Analisis Kesulitan Belajar Dalam Materi Menanggapi Suatu Cerita Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Di SD Muhammadiyah

Analysis Of Difficulty Of Learning In Materials Responding To A Story In The Eye Of Indonesian Language Grade III In SD Muhammadiyah

Authors

  • Diplan Diplan
  • Rini Rini

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v5i1.1119

Keywords:

Analisis Kesulitan Belajar, Materi Menanggapi Suatu Cerita, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SDN Muhammadiyah Pahandut, kota Palangka raya, yang dilakukan pada 6 objek penelitian, yaitu guru dan kepala sekolah siswa dan guru kelas dua SD Muhammadiyah Pahandut, Kota Palangka Raya dari Februari hingga April 2019. Adapun untuk tujuan ini Penelitian ini menemukan apa yang menyebabkan siswa mengalami dalam mata pelajaran matematika tentang jumlah dari 2 cara jauh SD Muhammadiyah Pahandut pergi ke sekolah tahun 2018/2019. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yaitu metode penelitian yang dilakukan untuk meneliti kondisi benda-benda alami di mana hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Abidin, Y, (2012), Pembelajaran membaca berbasis pendidikan karakter, Bandung: PT Refika Aditama
Alwi, H, (2006), Pembinaan Bahasa Indonesia, Jakarta : Universitas Terbuka
Deddy, M , (2013), Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Diplan Dan M. Andi Setiawan (2018), Metodologi Penelitian Pendidikan. CV. Samu Untung. Jawa Tengah.
Djamara Syaiful Bahri, (2011), Pesikologi Belajar, Jakarta : Rineka Cipta
Geger (2013), Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Peserta Didik Dalam
Jhon, W , K, (2016), Research Desing, Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran, Yogyakarta : PT Pustaka Pelajar.
Laksmi Widowati, (2006), Inti Sari Matematika Untuk SD, Ciputat : PT Gedung Karisma.
Moleong, L. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Muijs, D. dan Reynolds, D.( 2008). Effective Teaching: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono.( 2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung, Alfabeta, 2005, hlm.72-73

Downloads

Published

2019-11-18

How to Cite

Diplan, D., & Rini, R. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Dalam Materi Menanggapi Suatu Cerita Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Di SD Muhammadiyah: Analysis Of Difficulty Of Learning In Materials Responding To A Story In The Eye Of Indonesian Language Grade III In SD Muhammadiyah. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 32–36. https://doi.org/10.33084/neraca.v5i1.1119