Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Asuransi SMA Negeri 3 Maliku

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v9i2.7211

Keywords:

Infografis, Asuransi, Pengembangan

Abstract

Media pembelajaran menggunakan infografis belum banyak dilakukan pada pembelajaran di Indonesia. Penggunaan media Infografis memiliki manfaat yang dapat memberikan informasi secara lengkap. Pengembangan infografis difokuskan pada materi Asuransi pada kelas X di SMA Negeri 3 Maliku. Model ADDIE menjadi pilihan model yang digunakan dalam penelitian ini. Melakukan uji ahli materi dan ahli media serta guru mata Pelajaran ekonomi serta dikuatkan dengan uji dari pengguna media. Hasil pengujian media infografis berdasarkan uji ahli materi, guru dan pengguna secara urut 98%, 90%, dan 80%. Adapun tanggapan positif terlihat dari peningkatan fokus belajar. Perlu dilakukan pengujian efektifitas dari media infografis yang dibuat sebagai penelitian selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Mutmainah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Iin Nurbudiyani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Istighfaris Rezki, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Dibyo Waskito Guntoro, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The Addie Approach (Vol. 722). Springer.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).

Guntoro, D. W., Munandar, H., Arsyad, M., Nabilah, S. I., Lilin, E., Rasida, R., Yani, N. E., Wulandari, V., Putri, A. A., & Saputri, E. W. (2023). Peningkatan Literasi Keuangan Pada Peserta Didik Smp Negeri Satu Atap 8 Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(7), 2466–2472.

Guntoro, D. W., Munandar, H., Herman, H., & Mustikaningsih, W. (2022). Peningkatan Pemahaman Financial Digital Transformation Pengurus Panti Asuhan Berkah Palangka Raya. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(8), 3077–3084.

Guntoro, D. W., Munandar, H., & Ziaurrahman, M. (2023). Gambaran Higher Education Consumer Choice Di Provinsi Kalimantan Tengah. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 11(2), 69–82.

Guntoro, D. W., & Sholekhah, I. (2023). Ses (Socio-Economis Status) Dalam Pengambilan Keputusan Melanjutkan Pendidikan Tinggi Di Provinsi Kalimantan Tengah: The Influence Of External Ses (Socioeconomic Status) In Decision Making To Continuing Higher Education In Central Kalimantan Province. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 48–54.

Mellawen, Zannah, F., & Elhawwa, T. . (2024). Students’ and Teachers’ Perception on the Development of Local Wisdom Module to Increase Student Learning Outcome. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(2), 516–521. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i2.5063

Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95–105.

Murjani, D., & Zannah, F. (2023). Identifikasi Kesulitan Peserta Didik Kelas V SDN 5 Palangkaraya Melalui Kegiatan Pembelajaran Secara Luring Di Masa Covid-19: Identification of Difficulties Of Class V Students in Palangkaraya 5 State Elementary School Through Online Learning Activities in the Covid-19. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(2), 164–169. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5482

Sari, E., Bulkani, B., & Rahmaniati, R. (2023). The Effect of Using the STAD (Student Teams Achievement Division) Cooperative Model Assisted by Finger Puppets on Students’ Learning Motivation. International Journal of Universal Education, 1(2), 61–68. https://doi.org/10.33084/ijue.v1i2.6949

Saptodewo, F. (2014). Desain Infografis Sebagai Penyajian Data Menarik. Jurnal Desain, 1(03), 193–198.

Saputro, A. D. (2016). Aplikasi Komik Sebagai Media Pembelajaran. Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 5(1), 1–19.

Sholekhah, I., & Guntoro, D. W. (2023). Panduan Pengukuran Halal Lifestyle: Pedoman Literasi Keuangan Syariah Dan Literasi Halal: Halal Lifestyle Measurement Guide: Guidelines For Islamic Financial Literacy And Halal Literacy. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(2), 1–11.

Yulianto, D. (2023). A Pengaruh Pembelajaran Lesson Study Berbasis Proyek Dalam Bentuk Infografis Dan Keterampilan 4c Terhadap Hasil Belajar Metodologi Penelitian Dengan Kovariabel Motivasi Mahasiswa: Hasil Belajar, Infografis, Keterampilan 4c, Motivasi, Pjbl. Symmetry: Pasundan Journal Of Research In Mathematics Learning And Education, 8(2), 288–302.

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96.

Downloads

Published

2024-05-27

How to Cite

Mutmainah, Nurbudiyani, I., Rezki, I., & Guntoro, D. W. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Asuransi SMA Negeri 3 Maliku. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 154–162. https://doi.org/10.33084/neraca.v9i2.7211

Most read articles by the same author(s)