PERANCANGAN APLIKASI E-MODUL PERKULIAHAN PADA FAKULTAS USHULUDDIN, ADAB DAN DA’WAH IAIN PALANGKA RAYA
DOI:
https://doi.org/10.33084/jsakti.v6i1.6450Keywords:
Sistem Informasi, Aplikasi, E-Modul, AndroidAbstract
Berkembangnya Ilmu pengetahuan serta teknologi yang begitu pesat berdampak pada perubahan dalam berbagai bidang, tanpa terkecuali pada sistem komunikasi. Dengan lajunya perubahan kemajuan yang terjadi menuntut adanya penyesuaian agar dapat selalu belajar dan update dengan lajunya perkembangan teknologi. Perkembangan ini juga terlihat pada pemanfaatan Aplikasi mobile yang sampai saat ini digunakan hampir di semua bidang, salah satunya bidang pendidikan yang digunakan sebagai media ajar. Aplikasi mobile sebagai media pembelajaran banyak digunakan dan dimanfaatkan oleh para pendidik, terlebih lagi pada masa pandemi Covid-19 saat ini yang mengharuskan proses belajar mengajar dilakukan secara tidak langsung untuk tatap muka. Pembelajaran daring sendiri sebenarnya sudah ada sejak lama, namun belum dimanfaatkan secara maksimal oleh para pendidik. Termasuk pemanfaatan aplikasi mobile yang khusus dalam menyajikan ataupun mencari materi ajar. Penelitian pengembangan e-modul berbasis mobile ini perlu dilakukan, yaitu untuk mempermudah pendidik maupun peserta didik untuk mengakses akses materi belajar, yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja selama perangkat terhubung dengan internet, khususnya untuk dosen dan mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah IAIN Palangka Raya dengan memanfaatkan aplikasi mobile pada platform android. Pengembangan Sistem ini menggunakan jenis penelitian Rekayasa Forward Engineering: dimana pengembangan dilakukan menggunakan Life cycle yang dimulai dari tahapan plan, analysis, construct, hingga applied, atau pada tahapan-tahapan rekayasa tersebut dilakukan kustomisasi menjadi lebih singkat, tetapi secara prinsip tetap berdasarkan pada siklus hidup secara life cycle.
Downloads
References
Hamalik, O. (1977). Media pendidikan. Penerbit Alumni, Bandung. https://books.google.co.id/books?id=aOojngAACAAJ
Ikrima Nuha Arifin, Herman Tolle, & Retno Indah Rokhmawati. (2019). Evaluasi dan Perancangan User Interface untuk Meningkatkan User Experience menggunakan Metode Human-Centered Design dan Heuristic Evaluation pada Aplikasi Ezyschool. 3(2).
Istiyanto, J. E. (2009). Karakteristik metodologi penelitian bidang ilmu komputer (ik) berlandaskan pendekatai positivistik. Jurnal sains dan matematika, 17(2), Article 2.
Putra, D. W. T., & Andriani, R. (2019). Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD. Jurnal Teknoif ITP, 7(1), Article 1.
Putra, H. N. (2018). Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) dalam Perancangan Aplikasi Data Pasien Rawat Inap pada Puskesmas Lubuk Buaya. Sinkron : Jurnal Dan Penelitian Teknik Informatika, 2(2), Article 2.
Setiawan, R. (2021, October 1). Konsep Agile pada Software Development. Dicoding Blog. https://www.dicoding.com/blog/konsep-agile-pada-software-development/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Heri Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.