PENERAPAN END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) DALAM EVALUASI KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Application of End User Computing Satisfaction (EUCS) in User Satisfaction Evaluation of New Student Admission Website

Authors

  • Andhika Adnan Universitas Widya Dharma Pontianak
  • Ricky Imanuel Ndaumanu Universitas Widya Dharma Pontianak

Keywords:

Evaluasi, EUCS, PMB, website

Abstract

Universitas Widya Dharma Pontianak merupakan perguruan tinggi yang dalam pelaksanaan segala proses bisnisnya telah memanfaatkan bantuan teknologi informasi, salah satunya yakni pada proses penerimaan mahasiswa baru (PMB). Adapun teknologi yang berbasis website tersebut telah digunakan dan memberikan kepuasan bagi pihak perguruan tinggi karena mempermudah proses penyajian informasi serta pengelolaan data yang berkaitan dengan penerimaan mahasiswa baru. Namun jika dilihat dari perspektif mahasiswa baru sendiri, penggunaan website tersebut belum pernah dievaluasi sehingga belum diketahui tingkat kepuasannya. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahui hal tersebut sehingga dapat memberikan rekomendasi untuk peningkatan fungsi dan layanan dari website PMB. Evaluasi yang dilakukan menerapkan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dengan melibatkan 292 responden dari pengguna website yang merupakan mahasiswa baru pada periode tahun akademik 2024/2025. Berdasarkan hasil perhitungan TCR diketahui bahwa rerata nilai TCR dari setiap dimensi berada di atas 81% dan termasuk dalam kategori sangat tinggi, sehingga lima (5) hipotesis yang dibangun yaitu H1, H2, H3, H4 dan H5 yang masing-masing menyatakan bahwa hasil perhitungan nilai TCR dari dimensi konten, akurasi, format, kemudahan penggunaan dan ketepatan waktu termasuk dalam skala kategori sangat tinggi disimpulkan dapat diterima. Hasil tersebut menggambarkan persepsi positif dari para responden yang berarti bahwa tingkat kepuasaan responden sangat tinggi terhadap website PMB, sehingga website tersebut dianggap sangat berguna dan sangat layak untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Andhika Adnan, Universitas Widya Dharma Pontianak

Ricky Imanuel Ndaumanu, Universitas Widya Dharma Pontianak

References

APJII. (2022). Profil Internet Indonesia 2022”, June 2022, [Online]. Available: https://survei.apjii.or.id/ [Retrieved: 25 July 2024].

Bevan, N. (2001). International Standards for HCI and Usability. International Journal Human-Computer Studies, vol. 55, issue 4. Edisi Oktober 2001. Hal. 533-552. DOI: https://doi.org/10.1006/ijhc.2001.0483.

Doll, W.J. and Torkzadeh, G. (1988). The Measurement of End-User Computing Satisfaction. MIS Quarterly, vol. 12, no. 2, Hal. 259-274. DOI: https://doi.org/10.2307/248851.

Doll, W.J., Xiadong, D., Raghunathan, T.S., Torkzadeh, G., and Xia, W. (2004). The Meaning and Measurement of User Satisfaction: a Multigroup Invariance Analysis of the End-User Computing Satisfaction Instrument. Journal of Management Information Systems, vol. 21, no. 1, Edisi online Desember 2014. Hal. 227-262. DOI: https://doi.org/10.1080/07421222.2004.11045789.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptabudi, F.M.H., Igon, S.S. dan Bernardino, R. (2018). Evaluation Of User Satisfaction For Passer Border Information System: The State Of Indonesia And Timor-Leste. Jurnal Sistem Informasi (Journal of Information System), volume 14, issue 1, Edisi April 2018. Hal. 9-14.

Tjiptabudi, F.M.H. dan Bernardino, R. (2021). Indonesia Terrestrial Border Control Information System And Business Processes Alignment. International Journal of Business Process Integration and Management, vol. 10, no. 1, Edisi Februari 2021. Hal. 51-61. DOI: https://doi.org/10.1504/IJBPIM.2020.113114.

Tjiptabudi, F.M.H. dan Ndaumanu, R.I. (2021). Penerapan Metode Hot-Fit Dalam Evaluasi iClass Sebagai Media Pembelajaran Daring. Jurnal Sains Komputer dan Teknologi Informasi, Vol 4, No.1, Edisi November 2021. Hal. 27-34. DOI: https://doi.org/10.33084/jsakti.v4i1.2796.

Tjiptabudi, F.M.H. (2021). Analisis Kekayaan Media Dan Kegunaan Sistem Layanan Aspirasi Dan Informasi. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, vol. 3, no. 2, Edisi Mei 2021. Hal. 18-28. DOI: https://doi.org/10.33084/jsakti.v3i2.2229.

Tyrvăinen, P., Păivărinta, T., Salminen, A. and Livari, J. (2006). Characterizing the Evolving Research on Enterprise Content Management. European Journal of Information Systems, vol. 15, no. 6, Edisi online Desember 2017. Hal 627–634. DOI: https://doi.org/10.1057/palgrave.ejis.3000648.

Downloads

Published

2024-11-12

How to Cite

Adnan, A., & Ndaumanu, R. I. (2024). PENERAPAN END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) DALAM EVALUASI KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE PENERIMAAN MAHASISWA BARU: Application of End User Computing Satisfaction (EUCS) in User Satisfaction Evaluation of New Student Admission Website. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 7(1), 41–46. Retrieved from https://journal.umpr.ac.id/index.php/jsakti/article/view/8598