ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN PASIEN PADA UPT PUSKESMAS TEWAH BERBASIS WEB MOBILE

Analysis and Design of Mobile Web-Based Information System of Patient Registration at UPT Puskesmas Tewah

Authors

  • Agung Prabowo STMIK Palangkaraya
  • Herkules Herkules STMIK Palangkaraya
  • Yabesasi Yabesasi STMIK Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsakti.v5i2.5090

Keywords:

Analisis, Perancangan, Sistem Informasi, Pendaftaran Pasien, Web Mobile

Abstract

Saat  ini proses pelayanan kesehatan dalam pendaftaran pasien belum menggunakan sistem pada saat pendaftaran pasien di UPT Puskesmas Tewah cukup lama dikarenakan masih menggunakan konvensional. Pasien harus meminta formulir pendaftaran dan mengisi formulir pendaftaran secara konvensional dan harus menunggu antrian, yang tentunya membuat antrian panjang dan lama dan membutuhkan proses waktu yang tidak efisien. Masalah yang dihadapi oleh UPT. Puskemas Tewah ini adalah para petugas harus mencatat laporan data pasien kedalam buku jurnal sehingga bisa saja data-data tersebut tercecer atau hilang. Metode yang digunakan pada penelitian ini meliputi metode observasi, metode wawancara, metode kepustakaan, metode dokumentasi, dan metode kuesioner dengan menggunakan skala likert. Hasil dari penelitian ini menghasilkan sebuah rancangan sistem informasi pendaftaran pasien yang dijadikan sebagai pertimbangan untuk membuat atau membangun sistem nantinya. Berdasarkan hasil kuisioner penilaian responden terhadap rancangan sistem informasi ini didapatkan nilai interpretasi sebesar 93,07% yang dimana dapat diasumsikan bahwa rancangan ini dapat diterima dengan  baik oleh pihak-pihak.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Agung Prabowo, STMIK Palangkaraya

Herkules Herkules, STMIK Palangkaraya

Yabesasi Yabesasi, STMIK Palangkaraya

References

Akbar, M. A., 2019. Konsep-konsep Dasar dalam Keperawatan Komunitas. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Andoyo, A., Baba, J. A., Maghrifa & Sari, D. N., 2020. Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Puskesmas Wates Kabupaten Berbasis Android. Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi.

Anggito, A. & Seiawan, J., 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jln. Bojong genteng Nomor 18, Kec. Bojong genteng Kab. Sukabumi, Jawa Barat: CV Jejak.

Anggraeni, R., 2019. Mutu Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas. Yogyakarta: DEEPUBLISH. Arba & Mulada, D. A., 2020. Hukum Hak Tanggunan. Jakarta Timur: Sinar Grafika.

Destriana, R. & dkk, 2021. Diagram UML Dalam Aplikasi Android Firebase "Studi Aplikasi Bank Sampah". Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Fitri, R., 2020. Pemograman Basis Data Menggunakan MYSQL. Banjarmasin Utara: POLIBAN PRESS .

Ginting, G. et al., 2022. Sistem Informasi. s.l.:Yayasan Kita Menulis.

Goda, M. M., Roziqin, M. C., Farlinda, S. & Wicaksono, A. P., 2020. Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Berbasis Web Dengan Fingerprint di Puskesmas. Jurnal FASILKOM.

Gustina, D. & Novianti, R. P., 2018. Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Berbasis Web Pada Rumah Sakit Rawamangun.

Harahap & Hanum, S., 2018. Analisis Pembelaran Sistem Akuntansi Menggunakan Draw.io Sebagai Perancangan Diagram Alir. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Herlinah & Musliadi, 2019. Pemograman Aplikasi Android dengan Android Studio, Photoshop, dan Audition. Jakarta: PT Elex Komputindo.

Hidayat, F., 2019. Konsep Dasar Sistem Informasi Kesehatan. Yogyakarta: DEEPUBLISH. Karman, J., Mulyono, H. & Martadinata, A. T., 2019. Sistem Informasi Geografis Berbasis Android Studi Kasus Aplikasi SIG Pariwisata. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Downloads

Published

2023-06-07

How to Cite

Prabowo, A., Herkules, H., & Yabesasi, Y. (2023). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN PASIEN PADA UPT PUSKESMAS TEWAH BERBASIS WEB MOBILE: Analysis and Design of Mobile Web-Based Information System of Patient Registration at UPT Puskesmas Tewah. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 5(2), 41–46. https://doi.org/10.33084/jsakti.v5i2.5090

Most read articles by the same author(s)