Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Cell Com Palangka Raya

Analysis Of Marketing Strategy In Increasing Sales Volume At Cell Com Palangka Raya

Authors

  • Rinto Alexandro Universitas Palangka Raya
  • Richard A. Butarbutar Universitas Palangka Raya
  • Tonich Uda Universitas Palangka Raya
  • Dehen Erang Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v7i1.2495

Keywords:

Strategi pemasaran, Volume Penjualan

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Lokasi penelitian berada di jalan Yos. Sudarso No. 75 Palangka Raya (Samping Hypermart). Metode deskriptif yaitu peneliti yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai suatu gejala yang ada. Subjek penelitiannya adalah bagian pemasaran  pada PT. Cell Com yaitu bapak Nopan Juhran. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang tepat untuk memasarkan produk pada PT. Cell Com Palangka Raya yaitu tetap mempertahan-kan sistem bauran pemasaran 7P yaitu (produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik, dan proses). Yaitu dengan memasarkan produk alat elektronik dengan memiliki banyak variasi dan kualitas yang bagus agar sesuai dengan keinginan konsumen dan selalu memberikan kemudahan dalam pembelian produk.

Berdasarkan matrik SWOT maka dapat disimpulkan beberapa pengembangan strategi yaitu strategi SO: membuat potongan harga apabila konsumen bisa melunasi dari jangka waktu yang telah ditentukan, menambah koleksi produk dari barang yang ditawarkan; strategi WO yaitu melakukan promosi yang tidak memakan waktu terlalu banyak dan meningkatkan kualitas barang; strategi ST berupa harga harus bersaing dengan pesaing dan menjaga pelayanan yang baik terhadap calon pembeli; strategi WT melakukan promosi besar-besaran baik dalam kota maupun luar kota.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rinto Alexandro, Universitas Palangka Raya

Richard A. Butarbutar, Universitas Palangka Raya

Tonich Uda, Universitas Palangka Raya

Dehen Erang, Universitas Palangka Raya

References

Abdul, M. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media. Arif, F. (1992). Pengantar Metodologi Penelitian Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional. Arikunto, S. (1998). Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Basu, S. (2005). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty.
Basu, S. (2014). Manajemen Penjualan Edisi. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA. Buchari, A., & Donni. (2014). Manajemen Bisnis Syariah. Bandung: ALFABETA. Budiarto, S. (2011). Pemasaran Industri. Yogyakarta: Andi.
Budiwati, H. (2012). Implementasi Marketing Mix dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Unggulan Kripik Pisang Agung di Kabupaten Lumajang. Lumajang: Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi WIGA, Vol 2, No.2.
Daryanto. (2011). Manajemen Pemasaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Fandy, T. (2009). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Firdaus, A. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen pada PT.Efa Artha Utama Pekanbaru. Pekan Baru: Jurnal Fisip, Vol. 4 No.1.
Husein, U. (2005). Studi Kelayakan Bisnis. Jakata: PT Gramedia Pustaka Utama. Indriyo , G. (2008). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.
Indriyo, G. (2008). Pengantar Bisnis Edisi 9. Yogyakarta: BPFE. Irham, F. (2014). Manajemen Strategis. Bandung : Alfabeta.
Jailani, Muhammad. 2019. Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Anak Untuk Berwirausaha. Pedagogik: Jurnal Pendidikan. 14:1(35:42).
Kasmir. (2003). Manajemen Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kotler, & Keller. (2013). Manajamen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Bandung : Erlangga. Kotler, P., & Amstrong. (2001). Prinsip Prinsip Pemasaran, edisi VIII. Jakarta :Erlangga.
Kotler, P., & Kevin, L. K. (2010). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid I. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Lexy J, M. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. Manap, A. (2013). Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Milles, & Huberman. (2007). Analisis Data Kualitatif Buku SumberTentang Metode- metode Baru. Jakarta: UIP.
Moleong, L. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya. Noeng , M. (1996). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Philip, K., & Kevin, L. K. (2010). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Soemarso. (2003). Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Empat.
Sofjan, A. (2004). Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sofjan, A. (2014). Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep dan Strategi, Cetakan ke-13.Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: albeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Swastha, B. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Liberty Edisi ke-8, Cetakan ke-8.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Wahyu, P. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wendi, C. (2014). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Multi Konsep Restoran1914 Surabaya. Universitas Negeri Surabaya : FEB: Skripsi.

Downloads

Published

2021-10-14

How to Cite

Alexandro, R., Butarbutar, R. A., Uda, T., & Erang, D. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Cell Com Palangka Raya: Analysis Of Marketing Strategy In Increasing Sales Volume At Cell Com Palangka Raya. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.33084/neraca.v7i1.2495