. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: PT Refika Aditama.

Sulhan, M., dkk. (2022). Korelasi Kepemimpinan Transformasional dengan Kepuasan Kerja Dosen di Bandung. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 4(1), 32-44. https://doi.org/10.54396/alfahim.v4i1.229

Syafrin,Y, (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Educativo: Jurnal Pendidikan. 2(1), 72-77. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1

Tanang, H., Djajadi, M., Abu, B., & Mokhtar, M. (2014). Challenges for Teachers in Developing theirTeaching Professionalism: A Case Study of Secondary School in Makassar, Indonesia. Journal of Education and Learning (EduLearn), 8(2), 132–143. https://doi.org/10.11591/edulearn.v8i2.215

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Downloads

Published

2024-05-01

How to Cite

Rahmaniati, R., & Bulkani, B. (2024). PENGARUH PROFESIONALITAS DOSEN DAN KUALITAS METODE PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FKIP UMPR TAHUN AKADEMIK 2023/2024: The Influence of Lecturer Professionality and the Quality of Learning Methods on the Learning Achievement of FKIP Umpr Students in the Academic Year 2023/2024. Anterior Jurnal, 23(2), 24–31. https://doi.org/10.33084/anterior.v23i2.6742