Strategi Mengembangkan Minat Peserta Didik Dalam Pelajaran Akuntansi Di SMA Muhammadiyah Palangkaraya

Strategy Developing Interests In Students In Accounting Lessons In Muhammadiyah Palangkaraya

Authors

  • Iin Nurbudiyani Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Endang Sri Suyati Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Arna Purtina Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v5i1.1110

Keywords:

Strategi, Minat Belajar, Pelajaran Akuntansi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui minat peserta didik dalam pembelajaran Akuntansi, (2) Mengatahui strategi pembelajaran dalam mengembangkan minat peserta didik dalam pelajaran akuntansi.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan mengalisis fenomena dan peristiwa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, penyebaran angket dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa: Minat belajar dan pengembangan strategi pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas XII yang dilakukan guru sudah bervariasi, walaupun pelaksanaannya masih terdapat beberapa kekurangan. Namun kekurangan tersebut dapat diperbaiki didalam proses pembelajaran, terlihat dalam hasil penelitian yang kami peroleh yaitu peserta didik sudah terlihat dalam strategi mengembangkan minat siswa dalam pembelajaran akuntansi pada peserta didik SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya dalam katagori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Iin Nurbudiyani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Endang Sri Suyati, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Arna Purtina, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Abdul Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Remaja Rosda Karya.
Abdurrahman, Dudung. 2008. Pengantar Metode Penelitian. Kurnia Kalam Semesta, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Renika Cipta.
Badudu, J.S. dan Sutan M. Zain. 1994. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Darwis, Djamaluddin. 1998. Strategi Pembelajaran dalam PBM PAI di Sekolah Eksistensi dan Proses Pembelajaran PAI. Yogyakarta: Fak. Tarbiyah IAIN Walisono.
Djamarah, Syaiful Bahridan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2010. Pendidikan Guru: Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: BumiAksara,
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Nurdin, Muslim, dkk. 2002. Moral dan Kognisi Islam. Bandung: Alfabeta,.
Rusyan, Tabrani. 2008. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Stándar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. 2010. Strategi Pembelajaran Luar Sekolah. Bandung: Falah Production.
Surakhmad, Winarno. 2009. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode Teknik. Tarsito, Bandung.

Downloads

Published

2019-11-18

How to Cite

Nurbudiyani, I., Sri Suyati, E., & Purtina, A. (2019). Strategi Mengembangkan Minat Peserta Didik Dalam Pelajaran Akuntansi Di SMA Muhammadiyah Palangkaraya: Strategy Developing Interests In Students In Accounting Lessons In Muhammadiyah Palangkaraya. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 8–12. https://doi.org/10.33084/neraca.v5i1.1110