PENERAPAN END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) DALAM EVALUASI KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE PENERIMAAN MAHASISWA BARU
Application of End User Computing Satisfaction (EUCS) in User Satisfaction Evaluation of New Student Admission Website
Keywords:
Evaluasi, EUCS, PMB, websiteAbstract
Universitas Widya Dharma Pontianak merupakan perguruan tinggi yang dalam pelaksanaan segala proses bisnisnya telah memanfaatkan bantuan teknologi informasi, salah satunya yakni pada proses penerimaan mahasiswa baru (PMB). Adapun teknologi yang berbasis website tersebut telah digunakan dan memberikan kepuasan bagi pihak perguruan tinggi karena mempermudah proses penyajian informasi serta pengelolaan data yang berkaitan dengan penerimaan mahasiswa baru. Namun jika dilihat dari perspektif mahasiswa baru sendiri, penggunaan website tersebut belum pernah dievaluasi sehingga belum diketahui tingkat kepuasannya. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahui hal tersebut sehingga dapat memberikan rekomendasi untuk peningkatan fungsi dan layanan dari website PMB. Evaluasi yang dilakukan menerapkan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dengan melibatkan 292 responden dari pengguna website yang merupakan mahasiswa baru pada periode tahun akademik 2024/2025. Berdasarkan hasil perhitungan TCR diketahui bahwa rerata nilai TCR dari setiap dimensi berada di atas 81% dan termasuk dalam kategori sangat tinggi, sehingga lima (5) hipotesis yang dibangun yaitu H1, H2, H3, H4 dan H5 yang masing-masing menyatakan bahwa hasil perhitungan nilai TCR dari dimensi konten, akurasi, format, kemudahan penggunaan dan ketepatan waktu termasuk dalam skala kategori sangat tinggi disimpulkan dapat diterima. Hasil tersebut menggambarkan persepsi positif dari para responden yang berarti bahwa tingkat kepuasaan responden sangat tinggi terhadap website PMB, sehingga website tersebut dianggap sangat berguna dan sangat layak untuk digunakan.
Downloads
References
APJII. (2022). Profil Internet Indonesia 2022”, June 2022, [Online]. Available: https://survei.apjii.or.id/ [Retrieved: 25 July 2024].
Bevan, N. (2001). International Standards for HCI and Usability. International Journal Human-Computer Studies, vol. 55, issue 4. Edisi Oktober 2001. Hal. 533-552. DOI: https://doi.org/10.1006/ijhc.2001.0483.
Doll, W.J. and Torkzadeh, G. (1988). The Measurement of End-User Computing Satisfaction. MIS Quarterly, vol. 12, no. 2, Hal. 259-274. DOI: https://doi.org/10.2307/248851.
Doll, W.J., Xiadong, D., Raghunathan, T.S., Torkzadeh, G., and Xia, W. (2004). The Meaning and Measurement of User Satisfaction: a Multigroup Invariance Analysis of the End-User Computing Satisfaction Instrument. Journal of Management Information Systems, vol. 21, no. 1, Edisi online Desember 2014. Hal. 227-262. DOI: https://doi.org/10.1080/07421222.2004.11045789.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptabudi, F.M.H., Igon, S.S. dan Bernardino, R. (2018). Evaluation Of User Satisfaction For Passer Border Information System: The State Of Indonesia And Timor-Leste. Jurnal Sistem Informasi (Journal of Information System), volume 14, issue 1, Edisi April 2018. Hal. 9-14.
Tjiptabudi, F.M.H. dan Bernardino, R. (2021). Indonesia Terrestrial Border Control Information System And Business Processes Alignment. International Journal of Business Process Integration and Management, vol. 10, no. 1, Edisi Februari 2021. Hal. 51-61. DOI: https://doi.org/10.1504/IJBPIM.2020.113114.
Tjiptabudi, F.M.H. dan Ndaumanu, R.I. (2021). Penerapan Metode Hot-Fit Dalam Evaluasi iClass Sebagai Media Pembelajaran Daring. Jurnal Sains Komputer dan Teknologi Informasi, Vol 4, No.1, Edisi November 2021. Hal. 27-34. DOI: https://doi.org/10.33084/jsakti.v4i1.2796.
Tjiptabudi, F.M.H. (2021). Analisis Kekayaan Media Dan Kegunaan Sistem Layanan Aspirasi Dan Informasi. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, vol. 3, no. 2, Edisi Mei 2021. Hal. 18-28. DOI: https://doi.org/10.33084/jsakti.v3i2.2229.
Tyrvăinen, P., Păivărinta, T., Salminen, A. and Livari, J. (2006). Characterizing the Evolving Research on Enterprise Content Management. European Journal of Information Systems, vol. 15, no. 6, Edisi online Desember 2017. Hal 627–634. DOI: https://doi.org/10.1057/palgrave.ejis.3000648.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andhika Adnan, Ricky Imanuel Ndaumanu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.