Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Asuransi SMA Negeri 3 Maliku
Main Article Content
Abstract
Media pembelajaran menggunakan infografis belum banyak dilakukan pada pembelajaran di Indonesia. Penggunaan media Infografis memiliki manfaat yang dapat memberikan informasi secara lengkap. Pengembangan infografis difokuskan pada materi Asuransi pada kelas X di SMA Negeri 3 Maliku. Model ADDIE menjadi pilihan model yang digunakan dalam penelitian ini. Melakukan uji ahli materi dan ahli media serta guru mata Pelajaran ekonomi serta dikuatkan dengan uji dari pengguna media. Hasil pengujian media infografis berdasarkan uji ahli materi, guru dan pengguna secara urut 98%, 90%, dan 80%. Adapun tanggapan positif terlihat dari peningkatan fokus belajar. Perlu dilakukan pengujian efektifitas dari media infografis yang dibuat sebagai penelitian selanjutnya.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The Addie Approach (Vol. 722). Springer.
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).
Guntoro, D. W., Munandar, H., Arsyad, M., Nabilah, S. I., Lilin, E., Rasida, R., Yani, N. E., Wulandari, V., Putri, A. A., & Saputri, E. W. (2023). Peningkatan Literasi Keuangan Pada Peserta Didik Smp Negeri Satu Atap 8 Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(7), 2466–2472.
Guntoro, D. W., Munandar, H., Herman, H., & Mustikaningsih, W. (2022). Peningkatan Pemahaman Financial Digital Transformation Pengurus Panti Asuhan Berkah Palangka Raya. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(8), 3077–3084.
Guntoro, D. W., Munandar, H., & Ziaurrahman, M. (2023). Gambaran Higher Education Consumer Choice Di Provinsi Kalimantan Tengah. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 11(2), 69–82.
Guntoro, D. W., & Sholekhah, I. (2023). Ses (Socio-Economis Status) Dalam Pengambilan Keputusan Melanjutkan Pendidikan Tinggi Di Provinsi Kalimantan Tengah: The Influence Of External Ses (Socioeconomic Status) In Decision Making To Continuing Higher Education In Central Kalimantan Province. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 48–54.
Mellawen, Zannah, F., & Elhawwa, T. . (2024). Students’ and Teachers’ Perception on the Development of Local Wisdom Module to Increase Student Learning Outcome. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(2), 516–521. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i2.5063
Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95–105.
Murjani, D., & Zannah, F. (2023). Identifikasi Kesulitan Peserta Didik Kelas V SDN 5 Palangkaraya Melalui Kegiatan Pembelajaran Secara Luring Di Masa Covid-19: Identification of Difficulties Of Class V Students in Palangkaraya 5 State Elementary School Through Online Learning Activities in the Covid-19. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(2), 164–169. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5482
Sari, E., Bulkani, B., & Rahmaniati, R. (2023). The Effect of Using the STAD (Student Teams Achievement Division) Cooperative Model Assisted by Finger Puppets on Students’ Learning Motivation. International Journal of Universal Education, 1(2), 61–68. https://doi.org/10.33084/ijue.v1i2.6949
Saptodewo, F. (2014). Desain Infografis Sebagai Penyajian Data Menarik. Jurnal Desain, 1(03), 193–198.
Saputro, A. D. (2016). Aplikasi Komik Sebagai Media Pembelajaran. Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 5(1), 1–19.
Sholekhah, I., & Guntoro, D. W. (2023). Panduan Pengukuran Halal Lifestyle: Pedoman Literasi Keuangan Syariah Dan Literasi Halal: Halal Lifestyle Measurement Guide: Guidelines For Islamic Financial Literacy And Halal Literacy. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(2), 1–11.
Yulianto, D. (2023). A Pengaruh Pembelajaran Lesson Study Berbasis Proyek Dalam Bentuk Infografis Dan Keterampilan 4c Terhadap Hasil Belajar Metodologi Penelitian Dengan Kovariabel Motivasi Mahasiswa: Hasil Belajar, Infografis, Keterampilan 4c, Motivasi, Pjbl. Symmetry: Pasundan Journal Of Research In Mathematics Learning And Education, 8(2), 288–302.
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96.