Perancangan Sistem Data Pendukung Akreditasi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Da’wah IAIN Palangka Raya

Design Of A Supporting Data System For Accreditation Of The Faculty Of Ushuluddin, Adab, And Da'wah IAIN Palangka Raya

Authors

  • Heri Setiawan Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Sulistyowati Sulistyowati Program Studi Teknik Informatika (STMIK) Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsakti.v4i2.3655

Keywords:

Sistem Informasi, Google drive

Abstract

Analisis perancangan sistem informasi berbasis web dan pemanfaatan Google Drive API (Application Programming Interface) sebagai storage/database file digital dokumen data dukung akreditasi pelengkap borang. Perancangan Sistem ini dibuat untuk memudahkan dalam implementasi ke dalam program agar dapat dimanfaatkan untuk penyedia dokumen digital data dukung borang akreditasi. Pada Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) bukti-bukti yang ada masih dalam bentuk fisik sehingga sering sulit menemukan dokumen fisik karena dokumen-dokumen yang ada tidak terorganisir dengan baik. Aplikasi ini nantinya akan terintegrasi dengan google drive dengan memanfaatkan API Google Drive, karena institusi berlangganan layanan cloud Google Suite sehingga aplikasi berbasis web ini nantinya akan mengintegrasikan Google drive untuk memanfaatkan layanan penyimpanan yang sudah di langgan institusi. Tujuan membuat perancangan sistem informasi ini adalah untuk memberikan kemudahan dalam mengimplementasikan ke dalam sistem secara nyata sehingga nantinya proses pencarian data dukung borang akreditasi bisa lebih terstruktur, praktis, dan mudah diakses kapanpun dan dimanapun. Perancangan Sistem ini dibuat dengan menggunakan UML, yang mana dimaksdkan agar memudahkan dalam mengimplementasikan ke dalam program yang sesuai dengan perancangan yang telah dibuat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Heri Setiawan, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Sulistyowati Sulistyowati, Program Studi Teknik Informatika (STMIK) Palangkaraya

References

Belluano, P. L. L. (2017). PENERAPAN SISTEM REPLIKASI DAN INTEGRASI BASIS DATA TERDISTRIBUSI PADA PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI (PDPT). ILKOM Jurnal Ilmiah, 9(1), 42–48. https://doi.org/10.33096/ilkom.v9i1.108.42-48
Ikrima Nuha Arifin, Herman Tolle, & Retno Indah Rokhmawati. (2019). Evaluasi dan Perancangan User Interface untuk Meningkatkan User Experience menggunakan Metode Human-Centered Design dan Heuristic Evaluation pada Aplikasi Ezyschool. 3(2).
Kamal, B., & Rahmadiane, G. D. (2017). Pengaruh Persepsi, Akreditasi Prodi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Memilih Program Studi Akuntansi Pada Politeknik Harapan Bersama. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 1(2), 145–158. https://doi.org/10.33603/jibm.v1i2.866
KEMENRISTEKDIKTI. (2016). Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. In Kemenristekdikti.
Mashuri, M. (2020). Implementasi Sistem Database Terdistribusi Dengan Metode Partial Replication. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 3(2), 113–120. https://doi.org/10.31539/intecoms.v3i2.1582
Nugroho, A. (2019). PELATIHAN PEMANFAATAN GOOGLE DRIVE UNTUK MANAJEMEN DOKUMEN DAN FILE DI PEMERINTAHAN DESA SIDOWANGI KABUPATEN MAGELANG. PROSIDING SEMINAR HASIL PENGABDIAN MASYARAKAT, 0(0), 25–30.
Putra, D. W. T., & Andriani, R. (2019). Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD. Jurnal Teknoif ITP, 7(1), 32–39.
Putra, H. N. (2018). Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) dalam Perancangan Aplikasi Data Pasien Rawat Inap pada Puskesmas Lubuk Buaya. Sinkron : Jurnal Dan Penelitian Teknik Informatika, 2(2), 67–77.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Setiawan, H., & Sulistyowati, S. (2022). Perancangan Sistem Data Pendukung Akreditasi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Da’wah IAIN Palangka Raya: Design Of A Supporting Data System For Accreditation Of The Faculty Of Ushuluddin, Adab, And Da’wah IAIN Palangka Raya. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 4(2), 73–77. https://doi.org/10.33084/jsakti.v4i2.3655

Most read articles by the same author(s)