Media Pembelajaran Cerita Tokoh Dalam Kitab Suci (Holy Bible) Untuk Anak Sekolah Minggu Menggunakan Macromedia Flash
DOI:
https://doi.org/10.33084/jsakti.v4i1.2886Keywords:
Media, Pembelajaran, Tokoh, MDLC, Flash CS3, KitabAbstract
Masa Pendemi Covid-19 yang mulai menyebar sejak bulan desember tahun 2019 masih dialami sampai pada sekarang ini menuntut semua kegiatan atau aktivitas yang tadinya bisa dilakukan secara tatap muka atau berkumpul secara langsung menjadi bisa dilakukan secara daring (online), karena hal tersebut dianggap mampu menekan tingkat penularan dari virus covid-19. Dalam kondisi seperti ini kegiatan sekolah hari minggu untuk anak juga dilaksanakn secara daring dan dituntut agar bisa menyuguhkan sebuah media yang menarik dalam menampilkan kegiatan bernyanyi, menyembah, bercerita, dan aktivitas gerak fisik. Oleh karena itu dirasa perlu untuk membuat Media Pembelajaran Pengenalan Tokoh Cerita Kitab Suci (Holy Bible) untuk Anak Sekolah Minggu dengan memanfaatkan aplikasi Macromedia Adobe Flash Professional CS6 sebagai tools pembuatnnya. Dalam Pembuatan media ini dengan mengikuti metode pengembangan yang tepat dalam pengembangannya yaitu MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dengan mengikuti enam tahapan yaitu, Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Sehingga dihasilkan Media yang sangat membantu anak-anak mengetahui Cerita Tokoh yang ada dalam Kitab Suci, Media ini dilengkapi dengan referensi ayat-ayat Kitab Suci agar anak-anak sekolah minggu juga mengetahui kitab dan ayat yang menjadi dasar dari cerita para tokoh-tokoh pada Kitab Suci tersebut dan juga ada Quiz Tebak Tokoh dengan tujuan mengasah pengetahuan anak setelah membaca cerita tokoh tadi.
Downloads
References
D. Diego Kasa. (2015). Media Pembelajaran Pengenalan Alkitab Pada Anak-Anak Sekolah Minggu Berbasis Multimedia (Studi Kasus Pada Gereja Anugerah Samarinda). wicida repository is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. Retrieved from: http://repository.wicida.ac.id/536/
Isriani Hardini dan Dewi Puspitasari. (2012). Strategi Pembelajaran Tepadu.Yogyakarta: FAMILIA.
Jogiyanto, H. 2010. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Edisi IV. Jogyakarta: ANDI
Kendall, K.E. dan Julie, E.K., 2011, Systems Analysis and Design, Prentice Hall, New Jersey
Musfiqon. 2012, Pengembangan Media dan Sumber Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Prestasi Pustakaraya.
N. Nurcikawati, dkk. (2018). Rancang Bangun Media Pembelajaran Trigonometri Berbasis Multimedia Interkatif. Jurnal LP3M Universitas Sarjanawijaya Tamansiswa Yogyakarta. Vol.4 No. 2. 114-121.
R. Rahmat & Irfan, D. (2019). Rancang Bangun Media Pemebelajaran Pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK. Jurnal Vocational Teknik Elektro Dan Informatika, Vol. 7 No. 1, 48-53. Retrieved from: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/article/view/103642/101428
Sudjana, N, Rivai, A. (2015). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
S. Valentine Grieda, dk. (2016). Pembuatan Aplikasi Media Interaktif Untuk Pengenalan Tokoh Alkitab Berbasis Android. Jurnal Infra Petra Christian University. Publish 2016. Retrieved from : https://www.neliti.com/publications/103201/pembuatan-aplikasi-media-interaktif-untuk-pengenalan-tokoh-alkitab-berbasis-android.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.