Strategi Mengembangkan Minat Peserta Didik Dalam Pelajaran Akuntansi Di SMA Muhammadiyah Palangkaraya Strategy Developing Interests In Students In Accounting Lessons In Muhammadiyah Palangkaraya
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui minat peserta didik dalam pembelajaran Akuntansi, (2) Mengatahui strategi pembelajaran dalam mengembangkan minat peserta didik dalam pelajaran akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan mengalisis fenomena dan peristiwa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, penyebaran angket dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa: Minat belajar dan pengembangan strategi pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas XII yang dilakukan guru sudah bervariasi, walaupun pelaksanaannya masih terdapat beberapa kekurangan. Namun kekurangan tersebut dapat diperbaiki didalam proses pembelajaran, terlihat dalam hasil penelitian yang kami peroleh yaitu peserta didik sudah terlihat dalam strategi mengembangkan minat siswa dalam pembelajaran akuntansi pada peserta didik SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya dalam katagori baik.
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Abdurrahman, Dudung. 2008. Pengantar Metode Penelitian. Kurnia Kalam Semesta, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Renika Cipta.
Badudu, J.S. dan Sutan M. Zain. 1994. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Darwis, Djamaluddin. 1998. Strategi Pembelajaran dalam PBM PAI di Sekolah Eksistensi dan Proses Pembelajaran PAI. Yogyakarta: Fak. Tarbiyah IAIN Walisono.
Djamarah, Syaiful Bahridan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2010. Pendidikan Guru: Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: BumiAksara,
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Nurdin, Muslim, dkk. 2002. Moral dan Kognisi Islam. Bandung: Alfabeta,.
Rusyan, Tabrani. 2008. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Stándar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. 2010. Strategi Pembelajaran Luar Sekolah. Bandung: Falah Production.
Surakhmad, Winarno. 2009. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode Teknik. Tarsito, Bandung.