Media Informasi Pengenalan Budaya Adat Dayak Ngaju Untuk Anak (Studi Kasus SMPN 3 Palangka Raya)
Information Media Introduction to Dayak Ngaju Traditional Culture for Children (Case Study of SMPN 3 Palangka Raya)
DOI:
https://doi.org/10.33084/jsakti.v5i1.4224Keywords:
Indigenous Dayak Ngaju, Information Media, Macromedia Flash, Junior High School StudentsAbstract
Teknologi komputer dapat menjadi bahan untuk media pembelajaran agar dapat memudahkan tenaga pengajar dalam menyampaikan, memberikan dan menjelaskan tentang materi pelajaran yang akan dibahas. Diantaranya melalui pemrograman dan aplikasi yang ada, komputer mampu mem-visualisasikan materi-materi pelajaran yang sulit untuk disajikan, terutama mengenai kebudayaan adat dayak, dalam proses pengenalan adat budaya dayak ngaju. Karena semakin berkurangnya suku asli dayak di Kalimantan Tengah yang masih mempertahankan dan melestarikan budaya dayak maka perlu dibangun program animasi pengenalan adat dayak ngaju yang akan dibuat secara menarik dengan menggunakan program Adobe Photoshop dan CorelDRAW yang kemudian dipadukan dalam program Macromedia Flash yang bertujuan supaya para siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dapat belajar mengenal, menghargai bahkan mencintai budaya lokal atau budaya leluhurnya. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana merancang dan membangun suatu media informasi pengenalan budaya adat dayak Kalimantan Tengah pada anak-anak SMP. Penelitian ini telah menghasilkan aplikasi media informasi pengenalan budaya adat dayak Kalimantan Tengah yang dipergunakan oleh guru muatan lokal SMP Negeri 3 Palangka Raya Kelas VII sampai IX.
Downloads
References
Guritno, Suryo dkk. 2011. Theory and Application of IT Research. Metodologi Penelitian Teknologi Informasi. Andi Yogyakarta, Yogyakarta.
Ichsan, M., Sam’ani, S., Haris, F., & Qamaruzzaman, M. H. (2021). Rancang Bangun Digital Signage Sebagai Papan Informasi Digital Masjid Di Kota Palangka Raya Berbasis Web Responsive. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 4(1), 50–55. https://doi.org/10.33084/jsakti.v4i1.2591.
Qamaruzzaman, M, H., Sutami, S., & Sam’ani, S. (2021). Rancang bangun informasi obat tradisional kalimantan dengan permodelan air terjun berbasis android. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 10(1), 80-89. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v10i1.2567
Sam’ani, S., Annisa, S., & Heri, H. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Pengawasan Dan Pengendalian Komputer Laboratorium Multimedia STMIK Palangkaraya. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 1(1), 33–38. https://doi.org/10.33084/jsakti.v1i1.548
Sam’ani, S., Rosmiati, R., & Haris, F. (2021). Rancang Bangun Sistem Penjualan Berbasis Web (Studi Kasus Toko Fauzi Palangka Raya): Design and Build a Web-Based Sales System (Case Study of Fauzi Palangka Raya Stores). Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 3(2), 51–55. https://doi.org/10.33084/jsakti.v3i2.2197.
Sam’ani, Sutami and Qamaruzzaman, M. H. (2019). Implementasi Aplikasi Pembelajaran Untuk Anak Berbasis Android. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 2 No 2, p. 106. doi: 10.31604/jpm.v2i2. 106-110.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rosmiati, Susi Hendartie, Bayu Pratama Nugroho, Sam'ani, Rudini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.