Kerangka Kerja Pelatihan Cybersecurity Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama dan Atas (SMP-SMA)
Cybersecurity Training Framework for Junior and Senior High School Students
DOI:
https://doi.org/10.33084/jsakti.v4i1.3071Keywords:
cybersecurity, keamanan, pelatihan, siswa SMP, siswa SMAAbstract
Semua remaja usia SMP – SMA harus memiliki pengetahuan tentang cybersecurity yaitu tingkat keamanan dalam menggunakan teknologi Internet baik melalui PC maupun perangkat mobile lainnya. Cybersecurity adalah upaya untuk melindungi informasi dari adanya cyber attack, yaitu semua jenis tindakan untuk mengganggu kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity), dan ketersedian (availability) informasi secara sengaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan kerangka kerja yang tepat dalam memberikan pelatihan kepada siswa SMP dan SMA tentang cybersecurity, yang nantinya setelah dianalisis dan disusun kerangkanya, akan muncul adanya program pelatihan cybersecurity. Program tersebut dikhususkan berkonsentrasi pada keamanan identitas baik secara pribadi, keluarga maupun institusi. Metode penelitian ini adalah mix methods antara survey kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini akan diadakan dengan cara melakukan survey dan uji coba pelatihan kepada siswa SMP dan SMA di Palangka Raya tentang penggunaan internet yang meliputi fasilitas email, social media, dan platform digital lainnya dengan memperhatikan aspek keamanan informasi dan data pribadi. Output dari penelitian ini adalah kerangka pelatihan cybersecurity awareness sebagai bahan pelengkap dalam kurikulum dalam pendidikan SMP dan SMA.
Downloads
References
Manoharan, A.P., et.al., (2020) "Globalization And Worldwide Best Practices In E-Government," International Journal Of Public Administration, Pp. 1-12, 2020.
Umanailo, M. C. B., Et Al., (2019), "Cybercrime Case As Impact Development Of Communication Technology That Troubling Society," Int. J. Sci. Technol. Res, Vol. 8, No. 9, Pp. 1224-1228, 2019.
Shahin, E. (2017), "Is Wifi Worth It: The Hidden Dangers Of Public Wifi," Catholic University Journal Of Law And Technology, Vol. 25, No. 1, P. 7, 2017.
Btoush, M., et.al. (2011), "Increasing Information Security Inside Organizations Through Awareness Learning For Employees," Journal Of Theoretical & Applied Information Technology, Vol. 24, No. 2, 2011.
Persadha, P. D., et.al. (2016), "How Inter-Organizational Knowledge Sharing Drives National Cyber Security Awareness?: A Case Study In Indonesia," In 2016 18th International Conference On Advanced Communication Technology (Icact), 2016: Ieee, Pp. 550-555.
Tayibnapis, A. Z., et.al, (2018), "The Development Of Digital Economy In Indonesia," Ijmbs International Journal Of Management And Business Studies, Vol. 8, No. 3, Pp. 14-18, 2018.
Broadhurst R. and Chang, L. Y., (2013) "Cybercrime In Asia: Trends And Challenges," In Handbook Of Asian Criminology: Springer, 2013, Pp. 49-63.
Saputra, R. W., (2016), "A Survey Of Cyber Crime In Indonesia," In 2016 International Conference On Ict For Smart Society (Iciss), 2016: Ieee, Pp. 1-5.
Wisnumurti, A. A. G. O., et.al., (2018) "Government Policy Of Indonesia To Managing Demographic Bonus And Creating Indonesia Gold In 2045," Journal Of Humanities And Social Science (Iosr-Jhss), Vol. 23, No. 1, Pp. 23-34, 2018.
Prabowo,A., Kaestria, R., and Windiarti, I.S., (2020) "Students’ Engagement In Cyber Security Knowledgeability." International Journal Of Advanced Science And Technology , Vol 29 No 04 (2020).
Windiarti, I. S. (2021). Kajian Literatur Trend Penelitian Di Bidang Informatika Dan Komputer Untuk Dosen Dan Mahasiswa. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 3(2), 114-118. https://doi.org/10.33084/jsakti.v3i2.2299
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.