Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Cell Com Palangka Raya Analysis Of Marketing Strategy In Increasing Sales Volume At Cell Com Palangka Raya
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Lokasi penelitian berada di jalan Yos. Sudarso No. 75 Palangka Raya (Samping Hypermart). Metode deskriptif yaitu peneliti yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai suatu gejala yang ada. Subjek penelitiannya adalah bagian pemasaran pada PT. Cell Com yaitu bapak Nopan Juhran. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang tepat untuk memasarkan produk pada PT. Cell Com Palangka Raya yaitu tetap mempertahan-kan sistem bauran pemasaran 7P yaitu (produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik, dan proses). Yaitu dengan memasarkan produk alat elektronik dengan memiliki banyak variasi dan kualitas yang bagus agar sesuai dengan keinginan konsumen dan selalu memberikan kemudahan dalam pembelian produk.
Berdasarkan matrik SWOT maka dapat disimpulkan beberapa pengembangan strategi yaitu strategi SO: membuat potongan harga apabila konsumen bisa melunasi dari jangka waktu yang telah ditentukan, menambah koleksi produk dari barang yang ditawarkan; strategi WO yaitu melakukan promosi yang tidak memakan waktu terlalu banyak dan meningkatkan kualitas barang; strategi ST berupa harga harus bersaing dengan pesaing dan menjaga pelayanan yang baik terhadap calon pembeli; strategi WT melakukan promosi besar-besaran baik dalam kota maupun luar kota.
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Basu, S. (2005). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty.
Basu, S. (2014). Manajemen Penjualan Edisi. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA. Buchari, A., & Donni. (2014). Manajemen Bisnis Syariah. Bandung: ALFABETA. Budiarto, S. (2011). Pemasaran Industri. Yogyakarta: Andi.
Budiwati, H. (2012). Implementasi Marketing Mix dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Unggulan Kripik Pisang Agung di Kabupaten Lumajang. Lumajang: Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi WIGA, Vol 2, No.2.
Daryanto. (2011). Manajemen Pemasaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Fandy, T. (2009). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Firdaus, A. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen pada PT.Efa Artha Utama Pekanbaru. Pekan Baru: Jurnal Fisip, Vol. 4 No.1.
Husein, U. (2005). Studi Kelayakan Bisnis. Jakata: PT Gramedia Pustaka Utama. Indriyo , G. (2008). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.
Indriyo, G. (2008). Pengantar Bisnis Edisi 9. Yogyakarta: BPFE. Irham, F. (2014). Manajemen Strategis. Bandung : Alfabeta.
Jailani, Muhammad. 2019. Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Anak Untuk Berwirausaha. Pedagogik: Jurnal Pendidikan. 14:1(35:42).
Kasmir. (2003). Manajemen Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kotler, & Keller. (2013). Manajamen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Bandung : Erlangga. Kotler, P., & Amstrong. (2001). Prinsip Prinsip Pemasaran, edisi VIII. Jakarta :Erlangga.
Kotler, P., & Kevin, L. K. (2010). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid I. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Lexy J, M. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. Manap, A. (2013). Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Milles, & Huberman. (2007). Analisis Data Kualitatif Buku SumberTentang Metode- metode Baru. Jakarta: UIP.
Moleong, L. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya. Noeng , M. (1996). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Philip, K., & Kevin, L. K. (2010). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Soemarso. (2003). Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Empat.
Sofjan, A. (2004). Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sofjan, A. (2014). Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep dan Strategi, Cetakan ke-13.Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: albeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Swastha, B. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Liberty Edisi ke-8, Cetakan ke-8.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Wahyu, P. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wendi, C. (2014). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Multi Konsep Restoran1914 Surabaya. Universitas Negeri Surabaya : FEB: Skripsi.