PERANCANGAN SOFTWARE AS A SERVICE (SAAS) UNTUK SISTEM PELAYANAN JASA LAUNDRY BERBASIS CLOUD COMPUTING PADA NIZAR LAUNDRY

Design Of Software As A Service (Saas) For Cloud Computing-Based Laundry Service System At Nizar Laundry

Authors

  • Samsuri Samsuri STMIK Indonesia Banjarmasin
  • Akhmad Syarif STMIK Indonesia Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsakti.v5i2.5115

Keywords:

SaaS, Laundry, Web, Cloud Computing

Abstract

Saat ini sistem pelayanan jasa Laundry yang digunakan Nizar Laundry memiliki kekurangan dari segi fitur. Peniliti juga menambahkan teknologi baru yaitu Cloud Computing dengan metode yang di ambil Software As a Service (SaaS) dengan tujuan memudahkan pengusahan laundry untuk menggunakan sistem ini juga dan pelanggan bisa mencari laundry dari 1 sistem atau 1 aplikasi saja, tidak perlu download, install atau mengunjungi lebih dari 1 sistem/website. Metode yang digunakan adalah analisis layanan (proses) bisnis dan analisi kebutuhan sistem dengan tujuan adalah menyesuaikan kebutuhan yang di alami pihak laundry terkhusus di Nizar Laundry. Dari hasil yang di dapat pada penelitian ini telah ditentukan beberapa fitur yang perlu ditambahkan dari sistem yang saat ini digunakan serta perubahaan infrastruktur untuk menunjang penggunaan Cloud Computing SaaS. Kesimpulan yang di dapat bahwa tambahan sistem yang telah dirancang oleh peniliti telah diterima dan didukung oleh pihak Nizar Laundry. Untuk itu semoga penelitian selanjutnya bisa menerapkan sistem ini dan di gunakan oleh pihak laundry lainnya sehingga didapat response secara luas serta tambahan sistem pencarian automatis lokasi laundry terdekat dari posisi pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Samsuri Samsuri, STMIK Indonesia Banjarmasin

Akhmad Syarif, STMIK Indonesia Banjarmasin

References

Simargolang, Muhammad Yasin dan Nasution, Nurmala (2018). Aplikasi Pelayanan Jasa Laundry Berbasis Web (Studi Kasus : Pelangi Laundry Kisaran). Jurnal Teknolog Informasi.

Allo, Delianti Ningsih., Firman dan Ihsan, Muhammad. (2021). Perancangan Sistem Informasi Laundry Berbasis Web pada Laundry Dian Menggunakan PHP dan Mysql. Jurnal PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi).

Jatmika, Andy Hidayat., Afwani, Royana., Agitha, Nadiyasari. (2019). Perancangan Software As a Service (SAAS) Untuk Sistem Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (PKIA) Pada Puskesmas se-Kota Mataram Berbasis Cloud Computing. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK).

Ardini, I.G.A Ari dan Masakazu, Kadek. (2020). Analisis Implementasi Software As a Service Pada Industri Perhotelan Daerah Bali. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika.

Bradshaw, Simon., Millard, Christopher dan Walden, Ian. (2010). Contracts for Clouds: Comparison and Analysis of the Terms and Conditions of Cloud Computing Services. Centre for Commercial Law Studies.

Sandanayake, T.C dan Jayangani, P.G.C. (2018). Current Trends in Software as a Service (SaaS). International Journal for Innovation Education and Research.

Utomo, Andy Prasetyo. (2015). Penerapan Konsep SaaS (Software As a Service) Pada Aplikasi Penggajian. Jurnal SIMETRIS

Ratsanjani, M. Hasyim., Risnandari, Isma Fitria., dan Sulaiman, Thrisya Widya. (2022). Literatur Review: Peran Aplikasi SAAS Dalam Kegiatan Bisnis E-Commerce. SINOMIKA Journal.

Downloads

Published

2023-05-08

How to Cite

Samsuri, S., & Syarif, A. (2023). PERANCANGAN SOFTWARE AS A SERVICE (SAAS) UNTUK SISTEM PELAYANAN JASA LAUNDRY BERBASIS CLOUD COMPUTING PADA NIZAR LAUNDRY: Design Of Software As A Service (Saas) For Cloud Computing-Based Laundry Service System At Nizar Laundry. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 5(2), 79–83. https://doi.org/10.33084/jsakti.v5i2.5115