Metode Orang Tua dalam Mengajar Anak Melaksanakan Sholat Fardhu di Rumah (Studi Terhadap Orang Tua Siswa SDN-1 Habaring Hurung Palangka Raya)

Authors

  • Ngismatul Choiriyah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/jhm.v5i1.1565

Keywords:

Mengajar anak, lingkungan rumah

Abstract

Dalam pembangunan nasional pada hakekatnya adalah membentuk indonesia seutuhnya. Konsep indonesia seutuhnya mengacu pada adanya keseimbangan antara perkembangan antara jasmani dan rohani. Pendidikan merupakan hal utama yang menentukan, karena keberhasilan dalam penyelanggaraan dapat membentuk manusia yang berkepribadian dan memiliki keterampilan.

Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama dalam menentukan perkembangan pendidikan anak dan menentukan keberhasilan belajar anak. Kondisi lingkungan yang sangat menentukan keberhasilan belajar anak diantaranya ialah adanya hubungan yang harmonis antara orang tua dan anak, tersedianya tempat dan sarana belajar yang kondusif, keadaan ekonomi yang cukup, suasana lingkungan rumah yang tenang, adanya perhatian yang besar dari orang tua terhadap proses perkembangan belajar anak dan pendidikan anak-anak.

Perhatian yang di berikan dalam mengajar anak dalam belajar adalah membantu mereka dalam mengerjakan tugas yang di berikan oleh sekolah, menyediakan waktu yang cukup untuk membimbing anak, serta memberikan suasana lingkungan rumah yang tenang sehingga anak merasa tenang dan tentram dalam belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ngismatul Choiriyah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Al-Munzdiry, Haflzh. I994.Mukhtashar Sunan Abi Dawud. Bairut: Libanon.
Alwi, Muslimah H. 2004. Upaya Orang Tua Mengajarkan Keimanan dan Akhlak Yang Baik (Studi 6 Orang Tua Siswa SDN Mendawai Seberang Kecamatan Arut Selatan Kotawaringin Barat). Palangkaraya: STAIN
Ahmad Fauzi. 2004. Psikologi Untuk Umum (Cetakan Kedua). Bandung: CV PustakaSetia.
Asnawir dan M. Basyiruddin Usman. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat pers.
Azhar Arsyad. 2005. Media Pelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Arifin, Muhammad. I978. Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama di Lingkungan Sekolah dan Keluarga. Jakarta: Bulan Bintang.
Arikonto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakam: Rineka Cipta.
Bey Hasibuan, Anwar. 1994. Psikologi Pendidikan. Medan: Pusan Widyasarana.
Depag RI. I994. Al-Qura'an dan Terjemahnya, Semarang: CV. Adi Gum Semarang.
Depdikbud. I988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
.....................1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Bengajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Emas. 1995, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Indah.
Hubermen dun Miles. 1992. Analisis Data Kualitatif (Di terjemahkan tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: UI.
LN. Syamsu Yusuf. 2002. Pesikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandubg: PT. Remaja Rosdakarya
Mansur. MA. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2018-07-24

How to Cite

Choiriyah, N. (2018). Metode Orang Tua dalam Mengajar Anak Melaksanakan Sholat Fardhu di Rumah (Studi Terhadap Orang Tua Siswa SDN-1 Habaring Hurung Palangka Raya). Jurnal Hadratul Madaniyah, 5(1), 45–49. https://doi.org/10.33084/jhm.v5i1.1565