Manajemen Sumber Daya Manusia Berorientasi Mutu Pendidikan di SD Islam Terpadu Al Furqan Palangka Raya
Main Article Content
Abstract
Manajemen Sumber Daya Manusia dalam lembaga pendidikan adalah salah satu upaya yang dilakukan dengan tujuan tercapainya kualitas pengembangan kelembagaan maupun satuan pendidikan. Meningkatnya Sumber Daya Manusia memerlukan aturan untuk mencapai optimalisasi setiap Sumber Daya Manusia pada satuan kerja organisasi sekolah (pendidik dan tenaga kependidikan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami realitas SD IT Al Fuqan Palangka Raya dalam melaksanakan manajemen Sumber Daya Manusia untuk kegiatan peningkatan mutu pendidikan dengan orientasi pada penyusunan rencana sumberdaya manusia, rekrutmen dan seleksi, staffing, kompensasi dan penghargaan ,pengembangan serta pemberhentian. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Manajemen Sumber Daya Manusia di SD IT Al Furqan Palangka Raya menemukan perencanaan yang melibatkan penuh pertisipasi Stake Holder internal. Rekrutmen, seleksi, staffing, berbasis standar mutu dan Standar Mutu Pendidikan Nasional. Kompensasi dan penghargaan, pengembangan serta pemberhentian Sumber Daya Manusia SD IT Al Furqan didasarkan pada analisis kebutuhan pengembangan lembaga.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Armiyanti, A., Sutrisna, T., Yulianti, L., Lova, N. R., & Komara, E. (2023). Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Kinerja Layanan Pendidikan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1061–1070. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5104
Astuti, A. (2018). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Sekolah. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 604–624. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v7i1.308
Darojat, J., Syah, M., Erihadiana, M., Amelia, A., & Hakim, A. R. (2023). Optimalisasi Manajemen Karir Sumber Daya Manusia Dalam Mencapai Standar Mutu Pendidikan. Cakrawala Repositori IMWI, 6(6), 2306–2317. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i6.541
Devi, M., Suyatno, S., & Sukirman, S. (2022). School Branding Strategy In Facing The Impact Of Zoning System. International Journal of Educational Management and Innovation, 3 (3), 288–304. https://doi.org/10.12928/ijemi.v3i3.6089
Ekawati, F. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smpit. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(2), 1–22. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5006
Faustino Cardoso Gomes. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. (2, Ed.). ANDI.
Febrianti, E. a. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia (Urgensi, Trend dan Ruang Lingkup). Bandung: Wina Bhakti Persada. Retrieved from https://repository.penerbitwidina.com/publications/318818/manajemen-sumber-daya-manusia-urgensi-trend-dan-ruang-lingkup
Hasibuan, M. S. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara. Retrieved from https://books.google.com/books?id=ZQk0tAEACAAJ
HS, M. F., Anwar US, K., & Shalahudin, S. (2024). Manajemen Sumberdaya Manusia Dalam Pendidikan. Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 207–217. https://doi.org/10.32939/ljmpi.v2i1.4047
Indri, & Ainur Alam Budi Utomo. (2022). Optimalisasi sumber daya manusia dalam peningkatan mutu lembaga pendidikan. Buana ilmu, 7(1), 106–115. https://doi.org/10.36805/bi.v7i1.3021
Maghfiroh, M., & Santosa, S. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi di Universitas Darussalam Gontor. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(2), 23. https://doi.org/10.24036/jbmp.v9i2.110439
Mahalli Winulyo, J., Aziz, A., & Rachman, P. (2023). Manajemen sumber daya manusia dalam implementasi program sekolah penggerak di sdn sukabumi 2 kota probolinggo. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 957–970. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i3.873
Moleong, L. J., & Surjaman, T. (1989). Metodologi penelitian kualitatif. Remadja Karya. Retrieved from https://books.google.com/books?id=YXsknQEACAAJ
Nurmalasari, I., & Karimah, D. Z. (2020). Peran manajemen sdm dalam lembaga pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidik. Managere : Indonesian Journal of Educational Management, 2 (1), 33–44. https://doi.org/10.52627/ijeam.v2i1.14
Rih Ayuningsih, Muhtarom, & Syeh Al Ngarifin. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smk Pelita Gedong Tataan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 3(1), 24–31. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v3i1.31
Sihotang, H., & Sinambela, L. P. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia Sekolah/Madrasah: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Sunardi, S. (2023). Peran Stakeholder Internal Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Di SMP Negeri 1 Wonosalam Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 3(2), 160–174. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v3i2.1156
Suroso, S. (2022). Kebijakan Dalam Penyediaan Kecukupan Biaya Operasional Pendidikan Menengah. Inisiasi, 121–130. https://doi.org/10.59344/inisiasi.v11i2.52
Syarif, Ahmad., Mazrur., Desi Erawati., A. (2023). Strategi Manajemen Mutu Sekola Melalui Fungsi Pengorganisasian Di Smp Islam Terpadu Al Ghazali Modern School Palangka Raya. Hadratul Madinayah, 10(I), 1–10. Retrieved from https://journal.umpr.ac.id/index.php/jhm/article/view/5395/3321
Syarif, A. (2022). Budaya Partisipatif Stakeholder Dalam Mewujudkan Sekolah Yang Bermutu di SMP IT Al Ghazali Modern School Palangka Raya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 31–35. https://doi.org/10.33084/tunas.v8i1.4311
Zaen, M. T. A., Janiah, B. D., & Fadli, S. (2021). Penerapan Metode Smart Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Sanksi Pelanggaran Tata Tertib Siswa (Studi Kasus: SMK Negeri 1 Pujut). Jurnal Manajemen Informatika Dan Sistem Informasi, 4(1), 63–72. https://doi.org/10.36595/misi.v4i1.220