PERANCANGAN APLIKASI E-MODUL PERKULIAHAN PADA FAKULTAS USHULUDDIN, ADAB DAN DA’WAH IAIN PALANGKA RAYA

Authors

  • Heri Setiawan Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsakti.v6i1.6450

Keywords:

Sistem Informasi, Aplikasi, E-Modul, Android

Abstract

Berkembangnya Ilmu pengetahuan serta teknologi yang begitu pesat berdampak pada perubahan dalam berbagai bidang, tanpa terkecuali pada sistem komunikasi. Dengan lajunya perubahan kemajuan yang terjadi menuntut adanya penyesuaian agar dapat selalu belajar dan update dengan lajunya perkembangan teknologi. Perkembangan ini juga terlihat pada pemanfaatan Aplikasi mobile yang sampai saat ini digunakan hampir di semua bidang, salah satunya bidang pendidikan yang digunakan sebagai media ajar. Aplikasi mobile sebagai media pembelajaran banyak digunakan dan dimanfaatkan oleh para pendidik, terlebih lagi pada masa pandemi Covid-19 saat ini yang mengharuskan proses belajar mengajar dilakukan secara tidak langsung untuk tatap muka. Pembelajaran daring sendiri sebenarnya sudah ada sejak lama, namun belum dimanfaatkan secara maksimal oleh para pendidik. Termasuk pemanfaatan aplikasi mobile yang khusus dalam menyajikan ataupun mencari materi ajar. Penelitian pengembangan e-modul berbasis mobile ini perlu dilakukan, yaitu untuk mempermudah pendidik maupun peserta didik untuk mengakses akses materi belajar, yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja selama perangkat terhubung  dengan internet, khususnya untuk dosen dan mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah IAIN Palangka Raya dengan memanfaatkan aplikasi mobile pada platform android. Pengembangan Sistem ini menggunakan jenis penelitian Rekayasa Forward Engineering: dimana pengembangan dilakukan menggunakan Life cycle yang dimulai dari tahapan plan, analysis, construct, hingga applied, atau pada tahapan-tahapan rekayasa tersebut dilakukan kustomisasi menjadi lebih singkat, tetapi secara prinsip tetap berdasarkan pada siklus hidup secara life cycle.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Heri Setiawan, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

References

Hamalik, O. (1977). Media pendidikan. Penerbit Alumni, Bandung. https://books.google.co.id/books?id=aOojngAACAAJ

Ikrima Nuha Arifin, Herman Tolle, & Retno Indah Rokhmawati. (2019). Evaluasi dan Perancangan User Interface untuk Meningkatkan User Experience menggunakan Metode Human-Centered Design dan Heuristic Evaluation pada Aplikasi Ezyschool. 3(2).

Istiyanto, J. E. (2009). Karakteristik metodologi penelitian bidang ilmu komputer (ik) berlandaskan pendekatai positivistik. Jurnal sains dan matematika, 17(2), Article 2.

Putra, D. W. T., & Andriani, R. (2019). Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD. Jurnal Teknoif ITP, 7(1), Article 1.

Putra, H. N. (2018). Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) dalam Perancangan Aplikasi Data Pasien Rawat Inap pada Puskesmas Lubuk Buaya. Sinkron : Jurnal Dan Penelitian Teknik Informatika, 2(2), Article 2.

Setiawan, R. (2021, October 1). Konsep Agile pada Software Development. Dicoding Blog. https://www.dicoding.com/blog/konsep-agile-pada-software-development/

Downloads

Published

2023-11-18

How to Cite

Setiawan, H. (2023). PERANCANGAN APLIKASI E-MODUL PERKULIAHAN PADA FAKULTAS USHULUDDIN, ADAB DAN DA’WAH IAIN PALANGKA RAYA. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 6(1), 102–108. https://doi.org/10.33084/jsakti.v6i1.6450