Membumikan Nilai-Nilai Islam: Peran Guru Madrasah Diniyah Ulya dalam Mewujudkan Karakter Religius Peserta Didik

Main Article Content

Hikmatul Mauidhoh
Supriadi
Ahmad Syarif

Abstract

Pendidikan karakter religius merupakan fondasi utama dalam membentuk pribadi yang beretika dan bermartabat, terlebih dalam konteks lembaga pendidikan Islam nonformal seperti Madrasah Diniyah Ulya. Namun, masih ditemukan kesenjangan antara program pembiasaan religius yang telah berjalan dengan ketidakkonsistenan perilaku santri dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam membentuk karakter religius peserta didik serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat proses tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian guru, kepala madrasah, dan santri di Madrasah Diniyah Ulya Darurattaqwa Al-Hikmah Pangkalan Lada. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi, yang dianalisis dengan model Miles, Huberman, dan Saldaña. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan sebagai teladan moral, pembina spiritual, dan pengintegrasi nilai Islam dalam pembelajaran. Keteladanan guru dalam ibadah, adab, dan toleransi terbukti efektif dalam membentuk karakter religius santri. Faktor pendukung meliputi tradisi madrasah seperti salat berjamaah dan pembiasaan adab, sedangkan hambatan muncul dari lingkungan luar madrasah dan keterbatasan waktu. Penelitian ini memberikan kontribusi konseptual berupa tipologi peran guru dalam pembentukan karakter religius, serta implikasi praktis bagi pengembangan kebijakan pendidikan karakter di madrasah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hikmatul Mauidhoh, Supriadi, & Ahmad Syarif. (2025). Membumikan Nilai-Nilai Islam: Peran Guru Madrasah Diniyah Ulya dalam Mewujudkan Karakter Religius Peserta Didik. Aslama: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 1–13. https://doi.org/10.33084/ajpi.v2i2.10402
Section
Articles

References

Abadina, H., Adnan Quthny, A. Y., & Hidayatul Hikmiyah, H. (2025). Implementasi Nilai-Nilai Tasawuf Akhlaqi Dalam Pembentukan Akhlak Santri Di Madrasah Diniyah Taklimiyah Pesantren Zainul Hasan. Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 9(1), 387–404. Https://Doi.Org/10.52266/Tadjid.V9i1.4405

Ahmad Syarif, Sonedi, & Muqor Rama Hasanah. (2025). Manajemen Sumber Daya Manusia Berorientasi Mutu Pendidikan di SD Islam Terpadu Al Furqan Palangka Raya. Aslama: Jurnal Pendidikan Islam , 2 (1), 38–44. https://doi.org/10.33084/ajpi.v2i1.9973

Fajri, Z., & Kamilah, L. (2025). Using Religious Character Education To Help Students Develop Exceptional And Moral Character. Indonesian Journal Of Education Research (Ijoer), 6(2), 255–264. Https://Doi.Org/10.37251/Ijoer.V6i2.1691

Firmansyah, B., Aliyah, N. D., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Kompetensi Guru Pai, Perhatian Orang Tua, Dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di Ma Unggulan Nur Al-Jadid Waru Sidoarjo. Teaching : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(3), 203–214. Https://Doi.Org/10.51878/Teaching.V4i3.3345

Fitri, A. (2017). Revitalisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Kencana.

Harahap, S., & Savitri, D. (2022). Peran Profesional Guru Paud Dalam Pembinaan Moral Anak Usia Dini. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 6(3), 645. Https://Doi.Org/10.20961/Jdc.V6i3.64126

Hasibuan, A. F., & Pulungan, E. N. (2024). Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Islam Dengan Prestasi Akademik Siswa Di Smpn 1 Percut Sei Tuan. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(8). Https://Doi.Org/10.47467/Reslaj.V6i8.4407

Hibana, H., Kuntoro, S. A., & Sutrisno, S. (2015). Pengembangan Pendidikan Humanis Religius Di Madrasah. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 3(1), 19–30. Https://Doi.Org/10.21831/Jppfa.V3i1.5922

Hunainah, H., Ikhwansyah, M. F., & Ramdhani, M. T. (2023). Basic Concepts Of Islamic Education: The Perspective Of Al-Rahiq Al-Makhtum Kitab. Insania : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 28(2). Https://Doi.Org/10.24090/Insania.V28i2.8548

Hunainah, H., Zannah, F., Permadi, A. S., & Solikhin, A. (2022). Pembinaan Nilai-Nilai Keislaman Bagi Masyarakat Muslim Minoritas Di Desa Handiwung Kabupaten Katingan. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 30. Https://Doi.Org/10.20527/Btjpm.V4i1.4365

Imami, A. S., & Az-Zamzami, A. M. (2024). Konstruksi Pendidikan Islam Multikultural Di Madrasah Diniyah Badridduja Kraksaan Probolinggo. Berkala Ilmiah Pendidikan, 4(3), 574–588. Https://Doi.Org/10.51214/Bip.V4i3.1173

Inesri, I., Afrinaldi, A., Wati, S., & Dewi, Y. (2024). Peran Guru Mewujudkan Akhlakul Karimah Pada Siswa Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Madrasah Diniyah Takmiyah Awaliyah Tarok Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 5(1), 11431. Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V5i1.11431

Iqbal, M., & Junaidah, E. (2022). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Karakter Islam Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah. Tarqiyatuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 133–139. Https://Doi.Org/10.36769/Tarqiyatuna.V1i2.286

Irayanti, I., Sulkipani, S., & Sapriya, S. (2024). Analisis Keteladanan Guru Untuk Meningkatkan Pemahaman Nilai Moral Dan Kesetaraan Gender Pada Siswa Madrasah. Setara: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 5(02), 97–110. Https://Doi.Org/10.32332/Jsga.V5i02.7953

Isnaini, H. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa. Ikhlas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 1(4), 95–111. Https://Doi.Org/10.61132/Ikhlas.V1i4.131

Julismawati, J., & Eliana, N. (2024). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(3), 255–259. Https://Doi.Org/10.26740/Jrpd.V10n3.P255-259

Kandiri, K., & Arfandi, A. (2021). Guru Sebagai Model Dan Teladan Dalam Meningkatkan Moralitas Siswa. Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 6(1), 1–8. Https://Doi.Org/10.35316/Edupedia.V6i1.1258

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2011). Panduan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. . Balitbang.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2017). Buku Panduan Penguatan Pendidikan Karakter. Kemendikbud.

Khofifah, N., Regita Ayu Pratiwi, A., & Ilmi, N. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Pada Integrasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Di Madrasah. Jurnal Qosim Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 2(2), 29–35. Https://Doi.Org/10.61104/Jq.V2i2.309

Lickona, T. (2012). Educating For Character: How Our Schools Can Teach Respect And Responsibility. Bantam.

Maimunah, M. (2018). Peran Guru Madrasah Dalam Pendidikan Islam. Al-Afkar : Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 2–32. Https://Doi.Org/10.32520/Afkar.V6i2.235

Marlina, N., & Patilima, H. (2023). Peran Pendidik Dalam Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Pada Pembelajaran Berbasis Al Qur’an. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(3), 1252–1259. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V9i3.5348

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (Indonesian Edition). Sage Publications.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). Remaja Rosdakarya.

Muhaimin. (2009). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Menyusun Epistemologi Pendidikan Islam. Kencana.

Muhammad, ِa., Yaumi, M., Ibrahim, M. M., & Andi Achruh. (2024). Peran Guru Mata Pelajaran Agama Islam Dalam Pembinaan Karakter Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri Di Kota Tidore Kepulauan. Jurnal Diskursus Islam, 12(3), 382–298. Https://Doi.Org/10.24252/Jdi.V12i3.50830

Mukaffa, Z. (2018). Madrasah Diniyah Sebagai Pola Diseminasi Islam Moderat Di Pesantren Mahasiswa Darussalam Keputih Surabaya. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal Of Islamic Education Studies), 6(1), 127–156. Https://Doi.Org/10.15642/Jpai.2018.6.1.127-156

Mulyani, Hunainah, & Syarif, A. (2025). Internalization Of Islamic Education In The Death Gatherings In The Sungai Kapih Community Of Samarinda. Al-Mudarris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 8(1), 113–122. Https://Doi.Org/10.23971/Any63g92

Mulyasa, E. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.

Mulyawati, F., Ngulwiyah, I., Taufik, M., & Pribadi, R. A. (2025). Peran Guru Dalam Penguatan Karakter Religius Melalui Kegiatan Pembiasaan Keagamaan Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 12(1), 107–117. Https://Doi.Org/10.38048/Jipcb.V12i1.4824

Nadjih, D., Ari Bowo, A. N., Salamudin, S., Audy, C., Harahap, R., Utami, S., Indrayani, R., Saleh, F., Yako, S., Suhaimi, S., & Sayuti, S. (2020). Peran Guru Dalam Meningkatkan Karakter Religius Murid Di Mts Nurul Ummah. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 10(1), 59–70. Https://Doi.Org/10.47200/Ulumuddin.V10i1.338

Nafisa Zahira, A., Mansyur, M., & Abidin, J. (2024). Implementasi Model Holistic Dalam Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, 6(01), 46–51. Https://Doi.Org/10.52166/Tabyin.V6i01.603

Napratilora, M., Mardiah, M., & Lisa, H. (2021). Peran Guru Sebagai Teladan Dalam Implementasi Nilai Pendidikan Karakter. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 34–47. Https://Doi.Org/10.46963/Alliqo.V6i1.349

Ridlo Maghriza, M. T., & Nursikin, Mukh. (2024). Pendekatan Pendidikan Nilai Dalam Filsafat Islam: Analisis Kontribusi Imam Al-Ghazali Dan Ibnu Sina. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 295–314. Https://Doi.Org/10.59698/Afeksi.V5i2.253

Riska Agustin, Abbas, N., Nur Khasanah, A., & Rahma Sari, F. (2024). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Pandu : Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 2(2), 1–10. Https://Doi.Org/10.59966/Pandu.V2i2.950

Silvia Pratama, P., Annissa Mawardini, & Rini Rahayu. (2023). Peran Guru Sebagai Role Model Dan Teladan Dalam Meningkatkan Moralitas Siswa Di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(5), 2013–2027. Https://Doi.Org/10.30997/Karimahtauhid.V2i5.9046

Sukmawati, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengembangan Moral Bagi Anak Usia Dini. Biota, 8(1), 87–96. Https://Doi.Org/10.20414/Jb.V8i1.61

Sutisna, D., Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Keteladanan Guru Sebagai Sarana Penerapan Pendidikan Karakter Siswa. Jpdi (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(2), 29. Https://Doi.Org/10.26737/Jpdi.V4i2.1236

Teguh Ciptadi, M., Hunainah, & Syarif, A. (2025). Pendidikan Akhlak Menurut Buya Hamka (Telaah Surah Luqman 12-19 Studi Tafsir Al-Azhar). Al-Afkar: Journal For Islamic Studies, 8(2), 509–524. Https://Doi.Org/10.31943/Afkarjournal.V8i2.1411

Wahyudi, W. E., Aisyah, N., Romlah, Asyha, A. F., Arifin, F., & Warsiyah. (2024). Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Kelas Xi Man 2 Bandar Lampung. Malewa: Journal Of Multidisciplinary Educational Research, 2(2), 41–47. Https://Doi.Org/10.61683/Jome.V2i2.143

Widodo, A., & Umar, U. (2020). Membentuk Nilai-Nilai Keberagaman Melalui Kultur Madrasah Inklusi. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3(2). Https://Doi.Org/10.32529/Al-Ilmi.V3i2.743

Yaqin, M. A. (2019). Pola Komunikasi Interpersonal Guru Madrasah Diniyah Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Islam Di Era Generasi Milenial. Wasilatuna: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(1), 36–52. Https://Doi.Org/10.38073/Wasilatuna.V2i1.375

Yasin, A. A. (2024). Analisis Interaksi Tingkat Pendidikan Dan Kesadaran Beragama Pada Kesiapan Wanita Dalam Rangkaian Ibadah Haji Tanpa Mahram. Rayah Al-Islam, 8(4), 1772–1795. Https://Doi.Org/10.37274/Rais.V8i4.1112

Yudis Nurrachman, M. A., Sari Lestari, E., Melvi Febriyanti, & Anni Amaliyatul Ilmi. (2024). Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Man 1 Lamongan. Basa Journal Of Language & Literature, 4(1), 47–54. Https://Doi.Org/10.33474/Basa.V4i1.21623