Penerapan Metode Hot-Fit Dalam Evaluasi Iclass Sebagai Media Pembelajaran Daring

Authors

  • Fransiskus Mario Hartono Tjiptabudi STIKOM Uyelindo Kupang
  • Ricky Imanuel Ndaumanu Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Widya Dharma Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsakti.v4i1.2796

Keywords:

E-Learning, Model HOT-Fit, Perkuliahan daring, TCR

Abstract

iClass sebagai sistem e-learning yang baru dibangun dan diterapkan pada masa pandemi untuk mengakomodir kebutuhan proses perkuliahan di STIKOM Uyelindo Kupang layaknya harus dievaluasi dari berbagai aspek. Salah satunya yakni aspek keberhasilan penerapannya sehingga tujuan untuk memperoleh rekomendasi yang lengkap untuk perbaikan dan pengembangan iClass dapat tercapai. Penelitian ini dilakukan di STIKOM Uyelindo Kupang dengan responden sebanyak 270 orang mahasiswa. Adapun teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner berdasarkan model HOT-Fit dan dibagikan secara daring pada responden secara acak. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa jawaban kuesioner yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif menggunakan rumus tingkat capaian responden (TCR). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa TCR dari semua dimensi yang dievaluasi memperoleh nilai pada kisaran 82% hingga 88% dan termasuk dalam kategori sangat tinggi, hal ini berarti bahwa penerapan iClass sebagai media perkuliahan daring sangat sukses. Akan tetapi hasil tersebut belum sempurna dan masih terdapat celah-celah kekurangan yang harus diperbaiki pada masa mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fransiskus Mario Hartono Tjiptabudi, STIKOM Uyelindo Kupang

Ricky Imanuel Ndaumanu, Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Widya Dharma Pontianak

References

Ayuardini, M., Ridwan, A., Sistem, J., Bisnis, I., & Rekayasa, D. 2019. Implementasi Metode Hot Fit pada Evaluasi Tingkat Kesuksesan Sistem Pengisian KRS Terkomputerisasi. Faktor Exacta, 12(2), 122–131. https://doi.org/10.30998/faktorexacta.v12i2.3639.
Dirjen Kekayaan Intelektual. (2020). Dokumen Pencatatan Ciptaan iClass, Nomor Permohonan EC00202020271. Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.
Erimalata, S. 2016. Pendekatan Hot-Fit Framework dalam Generalized Structural Component Analysis pada Sistem Informasi Manajemen Barang Milik Daerah: Sebuah Pengujian Efek Resiprokal. Jurnal Akuntansi Dan Investasi, 17(2), 141–157. https://doi.org/10.18196/jai.2016.0051.141-157.
Jayusman, I., & Shavab, O.A.K. 2020. Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180.
Poluan, F., Lumenta, A., & Sinsuw, A. 2015. Evaluasi Implementasi Sistem E-Learning Menggunakan Model Evaluasi Hot Fit Studi Kasus Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Teknik Informatika, 4(2), 1–6. https://doi.org/10.35793/jti.4.2.2014.6985.
Priyatno, D. 2012. Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: Andi Offset.
Putra, E.A. 2015. Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Kalumbuk Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(3), 71–76. http://103.216.87.80/index.php/jupekhu/article/viewFile/6065/4707.
Riduwan. 2020. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Saifuddin, M.F. 2018. E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 29(2), 102–109. https://doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5637.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptabudi, F.M.H., & Bernardino, R. 2020. Indonesia Terrestrial Border Control Information System And Business Processes Alignment. International Journal of Business Process Integration and Management, 10(1), pp.51-61

Downloads

Published

2021-11-05

How to Cite

Tjiptabudi, F. M. H., & Ndaumanu, R. I. (2021). Penerapan Metode Hot-Fit Dalam Evaluasi Iclass Sebagai Media Pembelajaran Daring. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 4(1), 27–34. https://doi.org/10.33084/jsakti.v4i1.2796

Most read articles by the same author(s)