Miskonsepsi Bilangan Eksponen pada Mahasiswa PGSD

Main Article Content

Rospala Hanisyah Yukti Sari
Supriadi Supriadi

Abstract

Terdapat miskonsepsi Mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal eksponen. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis jenis miskonsepsi dan penyebab serta solusi dalam mengerjakan soal-soal eksponen dan logaritma. Subyek penelitian adalah 25 siswa di Universitas Swasta di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, yang mengerjakan 3 soal materi eksponen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitati.. Pengumpulan data penelitian melalui tes soal. Teknik analisis data yang dilakukan antara lain reduksi data, pengumpulan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil tes siswa menunjukkan bahwa miskonsepsi mahasiswa dalam menyelesaikan soal eksponen terdiri dari beberapa jenis yaitu kesalahan dalam membaca soal, kesalahan dalam memahami soal, kesalahan dalam melakukan transformasi soal, kesalahan dalam keterampilan proses dan kesalahan dalam penarikan kesimpulan. Adapun penyebab dari miskonsepsi siswa pada materi ekponen yaitu minimnya pengetahuan terhadap konsep eksponen dan minimnya rasa percaya diri dalam menyelesaikan soal eksponen. Selain itu, solusi dari miskonsepsi pada materi eksponen yaitu perlunya waktu belajar yang cukup, pemahaman materi bisa diperdalam melalui kegiatan pembelajaran yang memerlukan keaktifan mahasiswa dalam menemukan sebuah konsep materi tersebut. Kemudian, Dosen juga bisa memberikan lebih banyak latihan soal untuk dikerjakan mahasiswa. Dengan demikian, terciptanya pembelajaran menjadi lebih bermakna, dan ketika diberikan soal, mahasiswa juga dapat menyelesaikan dengan meminimalisir kesalahan-kesalahan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sari, R. H. Y., & Supriadi, S. (2025). Miskonsepsi Bilangan Eksponen pada Mahasiswa PGSD. Aslama: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 18–26. https://doi.org/10.33084/ajpi.v2i1.9937
Section
Articles

References

Amalia, S. R. (2017). Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Kognitif Mahasiswa. Jurnal Aksioma, 8(1), 18-30.

Dzulfikar, A. & Vitantri, C.A. (2017). Miskonsepsi Matematika pada Guru Sekolah Dasar. Suska Journal of Mathematics Education, 3(1), 41-48.

Gunawan, M.S. & Fitria, D. (2020). Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal-soal Eksponen dan Logaritma. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 257-268.

Hayati, I. N., & Budiyono. (2018). Analisis Kesulitan Siswa SMA Negeri 1 Kedungwuni Materi Logaritma. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 8(2), 115-124.

Junengsih, J. & Sutirna. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal pada materi Eksponen. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12 (1), 28-32

Ningrum, R.C. & Pujiastuti, H. (2023). Analisis Permasalahan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 3236-3246.

Pratiwi, P.A.C. (2020). Meningkatkan Kecerdasan Intelektual Anak Usia Dini Melalui Media Permainan Tebak Gambar Profesi Berbasis Adobe Flash. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 416-424.

Rahma, A. F., & Khabibah, S. (2022). Analisis Kesalahan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Eksponen. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(2), 446–457. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n2.p446-457.

Rahmawati, A. (2022). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Di Utd Pmi Kota Malang. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 3(1), 58-72.

Ridia, N. S., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Auditory Intellectualy Repetition dan Student Teams Achievement Division. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 515-526.

Said, A. N., & Rahmawati, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta). Jurnal Nominal, Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 7(1). https://doi.org/10.21831/nominal.v7i1.19357.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Sutisna, E. (2020). Modul MAM Kelas X - KD 3.1 Fungsi Eksponen dan Fungsi Logaritma (MAM). 29.