Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multimedia Canva Untuk SD Aisiyah Kuningan

Arabic Language Learning Based On Canva Multimedia For SD Aisiyah Kuningan

Authors

  • Asep Usamah STIKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Ahmad Fajri Lutfi STIKIP Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v7i2.4279

Keywords:

Media Pembelajaran, Multimedia Canva, Bahasa Arab

Abstract

Aplikasi media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multimedia CANVA (PBABMC) dikembangkan berdasarkan model pengembangan RND yang terdiri dari 3 tahapan yaitu: (1) Studi Pendahuluan, (2) Pengembangan Model, (3) Evaluasi/ Pengujian.Subjek penelitian ini sebelum diberi perlakuan berjumlah 35 dan sesudah diberi perlakuan berjumlah 37. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan april sampai bulan juli 2022. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, studi pustaka, dokumentasi dan angket.Validasi instrumen menggunakan 2 ahli yaitu ahli meteri dan ahli media. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan aplikasi media pembelajaran multimedia interaktif  berbasisadobe flash cs6 untuk meningkatkan minat belajar siswa. 2) Mengetahui kelayakan aplikasi media pembelajaran multimedia interaktif berbasis adobe flash cs6. Diperoleh hasil perhitungan persentase sebelum diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran rata-rata jawaban siswa secara keseluruhan sebesar 35,82% dan hasil perhitungan presentase sesudah diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran rata-rata jawaban siswa secara keseluruhan sebesar 50,84%. Hal ini menunjukkan bahwa menggunakan media pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa terhadap Media pembelajaran multimedia interaktif berbasis Canva yang meningkatkan minat belajar siswa sebesar 15,02%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Asep Usamah, STIKIP Muhammadiyah Kuningan

Ahmad Fajri Lutfi, STIKIP Muhammadiyah Kuningan

References

Anita, Sri. (2009). Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asyhar, Raypengguna (2012).Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta :Referensi.

Cecep Kustandi, dkk. (2013). Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Firdausy Armansyah, Sulton, Sulthoni. (2019) Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar Dasar Animasi. Malang ; JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan.

Hidayatullah, Priyanto., Akbar, M. Amarullah., & Rahim, Zaky. (2011). Animasi Pendidikan Menggunakan Flash. Bandung: Informatika.

Ibrahim Mustafa dkk, Al-mu’jam Al-Wasit, (2004) (Istanbul: Al-Maktaba al-Islamiyah.

Madcoms. (2012). Kupas Tuntas Adobe Flash Profesional CS6. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Mayer. E, Richard. (2009). Multimedia Learning (terjemahan Baroto Tavip Indrojarwo). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Munadi, Yudi. (2013). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gang Persada Pers.

Nopriyanti, Putu Sudira. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Pemasangan Sistem Penerangan Dan Wiring Kelistrikan Di SMK. Yogyakarta ; Jurnal Pendidikan Vokasi.

Purbatua Manurung , (2021). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Medan ; Al Fikru : Jurnal Ilmiah.

Sanjaya, Wina (2013). Strategi Pembelajaran; Berorientasi Stpenggunar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia.

Slameto, (2010). Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT RinekaCipta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung :Alfabeta.

Suryani, Nunuk dan Leo Agung, (2012), Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: Ombak

Syarifuddin, Amir. (2009). Ushul Fiqih. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Usamah, A., & Lutfi, A. F. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multimedia Canva Untuk SD Aisiyah Kuningan: Arabic Language Learning Based On Canva Multimedia For SD Aisiyah Kuningan. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 7(2), 63–72. https://doi.org/10.33084/bitnet.v7i2.4279